Cari Tahu Waktu Terbaik Sedekah Subuh untuk Memperoleh Keistimewaannya!

Seorang muslim yang sesungguhnya tidak terlepas dari berbagi kepada orang lain. Salah satu amalan berbagi yang sangat dianjurkan dalam Islam adalah sedekah. Sedekah berakar dari kata “sidq” yang artinya “kejujuran”. Amalan ini dijalankan dengan cara memberikan sebagian harta kepada orang lain dan diniatkan demi memperoleh rida Allah Swt.

Sedekah yang bisa diamalkan seorang muslim terdiri atas beberapa jenis. Nah, di antara jenis-jenis yang dimaksud, ada sedekah subuh yang memiliki keistimewaan tersendiri. Untuk mendapatkan semua keutamaannya, sedekah ini harus ditunaikan di waktu yang tepat.

Kapan waktu terbaik sedekah subuh? Apa saja keistimewaannya? Cari tahu jawabannya lewat pembahasan berikut!

Kapan Waktu Terbaik Sedekah Subuh?

Sesuai dengan namanya, sedekah yang satu ini dilaksanakan selama waktu subuh. Jangka waktu subuh dimulai dari terbitnya fajar shadiq dan berakhir saat matahari terbit. Perlu diingat! Fajar berbeda dengan matahari. Fajar merupakan cahaya berwarna putih dan sedikit terang yang memancar di ufuk timur. Cahaya ini muncul sebelum terbitnya matahari.

Adapun dua jenis fajar yang perlu diperhatikan, yakni kazib dan shadiq. Fajar kazib alias fajar “bohong” berbentuk seperti ekor serigala dan muncul pada dini hari. Pancarannya hanya beberapa saat, kemudian meredup dan menjadikan langit kembali gelap. Sementara itu, fajar shadiq merupakan fajar sesungguhnya yang menandakan dimulainya salat subuh. Kemunculannya terjadi beberapa saat hingga matahari terbit.

Kedua fajar ini disebutkan dalam sebuah hadis yang berbunyi,

“Fajar itu ada dua macam. Pertama, fajar yang mengharamkan makan dan menghalalkan salat. Kedua, fajar yang mengharamkan salat dan menghalalkan makan.” —Hadis Riwayat Ibnu Khuzaemah dan Al-Hakim

Apabila salat fardu lain berakhir dan bersambung dengan waktu salat berikutnya, salat subuh dibatasi oleh terbitnya matahari dan tidak langsung berlanjut ke salat zuhur. Berikut hadis yang menerangkannya:

Dari Abdullah bin Umar ra. bahwa Rasulullah saw. bersabda, “dan waktu salat subuh dari terbitnya fajar (shadiq) sampai sebelum terbitnya matahari.” —Hadis Riwayat Muslim

Kalau begitu, kapan waktu terbaik sedekah subuh? Berbeda dengan salat subuh yang hukumnya fardu, sedekah merupakan amalan sunah. Oleh karena itu, laksanakanlah salat fardu dengan khusyuk terlebih dahulu. Setelah itu, barulah kamu bisa menunaikan sedekah subuh. Pastikan untuk melakukan sunah ini sebelum terbit matahari, ya!

Keistimewaan Sedekah Subuh

Setelah mengetahui waktu yang tepat untuk sedekah subuh, tak lengkap rasanya jika belum mengetahui keistimewaan dari amalan ini. Mari simak hadis berikut!

“Tidak ada satu subuh pun yang dialami hamba-hamba Allah, kecuali turun kepada mereka dua malaikat. Salah satu di antara keduanya berdoa, ‘Ya Allah, berilah ganti bagi orang yang berinfak’, sedangkan yang satunya lagi berdoa, ‘Ya Allah, berilah kerusakan bagi orang yang menahan hartanya’.” — Hadis Riwayat Bukhari dan Muslim

Bagi kamu yang menafkahkan sebagian harta di waktu subuh, malaikat akan memanjatkan doa-doa yang terbaik untukmu. Waktu-waktu sedekah lain juga baik, tetapi sedekah subuh mendatangkan ganjaran yang lebih spesial. Dengan doa-doa dari malaikat, kehidupan dari pihak yang bersedekah akan semakin berkah. Selain itu, sedekah subuh akan membuat segala hajatmu lebih cepat terkabul dan menghadirkan rezeki yang lebih melimpah.

Sekian penjelasan tentang waktu terbaik sedekah subuh yang patut dicermati. Dengan mengetahui waktu yang tepat, kamu tidak perlu khawatir akan melewatkan beragam keistimewaan dari amalan ini. Selain itu, jika ingin meningkatkan keimanan kepada Allah, biasakan sedekah subuh sebagai permulaan harimu, ya!

Ingin tahu cara agar bisa rutin mengamalkan sedekah di pagi hari? Gampang! Instal saja Aplikasi Kitabisa di perangkatmu melalui Play Store ataupun App Store! Fitur pengingat dalam aplikasi ini akan selalu membantumu menunaikan sedekah subuh tepat waktu. Ditambah lagi, kamu dapat memilih pihak penerima sedekah sesuai preferensimu.

Yuk, jadi #OrangBaik dan ikut serta meramaikan Sedekah Subuh di Aplikasi Kitabisa!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *