Daftar Harga Kambing Qurban Terbaru 2021

Melakukan ibadah qurban merupakan kewajiban bagi individu—baik laki-laki maupun perempuan—yang telah mencapai batas mampu. Adapun batas mampu yang dimaksud adalah mereka yang sudah mampu memenuhi kebutuhan sehari-harinya dan telah menunaikan kewajiban nafkahnya terhadap keluarganya.

 

Harga Kambing Qurban Terbaik 2021

harga kambing qurban

Salah satu hewan yang termasuk kategori hewan untuk qurban adalah kambing. Harga kambing pun jauh lebih ekonomis dibandingkan harga sapi. Dengan demikian, kambing juga dapat menjadi alternatif bagi kamu yang ingin mulai mencoba untuk berqurban.

Harga kambing pun berbeda-beda tergantung dari jenis, wilayah, dan bobotnya. Namun bagi kamu yang berada di kawasan Jakarta dan sekitarnya, berikut adalah update harga kambing qurban 2021.

  • Kambing bobot 23-28 kg, mulai Rp2.500.000,00 sampai Rp3.800.000,00.
  • Domba bobot 23-28 kg, mulai Rp2.200.000,00 sampai Rp3.600.000,00.

 

Manfaat Melaksanakan Qurban

manfaat qurban

 

Namun ternyata, masih belum terlalu banyak yang menyadari mengenai apa saja manfaat yang dapat diperoleh jika melakukan qurban. Padahal, ada sederet keutamaan dari ibadah satu ini sebagai berikut.

Memperkuat Keislaman Dirinya Sendiri

Melaksanakan ibadah qurban dilakukan bukan untuk kepentingan seorang individu kepada individu lain, melainkan hanya untuk urusan dirinya dengan Allah. Karena itu, berqurban pun pada dasarnya adalah sebagai salah satu bukti yang menunjukkan ketaqwaannya terhadap Allah SWT.

Hal ini pun selaras dengan sabda Rasulullah, “Siapa yang mendapati dirinya dalam keadaan lapang, lalu ia tidak berqurban, maka jangan sekali-kali mendekati tempat sholat kami.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Meningkatkan Rasa Syukur dan Cinta Kepada Allah SWT

Menunaikan qurban juga termasuk bentuk ucapan syukur dan cinta kepada Allah SWT. Hal ini tentu tak akan pernah bisa membalas apa yang sudah Allah berikan, tetapi melalui berqurban dan membagi kebahagian tersebut kepada muslim lainnya cukup menjadi bukti rasa syukur dan cinta kepada Allah SWT.

Rasulullah bersabda, “Tidaklah seseorang mendapatkan lezatnya iman hingga ia mencintai seseorang yang tidaklah ia mencintainya kecuali karena Allah, dirinya dilempar di api lebih ia sukai dibanding harus kembali kafir setelah Allah selamatkan dirinya dari kekafiran dan Allah serta rasul-Nya lebih ia cintai dibanding selain keduanya.” (HR. Al-Bukhari)

Memupuk Rasa Peduli Sesama

Daging qurban boleh dinikmati oleh pemilik qurban tersebut maupun dibagikan ke masyarakat terutama yang membutuhkan. Hal ini tentu merupakan salah satu bentuk sederhana solidaritas dan berbagi, sehingga mereka yang selama ini kurang mampu untuk merasakan nikmatnya makan daging pun dapat mewujudkannya.

Hal ini selaras dengan firman Allah : “Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebagian dari syiar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah robih (mati), makanlah sebagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukkan unta-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukur.” (QS. Al Hajj ayat 36)

Bekal di Hari Akhir

Ganjaran pahala atas besarnya pengorbanan berbagi dengan orang-orang sekitar dinikmati oleh mereka yang berqurban. Tak cuma dia, tetapi barang siapa yang mengerjakan ibadah ini akan mendapat bekal untuk di hari akhir kelak.

Artinya : “Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengangungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS Al-Hajj ayat 37)


Kamu bisa berqurban dengan mudah melalui Kitabisa. Selain transparan dan sesuai syariat, harga hewan qurban di Kitabisa juga sangat terjangkau. Yuk, qurban sekarang bersama ribuan OrangBaik lainnya.

qurban murah