Tips Memilih Hewan Qurban Online

Apakah kamu sudah tahu tips memilih hewan qurban secara online? Memilih hewan qurban menjadi salah satu hal yang perlu perhatian lebih sebelum kamu berqurban. Jika kamu salah dalam memilih, bukan hanya qurban yang menjadi tidak sah namun juga bisa membuat orang sakit. Misalnya sapi yang dipilih memiliki penyakit cacing pita.

Karena hal tersebut, baik dengan cara offline ataupun online, kamu perlu memilih hewan untuk qurban dengan teliti. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Agar kamu tepat dalam memilih, simak informasi berikut.

 

Trend Qurban secara Online

Berkembangnya teknologi disertai dengan nilai kepraktisan yang tinggi, membuat trend qurban online semakin diminati. Trend ini biasanya dilakukan lewat situs seperti website resmi ataupun e-commerce.

Lembaga yang menyediakan fasilitas untuk qurban online ini, akan menyediakan hewan qurban, menyembelih dan kemudian mendistribusikannya. Kolaborasi antara lembaga dan juga pihak yang ingin berqurban akan memudahkan masyarakat untuk berkurban.

Trend berqurban secara online yang sudah ada sejak 2014 ini dinilai lebih murah dan praktis daripada cara konvensional. Karena hal tersebut, biasanya yang berminat untuk melakukan qurban online adalah para kaum urban yang tinggal di kota besar.

Nantinya, masing-masing orang yang berqurban tidak hanya diberi sertifikat sebagai bukti dan laporan terkait dengan qurban yang dilakukan. Namun, bagaimana dengan hukumnya? 

Hukum qurban online adalah mubah. Namun, tergantung juga dari lembaga yang menyediakan dan menyalurkan qurban. Asalkan bebas penipuan, ijab qabul yang sah dan penyebutan sifat barang yang dijual seperti jika barang dilihat langsung oleh lembaga yang terpercaya, maka dianggap sah. Selain itu, dalam pelaporan juga perlu dilakukan secara transparan juga akan mempengaruhi hukum dari pelaksanaan qurban online.

 

Keuntungan Qurban Online

Dibandingkan dengan qurban secara konvensional, ada beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan qurban online. diantaranya adalah:

  1. Lebih murah karena bekerja sama dengan penyedia ataupun penyalur hewan qurban yang sudah terpercaya. Bahkan tidak jarang bekerja sama langsung dengan peternak daerah, sehingga harganya lebih murah.
  2. Cepat dan mudah untuk dilakukan tanpa perlu pergi kemanapun tapi bisa langsung qurban dan didistribusikan ke pihak yang tepat.
  3. Jelas dan transparan karena setiap prosesnya akan dilaporkan ke kamu.

 

Membeli Hewan untuk Qurban Secara Online

Karena semakin marak trend qurban secara online, semakin banyak pula pihak yang menyediakan layanan qurban online.  Akan tetapi, kamu juga harus semakin berhati-hati dalam memilih agar tidak zonk atau tertipu. Untuk memilih, simak tips memilih hewan qurban secara online berikut ini:

 

  • Situs dan Kantor Resmi untuk Qurban Online

    Pastikan jika lembaga tersebut memiliki website dan juga kantor resmi. Kenapa? Dengan cara tersebut, kamu bisa memastikan jika lembaga tersebut terpercaya. Jangan lupa untuk mengecek CS dari lembaga tersebut. Apakah mudah dihubungi atau tidak sehingga jika kamu mengalami masalah, misalnya saat transfer, masalah kamu akan cepat ditanggapi.

 

  • Kredibilitas Penyaluran Hewan Qurban Online

    Cek bagaimana kredibilitasnya. Kamu bisa cek bagaimana reviewnya terkait dengan lembaga tersebut, bagaimana tanggapannya dan pelayanannya. Kamu juga bisa mengecek laporan misalnya lewat press rilis yang dikeluarkan oleh lembaga tersebut.

 

  • Sistem dan Prosedur Qurban Online

    Jangan lupa untuk mengecek bagaimana sistem dan prosedurnya. Apakah mudah untuk dilakukan atau tidak. Hindari untuk memilih lembaga yang susah untuk diikuti prosedurnya. Jika sistemnya saja susah, hal itu akan menyulitkan diri kamu sendiri terutama saat hendak membeli dan menyalurkan hewan qurban. Akibatnya, qurban tidak bisa dijalankan dengan baik, bahkan kamu bisa saja ditipu oleh lembaga yang menyediakan qurban online tersebut.

 

  • Pihak yang Bekerja Sama dengan Penyelenggara Qurban Online

    Jangan lupa untuk melihat siapa saja yang bekerja sama dengan penyedia website atau lembaga tersebut. Terutama untuk pihak yang menyediakan hewan kurban. Cek apakah pihak tersebut terpercaya atau tidak. Jangan sampai hewan kurban yang kamu pilih tidak sah. Misalnya karena hewan tersebut adalah hewan curian atau rampasan sehingga bukan merupakan milik pribadi.

Dengan tips memilih hewan qurban tersebut, kamu bisa membandingkan, kira-kira mana lembaga yang pas untuk berqurban online tahun ini. Setelah itu, kamu bisa berqurban dengan mudah di Kitabisa sesuai dengan pilihan kamu. Jadi, tanpa ribet, cepat, mudah dan transparan sunnah untuk berqurban dapat kamu lakukan. 

qurban online