Ini 5 Contoh Sedekah di Pagi Hari yang Bisa Diamalkan

Tak ada hal yang lebih menenteramkan hati selain memulai hari dengan pikiran positif dan amalan-amalan baik. Sedekah pagi hari bisa menjadi amalan yang kamu terapkan untuk mendapatkan ketenangan hati, bahkan keberkahan harta dan usia. Ingin mulai beramal baik dari sekarang? Yuk, terapkan sejumlah contoh sedekah di pagi hari berikut ini!

1. Berolahraga, Sedekah Bagi Diri

Sejatinya, hakikat utama dari sedekah adalah membersihkan diri sendiri karena manfaatnya pun dapat diambil dan dirasakan langsung oleh mereka yang melakukan amalan ini. Bersedekah bagi diri tidak harus selalu diamalkan dengan mencukupi kebutuhan pribadi yang berhubungan dengan materi. Nyatanya, berolahraga setiap pagi pun merupakan salah satu contoh sedekah bagi diri yang paling sederhana. 

Bentuk sedekah ini tentu bisa dilakukan oleh siapa saja. Dengan berolahraga setiap pagi, kamu sebenarnya telah menjaga amanah dari Ilahi Rabbi berupa kesehatan dan kebugaran tubuh. Jadi, setiap kali melakukan olahraga di pagi hari, pastikan kamu meniatkannya sebagai sedekah bagi diri agar aktivitas yang dilakukan tercatat sebagai ibadah bermakna. 

2. Membagikan Makanan Pagi pada yang Membutuhkan

Contoh sedekah di pagi hari selanjutnya adalah membagikan makanan pada mereka yang membutuhkan. Sedekah sarapan pagi bukan hanya tentang berbagi kenikmatan dan keberkahan melalui makanan halalan thoyyiban. Kegiatan membagikan sarapan seperti ini juga merupakan bentuk kepedulian yang bisa kamu tunjukkan kepada golongan yang masih kekurangan. 

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menerapkan konsep sedekah ini. Salah satunya adalah berkontribusi dalam gerakan tebar sarapan yang banyak digencarkan oleh badan amal maupun lembaga sosial.

Namun, jangan telanjur mengurungkan niat jika tidak menemukan gerakan sosial serupa di tempatmu. Hal ini justru bisa menjadi kesempatanmu untuk memulai agenda sendiri dengan membagikan sarapan kepada pekerja, tetangga, maupun gelandangan yang kamu temui di jalanan.  

3. Mengisi Celengan Sedekah Subuh

Sebagai contoh sedekah di pagi hari yang paling efektif, sedekah subuh adalah amalan yang paling dianjurkan bagi setiap Muslim. Oleh karena itu, amalan ini sudah sepantasnya menjadi sebuah rutinitas harian yang tidak kamu lewatkan. 

Salah satu langkah paling sederhana untuk merutinkan sedekah subuh adalah dengan menyiapkan celengan khusus yang akan kamu isi setiap pagi. Tidak ada batasan minimal bagi nominal yang dikeluarkan. Yang terpenting, setiap koin maupun lembaran uang yang kamu masukkan dalam celengan tersebut diiringi dengan niat yang ikhlas untuk bersedekah.

Nantinya, jika celengan sudah penuh, kamu bisa menyalurkan sedekah subuh yang terkumpul ke badan amil zakat atau memberikannya secara langsung kepada fakir miskin di dekat tempat tinggalmu. 

4. Menitipkan Sedekah Subuh di Masjid

Ada alternatif sedekah pagi hari yang tak kalah sederhana dari mengisi celengan khusus sedekah subuh di rumah. Cara lainnya adalah menitipkan sedekah subuh dengan mengisi kotak amal di masjid. Sama halnya dengan mengisi celengan, nominal sedekah bisa kamu tentukan sesuai kemampuan karena setiap amalan sedekah akan dinilai dari keikhlasan dan keridaanmu dalam mengeluarkannya. 

Amalan ini dapat dilakukan sebelum maupun sesudah salat subuh berjamaah. Sedekah di waktu-waktu tersebut sangat dianjurkan, apalagi bagi kamu yang menginginkan keberkahan harta, kelancaran usaha, atau kemudahan dalam melakukan berbagai urusan. 

5. Transfer Sedekah Subuh Lewat Dompet Digital

Contoh sedekah di pagi hari juga bisa dilakukan secara lebih mudah melalui fitur transfer di dompet amal digital, seperti Aplikasi Kitabisa. Melalui aplikasi ini, kamu bisa merutinkan amalan sedekah subuh mulai dari Rp1.000 setiap paginya. Jika khawatir lupa atau terlewat, aktifkan saja fitur Pengingat Donasi yang akan mengirimkan notifikasi personal untuk bersedekah di ponselmu.

Melalui Aplikasi Kitabisa, sedekah subuhmu bisa tersalurkan dengan tepercaya. Kamu pun bisa memilih langsung orang yang ingin dibantu sekaligus menuliskan doa atau harapan di balik setiap sedekah yang kamu keluarkan. Dengan berbagai fitur tersebut, kegiatan sedekah subuh akan menjadi amalan rutin yang lebih menyenangkan dan memotivasi diri untuk senantiasa menebar kebaikan. 

Itulah beberapa contoh sedekah di pagi hari yang bisa kamu amalkan untuk menghadirkan keberkahan setiap harinya. Adakah amalan yang sudah menjadi bagian dari rutinitasmu? Jika belum, yuk mulai dari sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *