Cerita Grace Kalahkan Kanker Rahim

Penyakit kanker merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak yang terjadi di seluruh dunia. Dari berbagai macam jenis kanker, ada beberapa di antaranya yang sangat rentan dan umum diderita oleh kaum wanita seperti kanker leher rahim (serviks), kanker rahim, kanker payudara, kanker ovarium, dan lain sebagainya. Salah satu contoh kasus kanker tersebut di Indonesia ini dialami oleh seorang kakak kandung dari ibu Evie Lidia yang bernama Grace.

 

Perjalanan Grace Melawan Kanker Rahim

tanda-tanda kanker rahim

Di awal bulan Desember 2018, Grace mengalami kesakitan di bagian perut dan harus melewati serangkaian pemeriksaan dokter. Setelah melewati pemeriksaan dokter, Grace diduga memiliki kanker ganas di bagian ovarium. Dokter pun menyarankan untuk segera dilakukan operasi untuk mengangkat kista yang sudah membesar dan apabila ditemukan kanker ganas maka ovarium dan rahim harus diangkat.

Pada 15 Januari 2019, Grace menjalani operasi besar pengangkatan kista, rahim, dan ovarium. Setelah operasi yang dijalaninya ini, dokter yang menangani Grace semakin yakin bahwa kanker dalam ovarium ini bersifat ganas. Ternyata dari hasil patologi disimpulkan bahwa ditemukan kanker ganas di ovarium kiri yang telah menjalar ke dinding perut. Berdasarkan kesimpulan dari hasil patologi, kanker yang dialami Grace ini sudah memasuki stadium 3.

Selang satu bulan setelah operasi, Grace harus menjalani 6 kali kemoterapi untuk mematikan sel kanker yang ada di tubuhnya. Setelah kemoterapi pertama, Grace mulai kehilangan rambutnya yang dikarenakan rontok yang banyak serta kulit kepalanya terasa gatal dan panas. Badan Grace pun mengalami gatal-gatal serta kakinya mengalami kesakitan. Hingga saat ini Grace sudah menjalani kemoterapi yang ketiga. Namun, pada 16 Mei lalu Grace harus melakukan pemeriksaan USG lebih lanjut karena bagian perut kanannya terasa sakit sakit sekali.

Selain kanker ovarium yang dapat mengganggu fungsi ovarium serta rahim secara keseluruhan, ada salah satu kanker lain yang dapat terjadi di lapisan terdalam rahim (endometrium) yang dikenal dengan istilah kanker rahim. Berikut merupakan beberapa tanda-tanda kanker rahim yang perlu kamu kenali sejak dini serta faktor risiko penyakit kanker rahim.

 

5 Tanda-tanda Kanker Rahim Sebagai Awal Gejala Munculnya Penyakit

Kelima tanda di bawah ini merupakan tanda-tanda yang tidak bisa dianggap remeh dan harus diwaspadai jika kamu mulai merasakannya.

  • Pendarahan pada vagina yang tidak normal atau berkepanjangan. Pendarahan vagina tidak normal termasuk keluar darah di antara periode menstruasi dan pendarahan setelah menopause.
  • Nyeri pada area perut dan panggul.
  • Nyeri pada saat berhubungan seksual.
  • Berat badan yang turun secara drastis tiba-tiba.
  • Nyeri saat buang air kecil

 

Faktor Risiko Kanker Rahim

Tanda-tanda Kanker Rahim yang Perlu Diwaspadai

Penyebab kanker rahim sendiri belum dapat diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa faktor risiko yang mungkin meningkatkan risiko wanita terkena penyakit mematikan seperti kanker rahim ini, diantaranya:

  • Memiliki kelebihan berat badan atau obesitas
  • Pada umumnya terjadi pada wanita yang berusia 60 tahun keatas
  • Mendapat menstruasi sebelum usia 12 tahun atau menstruasi dini
  • Belum pernah memiliki anak
  • Memiliki riwayat keluarga yang mengidap penyakit kanker rahim atau jenis penyakit lainnya
  • Mengidap tumor ovarium atau sindrom ovarium
  • Mengonsumsi obat hormon estergen tanpa progesteron dan obat tamoxifen untuk mengobati kanker payudara

Meskipun begitu, fakto risiko yang telah disebutkan tidak lah mutlak karena ada beberapa wanita yang masuk dalam daftar tersebut tetapi tidak mengidap kanker rahim. Tanda-tanda yang telah disebutkan di atas juga bukan selalu berarti kanker rahim. Namun, ada baiknya jika kamu segera memeriksakan dirimu ke dokter apabila kamu mengalami salah satu dari lima tanda-tanda yang telah disebutkan untuk mencegah terjadinya kanker rahim sejak dini.

Itulah kisah perjuangan Grace terkait dengan pengangkatan rahim, kista, serta ovariumnya dikarenakan sel-sel kanker ganas yang perlu kamu ketahui. Mengingat tingginya biaya pengobatan yang harus dikeluarkan untuk pengobatan jenis kanker yang satu ini, maka dari itu kita harus segera memeriksakan diri kita secara menyeluruh jika sudah merasakan tanda atau gejala kanker ini.

Ditulis Oleh: Ray


Selain Grace, masih banyak lagi pejuang kanker yang butuh bantuan. Kamu dapat berbagi kasih dan memberikan dukungan kepada penderita kanker yang sedang berjuang dengan cara berdonasi melalui Kitabisa. Bantuan dari kamu akan sangat berarti dan membantu mereka yang membutuhkan loh! Yuk donasi sekarang!