Diprediksi Hanya Bertahan 4 Tahun, Raffael Ternyata Sembuh

Namanya Raffael Vincent Deno Armando (9th) atau lebih akrab dipanggil Raff. Raff dikenal sebagai anak yang periang, lucu, dan berprestasi. Jika tidak sakit, saat ini Raff masih bersekolah kelas 3 SD. Secara fisik Raff tidak terlihat sakit. Pertumbuhan dan perkembangan Raffael normal selayaknya teman-teman seumuran. Namun, dibalik kenormalan ini Raff harus bolak balik ke rumah sakit untuk opname. Setidaknya dalam setahun ada 6 kali opname yang mesti Raffael jalani. Pengobatan sudah dijalani Raffael semenjak ia berumur 6 tahun.

Raff didiagnosa mengidap penyakit hemitrunkus kanan (kelainan pembuluh darah jantung). Satu-satunya cara untuk dapat sembuh hanya lewat operasi. Dokter juga memprediksikan jika Raff tidak segera dioperasi dia bisa bertahan hidup selama 4 tahun. Penyakit hemitrunkus cukup langka di Indonesia, karena sedikit sekali pasien yang ditemukan menderita penyakit yang sama.

Tanggal 27 September, Raffael berobat ke Glneagles Hospital Penang, Malaysia. Dari kunjungan pertama ini, sudah dapat ditentukan tanggal operasi Raff yaitu 28 September.

Pengobatan Raffael membutuhkan dana yang cukup besar dengan estimasi di atas 350 juta. Kondisi keuangan orang tua Raffael juga sudah menipis. Maklum, mereka sudah habis-habisan untuk pengobatan Raffael  dalam kurun waktu 8 tahun terakhir.  Latar belakang ini yang memotivasi Clara Widi Hapsari sahabat ibunya Raffael sejak SD tergerak membantu. Lewat galang dana di kitabisa.com/selamatkanraffael sudah terkumpul dana sebesar 76 juta dari 221 orang baik.

Berkat bantuan orang baik, saat ini kondisi Raff membaik dan sudah pulang ke Jakarta. Operasi yang dijalani Raffael  di Penang dinyatakan berhasil. Raffael sudah sembuh dan tinggal menunggu pulih pasca operasi.

Kesembuhan Raffael menjadi bukti untuk banyak orang. Jika galang dana yang dilakukan sahabat mamanya dapat membantu menyelamatkan satu nyawa yaitu Raffael. Apalagi jika banyak orang termotivasi untuk melakukan hal sama, banyak nyawa yang akan terselamatkan.


**

Masih banyak Raffael lain di luar sana yang membutuhkan bantuan. Yuk, ikut jadi bagian #orangbaik dan galang dana sendiri. Klik gambar berikut untuk proses selanjutnya!