Zakat

Doa Zakat Fitrah: Hukum, Niat, Serta Keutamaan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Saat ini kita telah memasuki bulan Ramadhan. Di bulan Ramadhan ini selain melaksanakan puasa, kita juga harus melaksanakan ibadah lainnya, yaitu menunaikan zakat fitrah. Zakat fitrah bertujuan untuk menyempurnakan puasa kita di bulan Ramadhan.

 

Makna Zakat Fitrah

Doa Zakat Fitrah: Hukum, Niat, Serta Keutamaan

Zakat fitrah adalah untuk mensucikan orang yang berpuasa dari ucapan kotor dan perbuatan yang tidak ada gunanya, dengan memberikan makan kepada orang miskin dan mencukupkan kebutuhan mereka pada saat hari Raya. Perbedaan zakat fitrah dengan zakat lainnya adalah zakat fitrah merupakan ‘pajak’ pada pribadi-pribadi muslim, sedangkan zakat lain merupakan ‘pajak’ pada harta.

 

Hukum Melaksanakan Zakat Fitrah

Doa Zakat Fitrah: Hukum, Niat, Serta Keutamaan

Zakat Fitrah adalah zakat yang diwajibkan terkait dengan puasa pada bulan Ramadhan. Terdapat hadits yang telah disepakati dalam istilah syara’ bahwa zakat adalah fardhu atau suatu keharusan bagi setiap umat muslim.

Zakat fitrah diwajibkan atas setiap Muslim yang mampu, untuk dirinya sendiri dan orang-orang yang wajib ia nafkahi seperti istri dan anak yang belum akil baligh. Hal yang dimaksud mampu adalah memiliki kecukupan harta yang melebihi dari kebutuhan diri sendiri dan orang yang wajib dinafkahi saat malam dan hari raya.

zakat profesi

Rasulullah SAW memperkuat kewajiban zakat, sehingga zakat adalah sesuatu yang diperintahkan Allah dan bagi orang yang mengingkarinya akan diancam dengan azab yang dahsyat.

 

Pentingnya Niat dan Doa Saat Berzakat Fitrah

Doa Zakat Fitrah: Hukum, Niat, Serta Keutamaan

Setiap ibadah mensyaratkan harus adanya niat dan doa. Karena niat adalah patokan menentukan sah tidaknya ibadah tersebut. Hal ini juga berlaku pada zakat fitrah. Ibadah wajib ini mengikat seluruh Muslim, baik pria maupun wanita, baligh dan belum, kaya maupun tidak.  

Keberadaan niat sangat penting sebelum menjalankan ibadah zakat fitrah. Niat ada dalam hati, melafalkannya merupakan kesunnahan. Niat yang dilafalkan menjadi penegas ibadah apa yang dijalankan.

Pengucapan niat zakat fitrah hanya dilakukan oleh pembayar zakat. Tetapi niat zakat yang diucapkan disesuaikan dengan peruntukannya masing-masing, berikut beberapa niat untuk berzakat fitrah berdasarkan peruntukannya :

Niat Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ أَﻥْ أُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻧَﻔْسيْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku sendiri, fardu karena Allah Ta‘âlâ”

 

Niat Zakat Fitrah Untuk Istri

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺯَﻭْﺟَﺘِﻲْ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk istriku, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

 

Niat Zakat Fitrah Untuk Anak Laki-Laki

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ ﻭَﻟَﺪِﻱْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Niat saya mengeluarkan zakat fitrah dari anak laki-laki saya (sebutkan namanya) wajib karena Allah ta’ala”.

zakat profesi

Niat Zakat Fitrah Untuk Anak Perempuan

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِﻋَﻦْ ﺑِﻨْﺘِﻲْ … ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk anak perempuanku…. (sebutkan nama), fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

 

Niat  Zakat Fitrah Untuk Diri Sendiri dan Keluarga

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَنِّيْ ﻭَﻋَﻦْ ﺟَﻤِﻴْﻊِ ﻣَﺎ ﻳَﻠْﺰَﻣُنِيْ ﻧَﻔَﻘَﺎﺗُﻬُﻢْ ﺷَﺮْﻋًﺎ ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk diriku dan seluruh orang yang nafkahnya menjadi tanggunganku, fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

 

Niat Zakat Fitrah untuk Orang Yang Diwakilkan

ﻧَﻮَﻳْﺖُ ﺃَﻥْ ﺃُﺧْﺮِﺝَ ﺯَﻛَﺎﺓَ ﺍﻟْﻔِﻄْﺮِ ﻋَﻦْ (..…) ﻓَﺮْﺿًﺎ ِﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟَﻰ

“Aku niat mengeluarkan zakat fitrah untuk… (sebutkan nama spesifik), fardu karena Allah Ta‘âlâ.”

Doa Bagi Penerima Zakat Fitrah

Doa Zakat Fitrah: Hukum, Niat, Serta Keutamaan

Saat menerima zakat fitrah, seorang penerima disunnahkan mendoakan pemberi zakat dengan doa-doa yang baik. Di antara contoh doa tersebut adalah seperti di bawah ini :

ﺁﺟَﺮَﻙ ﺍﻟﻠﻪُ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﻋْﻄَﻴْﺖَ، ﻭَﺑَﺎﺭَﻙَ ﻓِﻴْﻤَﺎ ﺍَﺑْﻘَﻴْﺖَ ﻭَﺟَﻌَﻠَﻪُ ﻟَﻚَ ﻃَﻬُﻮْﺭًﺍ

“Semoga Allah memberikan pahala atas apa yang engkau berikan, dan semoga Allah memberikan berkah atas harta yang kau simpan dan menjadikannya sebagai pembersih bagimu.”

 

Demikian penjelasan mengenai bagaimana niat dan doa yang harus diucapkan saat menunaikan zakat fitrah. Jadi, jangan lupa untuk mengucapkan niat dan doa tersebut ketika berzakat fitrah, ya!

Ditulis Oleh: Samantha Widya


Kini, pembayaran zakat fitrah bisa dilakukan dengan mudah dan praktis yaitu secara online. Salah satunya melalui website Kitabisa, pembayaran zakat bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Kamu hanya perlu mengunjungi website zakat.kitabisa.com untuk membayar zakat atau melalui Aplikasi Kitabisa. Ayo, mari kita berzakat bersama Kitabisa!

Atau langsung klik gambar di bawah ini untuk langsung berdonasi di kitabisa.com:

Zakat Kitabisa

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons