Doa dan Niat Puasa Senin Kamis Paling Lengkap Sebagai Pedoman

Puasa adalah salah satu perintah yang harus dikerjakan oleh setiap muslim. Ibadah puasa juga terbagi menjadi berbagai macam, namun yang dimaksud puasa wajib di sini adalah puasa pada bulan Ramadhan hukumnya wajib.

Puasa juga merupakan suatu ibadah yang istimewa karena mempunyai banyak keutamaan. Di antaranya yaitu pusa sebagai perisai bagi seorang muslim, penjelasan ini tercantum dalam hadits yang diriwayatkan dari (Bukhari & Muslim) “الصِّيَامُ جُنَّةٌ” yang artinya “Puasa adalah perisai.”

 

Pengertian Ibadah Puasa

Doa dan Niat Puasa Senin Kamis Paling Lengkap Sebagai Pedoman

Arti puasa, dalam kaidah bahasa Arab puasa bisa diartikan sebagai menahan. Maksud menahan di sini yaitu menahan dari segala hal yang masuk ke dalam mulut baik makanan atau minuman, bahkan diartikan juga menahan dari perbuatan dan bicara. Dalam ajaran Islam, puasa terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu puasa fardhu atau puasa yang wajib dilaksanakan umat Islam pada bulan Ramadhan, puasa sunnah, dan puasa makruh. Nah, puasa sunnah yang lazim atau popular di kalangan umat muslim ialah Puasa Senin-Kamis.

Puasa pada kedua hari itu menjadi sangat spesial karena pada hari Senin dan Kamis ialah saat semua amalan manusia diperiksa sehingga keadaan seseorang ketika berpuasa pada hari itu adalah yang paling istimewa sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW.

 

Niat, Bacaan, Doa Puasa Senin Kamis

Doa dan Niat Puasa Senin Kamis Paling Lengkap Sebagai Pedoman

Niat, bacaan, atau doa puasa Senin:
نويت صوم يوم الاثنين سنة لله تعال

“Nawaitu shouma yaumal itsnaini sunnatan lillahi ta’aalaa”

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah hari senin karena Allah Ta’ala”

Niat, bacaan, atau doa puasa Kamis:
نويت صوم يوم الخميس سنة لله تعال

“Nawaitu dhouma yaumul khomisi sunnatan lillahi ta’aalaa”

Artinya: “Aku berniat puasa sunnah  hari kamis karena Allah Ta’ala.”

 

Doa Buka Puasa Senin Kamis

Doa dan Niat Puasa Senin Kamis Paling Lengkap Sebagai Pedoman


اَللَّهُمَّ لَكَ صُمْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ذَهَبَ الظَّمَأُ وَابْتَلَّتِ الْعُرُوْقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إِنْ شَاءَ اللهُ

“Allaahumma laka shumtu wa ‘alaa rizkqika afthartu, dzahabazh zhoma-u wabtallatil ‘uruuqu watsabatal ajru, insyaa Allaah.”

Artinya: “Ya Allah hanya untuk-Mu aku berpuasa & dengan rezki-Mu aku berbuka. Telah sirna dahaga, urat-urat telah basah & pahala telah tetap insya Allah Ta’ala.”

 

Manfaat Puasa Senin Kamis

Doa dan Niat Puasa Senin Kamis Paling Lengkap Sebagai Pedoman

Ada banyak hadis-hadis atau penjelasan dari para ulama tentang manfaat puasa sunnah senin kamis. Ahli penelitian bahkan mengabarkan bahwa puasa itu dapat menyehatkan. Hal ini sebenarnya sudah lama ditemukan bahkan nabi pun mengatakan demikian. Karenanya, mari kita simak beberapa manfaat dari puasa sunnah senin kamis.

  1. Melembutkan Hati
    Dengan berpuasa, kita mendorong diri untuk melakukan amal sholeh dan mengeluarkan racun hati dalam tubuh.
  2. Memberi Kesempatan Untuk Beristirahat Organ Tubuh
    Pada dasarnya, dengan istirahat yang cukup tentunya tubuh akan lebih sehat, istirahat juga merupakan fitrah manusia. Lihat saja orang yang tidak pernah istirahat pasti masa tua-Nya sakit-sakitan.
  3. Menurunkan Hawa Nafsu
    Puasa juga akan memudahkan kamu mengontrol hawa nafsu, hal ini seperti yang dijelaskan dalam hadits “Ketika Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wasallam memberikan saran kepada permuda yang hendak menikah namun belum mempunyai kecukupan, maka mereka dianjurkan untuk berpuasa.”

Dengan tidak adanya penelitian oleh para ilmuwan, tentunya anda dapat berpikir dengan logis, bilamana puasa senin kamis bisa menghilangkan toksin maupun racun yang terdapat pada tubuh. Cara puasa senin kamis tersebut diyakini manjur dapat menghilangkan racun yang telah berada dalam tubuh kita. Nantinya anda akan merasakan kesegaran dan kebugaran pada tubuh ketika racun-racun tersebut sudah lenyap.

Penulis: Yudo Laksono


Kamu bisa memperbanyak pahala di bulan suci ini dengan bersedekah melalui Kitabisa. Download Aplikasi Kitabisa di Google Play Store atau App Store untuk memudahkan kamu dalam bersedekah. Yuk, sedekah sekarang!

banner_donasi_sedekah