Dahsyatnya Sedekah Subuh, Buka Pintu Rezeki hingga Obati Penyakit

Sedekah merupakan salah satu bentuk empati seseorang kepada fakir miskin atau golongan yang berhak menerimanya. Kamu bisa memberikan sedekah sesuai kemampuan tanpa harus mengacu pada waktu tertentu.

Kendati demikian, waktu terbaik untuk melakukan sedekah dimulai dari subuh sampai sebelum matahari terbit. Ketika beramal di momen tersebut, kamu akan merasakan dahsyatnya sedekah subuh

Apa saja kedahsyatan sedekah subuh dan cara mengamalkannya? Yuk, baca terus artikel ini!

Alasan Harus Meningkatkan Sedekah Subuh

Kedahsyatan sedekah subuh tidak perlu diragukan lagi karena tertuang jelas dalam hadis Rasulullah SAW. Jika ingin merasakan kedahsyatannya secara maksimal, kamu harus meningkatkan sedekah subuh.

Selain itu, dengan meningkatkan sedekah subuh, kamu bisa mendapatkan beberapa manfaat berikut.

Pintu Rezeki Terbuka

Subuh merupakan salah satu kunci pintu rezeki. Pasalnya, ketika subuh, dua malaikat turun ke bumi untuk mendoakan orang yang sedang beribadah. Kedua malaikat mendoakan agar kedua orang tersebut diberi kelapangan rezeki dan dimudahkan segala urusannya.

Untuk mendapatkan kelapangan rezeki, hendaknya sedekah dilakukan dengan hati ikhlas. Sebaliknya, jika kamu bersedekah tanpa ketulusan, rezeki tersebut akan ditahan oleh Allh Yang Mahakuasa. 

Diampuni Segala Dosa

Setiap manusia pasti pernah berbuat dosa, baik sengaja maupun tidak. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar dosa diampuni Allah SWT, yakni dengan bersedekah. Namun, kamu harus memastikan harta untuk sedekah diperoleh secara halal. 

Waktu Terbaik untuk Berdoa

Doa merupakan permohonan manusia yang ditujukan untuk Sang Pencipta. Dalam setiap doa, tentu kamu berharap cepat dikabulkan. 

Menurut ulama tersohor di Indonesia, Syekh Ali Jaber, subuh menjadi waktu terbaik untuk memanjatkan doa. Terlebih, kamu berdoa seraya mengamalkan sedekah subuh, doa itu pasti lebih cepat terkabul.

Disembuhkan dari Berbagai Penyakit

Saat sakit, seseorang harus melakukan ikhtiar untuk sembuh dengan disertai berdoa. Salah satu bentuk ikhtiar dalam mengobati penyakit, yakni memberikan sedekah. Dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Syaikh Al-Albani melalui Shahih al-Jami’, disebutkan bahwa sedekah dapat meredam murka Allah dan menolak kematian buruk.

Selain itu, ada sebuah kisah pasien COVID-19 yang sembuh dari penyakitnya berkat sedekah subuh. Ia melakukan amalan-amalan subuh secara rutin sehingga sembuh dalam waktu cepat.

Amalan Terbaik untuk Sedekah Subuh

Banyak cara untuk sedekah subuh; mulai dari membaca Alquran, zikir, hingga beberapa hal yang sifatnya memberi. Berikut ini penjelasannya.  

  • Membaca Alquran usai salat subuh. Membaca Alquran setelah salat subuh dapat membantu kamu untuk meningkatkan fokus. Pasalnya, suasana ketika subuh lebih tenang dan hening. Jika kebiasaan ini, kamu lakukan secara rutin, keberkahan akan selalu menyertai hari-harimu.
  • Berzikir sepenuh hati. Zikir merupakan salah satu ibadah untuk mengingat Allah SWT setiap saat. Jika kamu melakukan zikir rutin saat subuh, Allah SWT akan mengabulkan hajatmu. Selain itu, Allah SWT melapangkan rezeki bagi orang-orang yang senantiasa berzikir.
  • Menyisihkan uang untuk mengisi kotak amal di masjid. Kalau kamu sering salat subuh berjemaah di masjid, jangan lupa membawa sejumlah uang. Biasanya, di dalam atau depan masjid terdapat kotak besar untuk wadah uang sumbangan dari jemaah. Isilah kotak tersebut secara rutin agar kamu dilimpahkan rezeki yang berkah.
  • Memberikan makanan kepada orang yang membutuhkan. Kamu bisa mengirimkan makanan ke tetangga terdekat atau mereka yang kurang mampu sebagai bentuk sedekah subuh. Lebih utama lagi, jika kamu memberikan makanan tersebut kepada yatim piatu dan jompo sebelum matahari terbit.
  • Menyumbang bantuan. Bentuk bantuan tidak harus berupa uang; kamu bisa menyumbang pakaian atau barang apa pun yang dibutuhkan orang lain. Cobalah mengantarkan bantuan tersebut sebelum matahari terbit agar kamu mendapatkan keberkahan sedekah subuh.
  • Mentransfer donasi usai salat subuh. Jika kamu memiliki media sosial, coba carilah konten donasi. Biasanya, konten tersebut diunggah oleh situs ataupun aplikasi fundraising. Sasaran donasi bisa kepada anak yatim piatu, seseorang dalam kesulitan finansial, serta mereka yang membutuhkan dana untuk operasi.

Itulah ulasan singkat seputar dahsyatnya sedekah subuh. Bagi kamu yang ingin melakukan sedekah subuh, bisa melalui aplikasi fundraising. Salah satunya adalah aplikasi Kitabisa dengan fitur pengingat donasi, catatan, serta galang dana favorit. Melalui Kitabisa, kamu juga dapat memberikan donasi mulai dari Rp1.000 saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *