Cara Wakaf Al Quran dengan Mudah dan Praktis

Amal jariyah adalah jenis amalan favorit bagi setiap muslim. Lewat amalan ini, kamu bisa memperoleh pahala yang terus mengalir meski telah meninggal dunia. Salah satunya adalah dengan cara wakaf Al Quran. Kamu pun bisa melakukan amalan ini tanpa perlu mengeluarkan banyak uang.

Kenapa Harus Wakaf Quran

Kamu mungkin berpikir, kenapa harus memilih cara wakaf Al Quran? Ada tiga alasan utama mengapa wakaf Al Quran perlu diutamakan, yaitu:

1. Indonesia Darurat Buta Huruf Al Quran

Tak dapat dimungkiri, Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak dunia. Hanya saja, kuantitas yang besar itu tidak dibarengi dengan kualitas. Penelitian oleh Institut Ilmu Al Quran (IIQ) tahun 2018 mengungkapkan angka buta huruf Al Quran di Indonesia sangat tinggi, yaitu mencapai 65%.

Situasi ini tentu saja sangat memprihatinkan. Padahal, Al Quran adalah sumber hukum utama dalam ajaran Islam. Selain itu, Al Quran juga merupakan sumber pahala bagi siapa saja yang membaca atau mendengarkannya. Oleh karenanya, cara wakaf Al Quran adalah solusi untuk membantu mempermudah akses belajar Al Quran.

2. Wakaf Al Quran Bisa Dilakukan Siapa Saja

Banyak orang yang beranggapan kalau wakaf adalah amalan yang berat. Alasannya, wakaf memerlukan uang dalam jumlah besar untuk membeli tanah, membangun gedung, dan lain semacamnya. Padahal, ada pula pilihan ibadah wakaf lain yang lebih mudah dan gampang dilakukan, yakni wakaf Al Quran.

Karena kemudahannya tersebut, siapa saja dapat berpartisipasi dalam program wakaf Al Quran. Bahkan, program wakaf ini dapat mendorong semangat umat Islam Indonesia untuk berbuat baik dan mendukung perkembangan peradaban muslim.

3. Al Quran Bermanfaat untuk Publik

Aspek paling penting yang perlu menjadi perhatian saat melakukan wakaf adalah asas manfaat. Al Quran mempunyai nilai manfaat yang sangat tinggi bagi umat Islam. Keberadaannya dapat mendorong setiap muslim untuk membacanya. Selain itu, wakaf Al Quran dapat menjadi benih kemunculan para hafiz penghafal Al Quran.

Cara Wakaf Al Quran dengan Mudah di Kitabisa

sumber : unsplash

Dengan berbagai alasan tersebut, kamu jadi memahami pentingnya wakaf Al Quran untuk kemajuan Islam di Indonesia, kan? Selanjutnya, kamu tinggal memilih cara melakukan wakaf Al Quran yang paling tepat dan bisa dipercaya.

Ada solusi jitu yang bisa kamu manfaatkan sebagai cara wakaf Al Quran dari Kitabisa. Kitabisa yang terkenal sebagai platform galang dana terbesar di Indonesia membuka peluang bagi siapa saja untuk melakukan wakaf Al Quran.

Untuk membantu kamu dalam melakukan wakaf, berikut ini adalah langkah-langkah cara wakaf yang bisa dipraktikkan:

  • Akses Kitabisa. Kamu bisa melakukannya dengan mengunjungi website resmi Kitabisa.com via aplikasi browser di platform mobile atau desktop. Kalau ingin cara yang praktis, kamu dapat mengunduh aplikasi Kitabisa gratis di Google Play Store dan Apple App Store.
  • Pilih program wakaf Al Quran yang ingin kamu ikuti. Kamu bisa menemukan program yang sesuai dengan melakukan pencarian pada kolom yang tersedia.
  • Kalau sudah menemukan halaman donasi wakaf yang tepat, pilih tombol merah muda dengan tulisan “Donasi Sekarang”.
  • Ikuti petunjuk yang diberikan oleh sistem. Sistem akan mencantumkan informasi tentang rangkuman pembayaran yang perlu kamu lakukan. Rangkuman itu juga mencakup info tentang nomor rekening tujuan serta kode unik.
  • Lakukan pengiriman dana wakaf. Untuk pengiriman dana wakaf, Kitabisa menyediakan berbagai opsi, di antaranya adalah transfer bank, virtual account, e-wallet, dan kartu kredit. Pastikan kamu melakukan pengiriman sesuai dengan tagihan.
  • Pengiriman telah berhasil. Sistem akan memberi notifikasi lewat SMS atau email.

Mudah, kan? Kehadiran layanan Kitabisa dapat membantu kamu menyerahkan wakaf Al Quran ke penerima dari berbagai penjuru tanah air. Mereka pun akan memperoleh dari hasil wakaf tersebut. Di sisi lain, kamu juga akan memperoleh pahala atas setiap manfaat yang didapatkan oleh para penerima wakaf.