Dalil tentang Sedekah Waktu Subuh dan Kedahsyatannya

Beberapa waktu ke belakang, tren sedekah waktu Subuh marak dilakukan oleh umat Muslim. Ini merupakan sebuah fenomena yang membahagiakan di mana orang-orang berlomba-lomba memberikan harta mereka di jalan Allah. Amalan ini tentu sejalan dengan isi Surat Al-Baqarah ayat 148 yang berbunyi:

“Masing-masing umat memiliki kiblat tempat mereka menghadap. Karena itu, berlomba-lombalah kamu selalu dalam berbuat kebaikan.”

Pada dasarnya, sedekah di waktu apapun pasti akan mendapatkan ganjaran jika dilakukan dengan ikhlas. Lalu, bagaimana dengan sedekah di waktu Subuh? Apakah ada dalil khusus yang menganjurkannya?

Dalil tentang Anjuran Sedekah di Waktu Subuh

Dilansir dari laman Konsultasi Syariah, tidak ada hadis ataupun ayat Al-Quran yang secara spesifik memerintahkan kita untuk bersedekah waktu Subuh. Anjuran mengenai amalan ini pada dasarnya bersifat umum dalam bentuk motivasi. Motivasi untuk mengajak orang dalam berbuat kebaikan tentu adalah sebuah tindakan yang mulia.

Ada sebuah hadis yang berbunyi, “Bersegeralah kamu untuk bersedekah sepagi mungkin. Sebab bencana tidak akan mampu melangkahi sedekah.” Dalil yang disebut sebagai hadis ini ternyata dianggap dhaif atau lemah. Ini kakarena ada nama Sulaiman bin Amr An-Nakhari dalam salah satu perawinya yang dikenal kerap memalsukan hadis.

Lalu bagaimana dengan dalil lainnya? Hadis dengan maknya yang paling dengan dengan anjuran sedekah Subuh diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah. Hadis tersebut berbunyi:

“Setiap pagi yang dilalui oleh manusia akan ada dua malaika yang turun dan berdoa. Satu malaikat akan berkata, ‘Ya Allah berilah ganti bagi mereka yang menafkahkan hartanya (di jalan kebaikan),’ sementara satu malaikat lagi akan berdoa, ‘Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi mereka yang bakhil/pelit’.”

Meskipun memiliki makna yang sangat dekat dengan anjuran sedekah Subuh, namun tidak ada kalimat yang lugas dan jelas yang memerintahkannya. Kita hanya dianjurkan untuk bersedekah di waktu tersebut karena ada malaikat yang akan mendoakan kebaikan untuk kita. 

Kedahsyatan Sedekah Waktu Subuh

Lalu, apakah sedekah waktu Subuh tidak diperbolehkan? Tentu saja boleh. Apalagi ini merupakan sebuah perbuatan baik yang jika dilakukan terus menerus akan memberikan banyak hikmah. Kenapa kamu harus mulai ikut gerakan sedekah Subuh?

  • Mengharapkan kebaikan dan doa dari malaikat seperti yang disebutkan dalam hadis
  • Jika kamu ikut tren sedekah Subuh 40 hari, ini akan membentuk sebuah kebiasaan baik. Artinya, meski 40 hari sudah berlalu, kamu tetap tidak akan meninggalkan kebiasaan sedekah Subuh karena itu sudah melekat dalam dirimu
  • Memberikan bantuan kepada lebih banyak orang. Semakin banyak orang yang bersedekah Subuh, semakin banyak dana yang terkumpul untuk membantu mereka yang membutuhkan
  • Memberikan bantuan sejak pagi bagi mereka yang membutuhkan. Pagi hari adalah waktu untuk memulai aktivitas baik itu untuk sekolah atau untuk mencari nafkah. Jika kamu memiliki tetangga yang kekurangan, mengantarkan makanan kepada mereka di waktu Subuh akan menjadi bekal yang memadai bagi mereka untuk memulai hari. Dengan rezeki makanan yang kamu berikan, mereka akan memperoleh tenaga untuk mencari nafkah di siang harinya.

Rutinitas sedekah waktu Subuh sendiri sudah mulai banyak dilakukan orang lewat aplikasi Kitabisa. Per Agustus lalu, waktu Subuh merupakan waktu dengan jumlah donasi yang tinggi. Rata-rata dalam satu detik, ada 1 sampai 2 donasi yang masuk. Berkat segala kemudahan sekaligus fitur pengingat, para Orang Baik dapat dengan mudah merencanakan sedekah Subuh mereka?Ingin bergabung dengan ribuan Orang Baik lainnya lewat sedekah waktu Subuh? Unduh aplikasi Kitabisa sekarang dan nikmati beragam fitur yang akan bikin ibadahmu jadi semakin mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *