Catat, Ini Dia Golongan Orang yang Berhak Menerima Sedekah Subuh!

Tahukah kamu, dibandingkan zakat atau infak, sedekah adalah amalan yang memiliki makna yang lebih luas. Semua amal kebaikan dan menjauhi keburukan baik berupa ucapan ataupun perbuatan dapat bernilai sedekah. Lalu, apa itu sedekah subuh dan siapa yang berhak menerima sedekah subuh?

Pengertian Sedekah Subuh 

Sedekah subuh adalah sedekah yang dilakukan umat muslim pada waktu subuh, yaitu sebelum matahari terbit. Amalan ini istimewa karena yang bersedekah pada waktu subuh akan didoakan oleh para malaikat. Sehingga banyak yang memiliki hajat tertentu bersedekah dan berdoa di waktu subuh dengan harapan akan lebih mudah dikabulkan Allah SWT.

Golongan Orang yang Berhak Menerima Sedekah Subuh

Sedekah membawa kebaikan untuk yang bersedekah dan penerimanya. Di antara orang-orang yang berhak menerima sedekah subuh, orang-orang di bawah ini mendapat prioritas utama.

1. Keluarga Inti

“Sedekah yang terbaik adalah yang dikeluarkan selebih keperluan, dan mulailah dari orang yang kamu tanggung.” (HR. Bukhari).

Rasulullah SAW mengajarkan umatnya untuk memberikan harta untuk dirinya terlebih dahulu kemudian ke keluarga yang menjadi tanggungannya. Jadi, sedekah kamu yang paling utama adalah ke keluarga intimu.

Jika kamu seorang suami, maka istri dan anak-anakmu adalah yang berhak menerima sedekah subuh dari hartamu. Tapi, jika kamu belum berkeluarga dan orang tua masih ada, maka yang paling utama adalah memberi sedekah pada orang tua.

“Ada dinar yang kamu infakkan di jalan Allah, dinar yang kamu infakkan untuk memerdekakan budak dan dinar yang kamu sedekahkan kepada orang miskin. Namun dinar yang kamu keluarkan untuk keluargamu (anak-istri) lebih besar pahalanya.” (HR. Muslim).

2. Sanak Saudara

Baginda Rasulullah SAW pernah bersabda, “Bersedekah kepada orang miskin adalah satu sedekah, dan kepada kerabat ada dua (kebaikan); sedekah dan silaturahmi.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, Nasa’i, Ibnu Majah dan Hakim, Shahihul Jami’ no. 3858).

Golongan orang berikutnya yang berhak menerima sedekah setelah keluarga inti adalah kerabat kita yang membutuhkan. Secara khusus, kita bisa mengarahkan sedekah kita untuk kerabat yang merupakan anak yatim atau kerabat yang memendam permusuhan pada kita.

Seperti sabda Rasulullah SAW, “Sedekah yang paling utama adalah sedekah kepada kerabat yang memendam permusuhan.” (HR. Ahmad dan Thabrani dalam al-Kabir, Shahihul Jami’ no. 1110).

3. Lembaga Penyalur Sedekah

“Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai.” (QS. Ali Imran: 92).

Jika orang terdekat kamu sudah tercukupi semua kebutuhannya, bukan berarti kamu tidak butuh bersedekah. Sebab menafkahkan harta yang kita cintai bagi yang membutuhkan adalah salah satu bentuk ketakwaan. Kamu bisa menggunakan jasa lembaga penyalur sedekah seperti aplikasi Kitabisa untuk menyalurkan sedekah subuhmu.

Aplikasi Kitabisa dikelola oleh lembaga yang sudah cukup lama berdiri dan sepak terjangnya bisa dipercaya. Melalui aplikasi Kitabisa kamu bisa memilih sendiri orang yang berhak menerima sedekah subuh darimu. Kamu juga bisa memasang pengingat agar kamu tidak lupa melakukan sedekah pada waktu subuh yang cuma sebentar.

Seperti yang telah disebutkan di atas, doa pada waktu subuh diaminkan para malaikat karena waktu subuh merupakan salah satu waktu berkumpulnya para malaikat. Nah, kalau kamu melakukan sedekah subuh melalui aplikasi Kitabisa, kamu bisa mengirim doa berbarengan dengan sedekah tersebut, yang nantinya juga akan diaminkan oleh orang-orang baik lainnya.

Tidak perlu berkecil hati jika kamu tidak punya banyak kelebihan harta, sedekah subuh melalui aplikasi Kitabisa bisa dimulai dari nominal Rp1000 saja. Namun, jika nominal ini masih berat untukmu, Rasulullah SAW pernah menghibur hati umatnya dengan berkata, “Bukankah Allah telah menjadikan bagi kalian jalan untuk bersedekah? Sesungguhnya pada setiap tasbih ada sedekah, pada setiap takbir ada sedekah, pada setiap tahmid ada sedekah dan pada setiap tahlil ada sedekah, menyuruh kebaikan adalah sedekah, melarang kemungkaran adalah sedekah dan mendatangi istrimu adalah sedekah.” (HR. Muslim).

Nah, itu dia pembahasan mengenai golongan orang yang berhak menerima sedekah subuh. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *