Terima Kasih Netizen Untuk Engkong Veteran di Hari Pahlawan

Bertepatan dengan hari Pahlawan 10 November kemarin, tim sosial media Kitabisa.com mengapresiasi jasa pahlawan lewat postingan, “Engkong Veteran”. Sedikit flashback untuk mengingatkan kembali pada netizen akan pentingnya jasa para pahlawan.

Engkong Pejuang . “Pas perang dulu aye sering susah tidur soalnye suka lihat mayat. Sengsara bener dah pas jaman perang. Ga bisa makan nasi, cuman makan singkong. Sambil perang, aye aktif ikut kesenian betawi kayak ondel-ondel. Sampe-sampe dulu aye pernah nipu musuh pake ondel-ondel. Sekarang aye aktif bikin ondel-ondel buat nambah penghasilan. Kalian enak, udah merdeka. Bisa punya apa yang kalian mau. Permintaan engkong satu aje: Tolong jangan lupain kami para veteran!” (Engkong Abdul Rachman, Veteran, 88 tahun) . — . Mau tahu lebih lanjut kisah Engkong Abdul Rachman dan veteran-veteran lainnya? Datang aja ke pameran foto “Wajah Veteran” di Jakarta Creative Hub pada 10-11 November 2017 Kamu juga bisa kasih apresiasi ke Engkong Abdul dan para veteran kemerdekaan di Hari Pahlawan ini caranya: tulis ucapan terima kasihmu di kolom komentar sambil mention @wajahproject! Selamat Hari Pahlawan #OrangBaik! #HariPahlawan #PahlawanMasaKini #Veteran #SahabatVeteran #Pahlawan

A post shared by Kitabisa.com (@kitabisacom) on

Lewat postingan ini diceritakan perjuangan Engkong Abdul Rachman saat jaman perang dulu. Seperti kutipan engkong, beliau sering kesulitan tidur melihat banyaknya mayat yang ada di sekililingnya. Tak hanya itu, para pejuang dahulu juga jarang sekali bisa makan nasi dan bisanya makan singkong. Karena itu, kakek berpesan jangan pernah lupakan jasa para pahlawan yang sudah berjuang.

Postingan ini banyak sekali diapresiasi oleh netizen. Beragam komentar, ucapan terima kasih dan dukungan tak hentinya dilontarkan. Berikut beberapa kutipan komentar dari netizen di hari Pahlawan.

engkong veteran

Komentar dari akun @r_ffi tepat sekali mengambarkan perjuangan engkong yang tak ada hentinya. Semoga semangat perjuangan engkong dapat ditiru oleh generasi masa sekarang. Seperti kata akun ini, dapat membela tanah air hingga titik darah penghabisan.

Postingan “Engkong Veteran” juga mengingatkan beberapa orang akan perjuangan kerabat terdekatnya yang ikut berperang. Salah satunya akun @nanirohaniah0108.

Harapan-harapan baik untuk Indonesia kedepannya juga kerap menghiasi komentar-komentar ini. Akun @azmisuryaadi juga menyebutkan jasa pahlawan tak akan terlupakan, semoga di jaman sekarang dapat membalas budi jasa mereka.

Tanpa perjuangan para pahlawan, kecil sekali kemungkinan remaja jaman now bebas mengakses sosial media. Seperti yang diungkapkan @refamiredo, berkat jasa engkong saat ini dia dapat bermain instagram dengan tenang.

Semoga di hari Pahlawan ini dapat menyadarkan banyak orang betapa berharganya jasa para pahlawan yang sudah berjuang dahulu kala. Berharap tidak ada lagi engkong- engkong lain yang masih tetap harus berjuang di jaman sekarang ini. Selamat hari Pahlawan! 🙂