Contoh Sedekah Subuh Setiap Hari: Yuk, Amalkan!

Pada hakikatnya, contoh sedekah subuh adalah amalan-amalan yang bisa kamu lakukan secara rutin di waktu subuh setiap harinya. Amalan tersebut tidak hanya sebatas memberikan uang atau barang kepada mereka yang membutuhkan. Ada sejumlah cara lain yang bisa dilakukan tanpa mengurangi hakikat dari amalan sedekah subuh itu sendiri.

Sedekah Subuh: Pengertian dan Keutamaan

Sedekah merupakan salah satu amalan yang paling dianjurkan bagi umat Muslim. Tak jauh berbeda dengan infak, sedekah diartikan sebagai pemberian sesuatu—berupa uang, barang, maupun sikap dan perbuatan—kepada kaum fakir, miskin, atau siapa pun yang berhak menerimanya. Amalan ini dilakukan di luar kewajiban zakat. Bentuk serta nominal pemberiannya pun dapat disesuaikan dengan kemampuan orang yang mengamalkannya.

Seperti namanya, sedekah subuh adalah bentuk amalan sedekah yang rutin dilakukan di waktu subuh, yakni ketika adzan subuh berkumandang hingga sebelum matahari terbit sempurna. Beberapa ragam contoh sedekah subuh adalah menyisihkan sebagian harta pada waktu pagi atau melakukan aktivitas pagi hari yang diniatkan sebagai sedekah. 

Amalan sedekah subuh memiliki berbagai keutamaan, di antaranya:

  • Merupakan amalan yang bisa melancarkan keinginan serta mengabulkan doa-doa.
  • Disaksikan serta didoakan oleh malaikat yang turun ke bumi di setiap waktu subuh, sebagaimana tercantum dalam HR Bukhari dan Muslim.
  • Menjadi penggugur dosa-dosa yang telah lalu.
  • Diberikan syafaat agar terhindar dari siksa api neraka dan didekatkan kepada surga.
  • Sebagai salah satu cara membuka pintu rezeki yang dijanjikan oleh Allah SWT. 
  • Membuat sisa harta lebih berkah dan penuh rahmat.
  • Menjauhkan diri dari penyakit dan marabahaya yang mungkin menimpa. 
  • Menjadi jalan untuk memudahkan segala urusan. 

Contoh Sedekah Subuh Setiap Hari

Dengan berbagai keutamaan yang dihadirkannya, sedekah subuh layak menjadi amalan rutin yang kamu lakukan setiap hari. Amalan ini dapat dilakukan melalui beragam cara dan bentuk sedekah. Berikut adalah beberapa contoh sederhana dari sedekah subuh yang bisa diamalkan dengan mudah dan istikamah. 

1. Memberi Makan Fakir Miskin

Salah satu bentuk paling nyata dari amalan sedekah subuh adalah memberi makan fakir dan miskin di sekitar tempat tinggalmu. Meski terkesan sederhana, bentuk sedekah seperti ini sebenarnya menyiratkan makna kebaikan yang berlimpah. Sedekah yang kamu keluarkan dalam bentuk makanan pagi adalah ciri dari kepedulian kepada sesama seperti yang telah dicontohkan oleh teladan umat Muslim, Nabi Muhammad SAW. 

2. Membersihkan Lingkungan Sekitar

Contoh sedekah subuh adalah amalan yang tidak hanya diberikan dalam bentuk harta maupun barang semata. Dengan membersihkan lingkungan sekitar di waktu pagi, kamu pun sudah turut mengamalkan sedekah, yakni sedekah kepada lingkungan sekaligus kepada tetangga terdekat. Aktivitas ini akan menjadi amalan yang berkah jika kamu melakukannya dengan ikhlas dan hanya mengharap keridaan dari Allah SWT. 

3. Menyiapkan Celengan Khusus 

Ingin membiasakan diri sedekah tanpa harus keluar rumah? Siapkan saja sebuah celengan khusus untuk diisi setiap waktu subuh secara rutin. Dengan niat sedekah, dana yang sudah terkumpul dalam celengan bisa kamu salurkan selama sepekan maupun sebulan sekali, atau ketika celengannya sudah penuh. Pembiasaan sedekah ini cukup efektif bagi kamu yang ingin belajar istikamah dalam bersedekah secara lebih mudah. 

4. Mengisi Kotak Amal Masjid 

Selain bersedekah dengan menyisihkan sebagian harta di sebuah celengan khusus, cara lain untuk menerapkan contoh sedekah subuh adalah dengan mengisi kotak amal masjid. Hal ini bisa kamu lakukan setiap kali salat subuh berjamaah di masjid. Saat melakukannya, kamu mengamalkan dua ibadah utama yang pahalanya besar di mata Allah, yakni salat subuh berjamaah dan sedekah subuh. 

5. Menitipkan Sedekah Subuh di Aplikasi Kitabisa

Dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, Aplikasi Kitabisa juga dapat menjadi alternatif terbaik untuk menyalurkan sedekah subuhmu setiap hari. Di aplikasi ini, kamu bisa menyisihkan sedekah subuh mulai dari Rp1.000. Setiap dana yang terkumpul akan disalurkan secara amanah kepada mereka yang membutuhkan. Namun, kamu pun dapat memilih langsung orang yang ingin dibantu dengan sedekah subuh yang kamu amalkan.  Dari berbagai cara di atas, dapat disimpulkan jika contoh sedekah subuh adalah amalan nyata yang tidak hanya diniatkan untuk membersihkan harta, tetapi juga untuk menebarkan kebaikan kepada sesama.

Yuk, mulai amalkan dari sekarang untuk mendapatkan keutamaannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *