Cerita Bayi Kenan dengan Penyakit Jantung Bawaan TGA

Kenan didiagnosa menderita kelainan jantung bawaan setelah beberapa hari lahir. Biaya pengobatan yang besar membuat orang tua khawatir akan kondisi Kenan. Beruntung, ratusan #OrangBaik membantu lewat donasi di Kitabisa. Kini, Kenan sudah pulih dan kondisinya semakin membaik.


Kenan Ezra Kanaka Silalahi lahir secara caesar pada awal tahun 2020. Saat lahir, dokter mendiagnosa dirinya menderita kelainan jantung bawaan TGA (Transposition of the Great Arteries). Hal itu diketahui setelah Kenan mengalami beberapa gejala penyakit, salah satunya tidak menangis layaknya anak bayi lain. Kondisi tubuh Kenan saat itu juga sedikit kebiruan dan napasnya sesak seperti cegukan. Karena itu, ia dimasukkan ke dalam inkubator khusus di ruang bayi.

 

Penyakit Jantung Bawaan TGA yang Diderita Kenan

penyakit jantung bawaan

Jenis Penyakit Jantung Bawaan Transposition of the Great Arteries (TGA) adalah kelainan dimana katup pembuluh darah yang menghubungkan jantung dan paru-paru serta katup pembuluh aorta, berganti posisi dengan pembuluh arteri. Kondisi ini menyebabkan darah yang seharusnya dipompa menuju ke paru-paru, justru dipompa ke seluruh tubuh melalui pembuluh aorta. Akibatnya, jantung berfungsi secara tidak normal.

 

Tanda dan Gejala Penyakit Jantung Bawaan (PJB)

Penyakit Jantung Bawaan merupakan jenis gangguan atau kelainan jantung yang telah diderita oleh anak sejak lahir. Gejala yang umum terjadi yaitu warna tubuh bayi yang kebiruan, mulai dari bibir, jari-jari tangn serta kaki. Hal ini disebabkan karena rendahnya kadar oksigen dalam darah. Selain itu, seperti yang terjadi pada Kenan, bayi yang menderita penyakit ini biasanya mengalami sesak napas.

 

Pengobatan Kelainan Jantung Kenan

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, Kenan dinyatakan harus dirawat di ruang NICU lengkap dengan pemantauan dokter spesialis jantung anak. Kenan kemudian dipindahkan ke salah satu rumah sakit yang memiliki pelayanan dan fasilitas yang dibutuhkan. Dari hasil pemeriksaan ECHO (USG jantung), diputuskan agar Kenan segera menjalani tindakan operasi agar fungsi jantungnya bisa normal. 

 

Galang Dana Agar Kenan Bisa Operasi

pengobatan kelainan jantung

Orang tua Kenan khawatir akan kondisi sang buah hati. Namun, mereka juga kebingungan untuk memenuhi biaya rumah sakit dan operasi yang dibutuhkan karena sangat besar. Untuk berobat, Kenan hanya mengandalkan biaya pribadi dan sisa tabungan orangtuanya. 

Melihat kondisi tersebut, Ibu Netty, tante Kenan, menggalang dana di Kitabisa. Lewat galang dananya, Ibu Netty berharap agar Kenan bisa segera operasi dan pulih. Selain menggalang dana, orang tua Kenan juga terus berusaha untuk mendapatkan biaya pengobatan yang sangat besar. 

Galang dana Kenan berhasil mengumpulkan bantuan lebih dari Rp 40 juta. Dana tersebut terkumpul dari 356 #OrangBaik yang bersolidaritas bantu kesembuhan Kenan. 

 

Operasi Jantung Kenan Berjalan Lancar

operasi jantung

Berkat donasi dari ratusan #OrangBaik, Kenan berhasil menjalani operasi jantung. Operasi Kenan disebut dengan ASO (Arteri Switch Operation) dengan berbagai macam komplikasi akibat operasi yaitu stroke, gagal ginjal, gagal jantung, dsb. Operasi yang dimulai pukul 8:30 WIB hingga 15:00 WIB berjalan dengan lancar. 

Beberapa hari setelah operasi, kondisi Kenan mulai stabil. Ia juga sudah dipindahkan ke ruang Intermediate dengan harapan kondisinya semakin membaik dan kadar oksigen dalam darah juga segera normal. 

Setelah beberapa hari di ruang perawatan dengan pemantauan dokter dan suster, akhirnya Kenan diizinkan untuk pulang dan melakukan rawat jalan. Setiap 1 minggu sekali Kenan harus kontrol ke dokter bedah dan dokter jantung. 

Orang tua dan keluarga besar Kenan sangat berterima kasih atas bantuanmu, #OrangBaik. 

“Tetaplah menabur kebaikan, karena apa yang kita tabur, itulah yang akan kita tuai.” – Ucap orang tua Kenan.


Seperti tante Kenan, kamu juga bisa bantu keluarga, teman, atau kerabat yang sedang berjuang untuk sembuh dan butuh biaya pengobatan dengan cara galang dana di Kitabisa. Klik gambar di bawah ini!

galang dana kitabisa