Cara Melakukan Sedekah Subuh Supaya Tepat Sasaran

Bagaimana cara melakukan sedekah Subuh yang bisa tepat sasaran?” Ketika hendak bersedekah, Anda mungkin juga sempat mempertanyakan hal tersebut. Tentunya, untuk tahu apakah sedekah yang diberikan sudah tepat sasaran, Anda perlu tahu siapa saja golongan yang berhak menerima sedekah. Untuk itu, mari simak ulasan berikut ini dan ketahui bagaimana cara melakukan sedekah Subuh yang tepat, apa keutamaan dari amalan tersebut, dan siapa saja yang berhak menerimanya. 

Sedekah Subuh dan Keistimewaannya

Sebelum mengulas soal siapa saja yang berhak menerima sedekah atau cara melakukan sedekah Subuh yang tepat, yuk gali lebih dalam tentang keutamaan (fadhillah) dari sedekah Subuh! 

Dianggap sebagai jenis sedekah yang memiliki keistimewaan tersendiri, amalan ini dapat dilakukan setelah menunaikan salat Subuh atau sebelum terbitnya matahari. Adapun beberapa keutamaan dari sedekah Subuh adalah sebagai berikut.

Mendapat kesempatan didoakan malaikat

Dalam suatu kesempatan, Abu Hurairah RA, yang merupakan salah satu sahabat Rasulullah, mengatakan bahwa Nabi Muhammad sempat bersabda: 

“Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua Malaikat yang turun dan berdoa, ‘Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).’ Malaikat yang lain berdoa, ‘Ya Allah, kurangkanlah dari yang dimiliki orang yang menahan hartanya’.”

Jika merujuk pada sabda Rasullah, orang yang bersedekah di waktu Subuh tentu sangat beruntung. Amal baik yang mereka lakukan juga turut didoakan oleh malaikat. 

Menolak bala

Pun, sebagaimana diriwayatkan oleh HR Tirmidzi, “Obatilah orang-orang yang sakit dari kalian dengan sedekah. Sesungguhnya sedekah itu dapat meredam murka Allah, dan menolak kematian yang buruk.” 

Jadi, bukan hanya bisa meringankan beban orang lain, bersedekah juga dapat menghindarkan dari malapetaka atau bala. Itulah mengapa, sangat dianjurkan untuk rutin sedekah agar bisa mendapat perlindungan dari Allah SAW. 

Siapa Saja yang Berhak Menerima Sedekah

Dalam memberikan sedekah, Anda tentu ingin bantuan tersebut diterima oleh orang yang tepat. Dalam ajaran Islam, ada beberapa golongan yang dikatakan berhak menerima sedekah. Siapa saja?

Sanak Saudara yang Tidak Mampu 

Dalam kitabnya yang berjudul Al-Majmu’ Syarah Al-Muhadzab, Imam Nawawi yang merupakan salah satu ahli fiqih tersohor dunia mengatakan bahwa para ulama telah sepakat jika sedekah sebaiknya diberikan dahulu kepada sanak keluarga. Barulah setelah itu, sedekah diberikan kepada orang yang lain yang tergolong membutuhkan. 

Tetangga yang Membutuhkan 

Berikutnya yang berhak menerima sedekah adalah tetangga Anda. Berikanlah sedekah kepada tetangga di sekitar rumah yang tergolong kekurangan dan butuh bantuan, seperti misalnya janda, anak yatim, atau lansia yang tinggal sendirian. Perintah berbuat baik kepada tetangga juga telah difirmankan Allah SWT dalam surat An-Nisa ayat 36. 

Selain itu, firman dalam surat An-Nisa ayat 36 juga menyebut bahwa Allah memerintahkan umatnya untuk berbuat baik kepada teman sejawat dan ibnu sabil, orang yang tidak bisa melanjutkan perjalanan ke tempat asalnya karena kehabisan bekal. 

Cara Melakukan Sedekah Subuh Melalui Lembaga Penyalur Zakat, Infak, dan Sedekah

Nah, salah satu cara melakukan sedekah Subuh yang praktis dan dijamin tepat sasaran adalah dengan menyalurkannya melalui suatu lembaga. Dana yang masuk akan dikelola secara proporsional dan dibagikan kepada mereka yang benar-benar perlu dibantu. Jika ingin lebih praktis, Anda juga bisa menginstal aplikasi sedekah seperti aplikasi Kitabisa. 

Dengan aplikasi tersebut, sedekah bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Anda juga bisa rutin bersedekah Subuh karena aplikasi Kitabisa sudah dilengkapi fitur reminder yang akan selalu mengingatkan penggunanya. Bersedekah lewat aplikasi tersebut membawa keuntungan lain, seperti jumlah sedekah tidak harus besar karena bisa dimulai dari Rp1.000 saja. 

Cara instal aplikasi sedekah Kitabisa pun mudah. Cukup buka aplikasi App Store atau Play Store di gawai pintar Anda, lalu cari aplikasi Kitabisa. Unduh dan pasang aplikasi pada smartphone. Pengguna juga dapat memantau penyaluran donasi melalui aplikasi. Dengan aplikasi sedekah yang simpel tersebut, Anda pun bisa terus melakukan amalan baik seperti sedekah kepada sesama. 

Demikian tips dan cara melakukan sedekah Subuh agar tepat sasaran penerimanya. Yuk, makin rajin sedekah, khususnya setelah menjalankan salat Subuh, agar dapat menghapus dosa dan juga mendapatkan kelancaran serta kemudahan dari Allah saat mengerjakan segala urusan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *