Cara Mengamalkan Sedekah Subuh yang Membawa Berkah

Sedekah di waktu Subuh dapat mendatangkan berkah dari Allah SWT. Hal ini karena Subuh sendiri merupakan waktu yang istimewa. Agar lebih jelas soal sedekah, bagaimana hukumnya dalam Islam, serta cara mengamalkan sedekah Subuh yang tepat, simak ulasan berikut ini. Ketahui pula mengenai penggunaan aplikasi daring untuk sedekah sehingga Anda pun bisa menyalurkan bantuan secara praktis dan tepat sasaran. Yuk disimak!

Hukum Sedekah dalam Ajaran Islam 

Sebelum membahas soal cara mengamalkan sedekah Subuh, sebaiknya ketahui dahulu hukumnya dalam ajaran Islam. Dengan demikian, Anda pun akan memiliki pemahaman yang lebih jelas tentang sedekah itu sendiri. Hukum sedekah dalam ajaran Islam adalah sunnah, yang berarti jika Anda kerjakan akan mendatangkan berkah atau pahala. Sebaliknya, orang tidak akan berdosa jika meninggalkan amalan itu.  

Akan tetapi, perlu dicatat bahwa hukum sedekah juga bisa menjadi wajib, terutama jika seorang muslim memiliki harta berlimpah atau dalam kondisi berkecukupan. Selain itu, hukum dari sedekah juga menjadi wajib apabila seorang muslim telah mengucapkan nadzar, yang mengatakan bahwa dia akan bersedekah. Jika sudah berucap demikian, orang tersebut wajib menjalankannya. 

Dalil yang menjabarkan soal sedekah

Selain mengetahui tentang hukum dari sedekah, mari menggali lebih dalam soal dalil yang mendukung amalan tersebut. Perintah tentang sedekah telah difirmankan Allah di Alquran melalui surat Al-Talaq ayat 7, yang berbunyi:

 “Hendaklah orang yang mempunyai keluasan memberi nafkah menurut kemampuannya, dan orang yang terbatas rezekinya, hendaklah memberi nafkah dari harta yang diberikan Allah kepadanya. Allah tidak membebani kepada seseorang melainkan (sesuai) dengan apa yang diberikan Allah kepadanya. Allah kelak akan memberikan kelapangan setelah kesempitan.” 

Keutamaan sedekah juga dijelaskan dalam surat Al-Baqarah ayat 276.

“Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran dan bergelimang dosa.” 

Dari beberapa dalil di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa sedekah sangat dianjurkan dalam agama Islam dan merupakan amalan yang disukai Allah SWT. 

Cara Sedekah Subuh yang Tepat 

Setelah tahu soal hukum dan dalil yang mendukung sedekah, berikut ini cara mengamalkan sedekah Subuh. 

  • Jika tidak bisa menyalurkan bantuan langsung ke fakir miskin, Anda bisa memasukkan uang ke kotak amal masjid setelah menunaikan salat Subuh.
  • Anda juga dapat menyumbangkan bantuan makanan ke pondok pesantren atau panti asuhan di dekat rumah.
  • Bila ingin cara yang lebih praktis, Anda bisa menyalurkan bantuan lewat lembaga penyalur sedekah. Cara ini dinilai lebih praktis dan bantuan bisa diberikan ke orang yang memang membutuhkan bantuan. 

Pemanfaatan Aplikasi Sedekah Subuh 

Adapun cara mengamalkan sedekah Subuh yang lebih praktis dan mudah adalah dengan memanfaatkan aplikasi daring untuk bersedekah. Sebagai contoh, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Kitabisa untuk bersedekah secara rutin di kala Subuh. 

Beberapa kemudahan yang bisa didapat pengguna jika ingin bersedekah Subuh dengan aplikasi Kitabisa adalah sebagai berikut. 

  • Hanya dengan Rp1.000 saja sudah bisa mulai sedekah Subuh. Nominal tersebut tentunya bisa meringankan siapa saja yang ingin rutin sedekah Subuh setiap hari. 
  • Anda tidak akan pernah melewatkan waktu sedekah Subuh karena ada fitur pengingat donasi. Jadi, apabila pengguna menggunakan reminder harian tersebut, saat waktu sedekah tiba, fitur pengingat akan senantiasa mengingatkannya.
  • Anda juga dapat menuliskan doa-doa yang ingin dipanjatkan saat bersedekah Subuh di aplikasi. Setelah itu, pengguna lain bisa turut memberi Amin kepada doa-doa tersebut. 
  • Kemudahan lain yang bisa didapat pengguna aplikasi sedekah Kitabisa adalah dapat mengecek update penyaluran donasi. Proses penyaluran donasi kepada penerima akan terus di-update sebagai bentuk transparansi kepada pemberi sedekah. 
  • Dengan menggunakan aplikasi sedekah daring ini, Anda juga dapat memilih siapa yang ingin diberikan donasi. 

Demikian ulasan seputar cara mengamalkan sedekah Subuh serta hukumnya dalam ajaran Islam. Yuk, manfaatkan aplikasi sedekah online Kitabisa untuk memudahkan Anda dalam bersedekah Subuh! Cukup unduh aplikasinya di gawai pintar Anda dan mulai sedekah. Bantuan yang Anda berikan dapat memberi makna yang mendalam dan juga meringankan beban mereka yang butuh pertolongan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *