BTS ARMY Indonesia

FAQ BTS ARMY Indonesia

Tentang btsarmyindonesia.com

Btasarmyindonesia.com merupakan hasil kolaborasi fans BTS (Army) dan Kitabisa.com. Melalui btsarmyindonesia, kami mengajak para Army untuk saling dukung berbagai projek galang dana yang ada, baik untuk tujuan sosial maupun untuk membantu sesama Army yang membutuhkan.

Ada dua hal yang bisa kamu lakukan di Btasarmyindonesia.com:
(1) Berdonasi untuk mendukung projek galang dana yang sedang dijalankan berbagai Army.
(2) Mengajukan galang dana untuk diri sendiri, keluarga, sahabat, atau Army lain yang sedang membutuhkan pertolongan. 

BTS: Boy Band asal Korea Selatan yang juga dikenal dengan nama Bangtan Boys.

Army: Nama fans BTS

Halaman campaign: halaman galang dana yang terdaftar di Kitabisa sebagai wadah pengumpulan donasi untuk projek galang dana yang diajukan.

Baca tanya jawab di bawah ini untuk mengetahui lebih dalam tentang Btasarmyindonesia.com

Pertanyaan Umum

Q: Apa yang membedakan pendaftaran galang dana lewat btsarmyindonesia.com dengan pendaftaran galang dana seperti biasa di kitabisa.com?
A: Galang dana lewat btsarmyindonesia.com dikhususkan untuk para Army. Jika galang danamu berhasil terdaftar, maka galang dana tersebut akan menjadi bagian dari #BTSARMYINDONESIA. Selain itu, mendaftar melalui btsarmyindonesia.com berpotensi untuk diberikan pendanaan oleh BTS ARMY INA PROJECT sesuai skala bantuan dan kebutuhan galang danamu.

Q: Apa perbedaan donasi “Melalui BTS Army Indonesia” dan “Ke Galang Dana Army”?
A: Donasi melalui BTS ARMY INA PROJECT disebut juga sebagai Galang Dana Induk. Konsep galang dana induk sangat sederhana, ini seperti uang kas donasi dari para #OrangBaik. Donasi yang terkumpul di galang dana induk tidak hanya untuk membiayai projek di bawah BTS Army Indonesia, namun juga dari Army lainnya yang sudah memiliki galang dana. 

Jika kamu tak ingin repot-repot memilih galang dana yang ingin kamu bantu, kamu bisa berdonasi ke galang dana induk. Hasil donasimu akan kami salurkan ke projek galang dana yang membutuhkan. 

Sementara, donasi langsung ke galang dana Army, berarti hasil donasi akan langsung disalurkan ke campaign Army yang kamu pilih. 

Q: Apakah ada biaya yang dikenakan?
A: Semua projek galang dana yang kamu ajukan tidak dipungut biaya apapun. Jika nanti campaign kamu sudah launching dan berjalan, kamu hanya akan dikenakan biaya administrasi sebesar 5%. Biaya ini akan langsung dipotong dari donasi online yang terkumpul di halaman galang dana kamu. Biaya administrasi berlaku untuk semua campaign, kecuali kategori zakat dan kategori bencana alam atau keadaan yang ditetapkan sebagai bencana oleh pemerintah. Selengkapnya tentang biaya administrasi.

Q: Bagaimana cara berdonasi di btsarmyindonesia.com?
A: Langkah-langkah berdonasi melalui btsarmyindonesia.com:
(1) Klik tombol “Donasi Sekarang” di galang dana yang kamu pilih.
(2) Masukkan nominal donasi
(3) Pilih metode pembayaran 
(4) Segera transfer sesuai nominal jika menggunakan Transfer Bank & Virtual Account

Q: Berapa donasi yang bisa saya berikan di btsarmyindonesia.com?
Minimal donasi di btsarmyindonesia.com adalah Rp 10.000. Tentu kamu juga bisa berdonasi dengan nominal di atas Rp 10.000.
A: Jika kamu menggunakan aplikasi Kitabisa, kamu bisa berdonasi membantu galang dana yang ada di Barengbareng.com mulai Rp 1.000. Kamu bisa download aplikasi Kitabisa dengan klik: aplikasi.kitabisa.com 

Pendaftaraan

Q: Siapa saja yang bisa mengajukan projek galang dana di btsarmyindonesia.com?
A: Siapapun yang merupakan fans BTS, baik atas nama individu/personal (contoh: atas nama individu) maupun kelompok/gerakan dari suatu fanbase army (contoh: dari @btsarmyina.project)

Q: Project atau galang dana apa saja yang bisa kamu ajukan?
A: Kamu bisa ajukan project galang dana untuk kebutuhan non-medis ataupun medis. 

Berikut ketentuan mengajukan galang dana di btsarmyindonesia.com:

  • Galang dana non-medis

Kamu bisa mengajukan galang dana untuk campaign projek sosial yang mengatasnamakan member BTS. Campaign ini bisa dilakukan dalam rangka birthday fundraising member BTS, anniversary BTS, rilis lagu/comeback BTS, launching album BTS, dan perayaan lainnya. Contoh: “Ultah Jimin untuk Support Rumah Singgah Kanker”, “Rayakan Anniversary BTS dengan Tanam 10.000 Pohon”, dll.

  • Galang dana medis

Kamu bisa mengajukan galang dana untuk campaign membantu sesama Army yang sedang sakit dan terkendala biaya berobat. Contoh: “Bantu Bunga, Army di Solo Lawan Kanker Tulang”, dll.

Q: Apakah saya bisa mengajukan galang dana untuk diri sendiri melalui btsarmyindonesia.com?
A: Selama jenis galang dana yang kamu ajukan tidak melanggar ketentuan yang ada di btsarmyindonesia.com, kamu bisa mengajukan galang dana untuk diri sendiri. Misalnya, kamu bisa mengajukan galang dana untuk biaya pengobatanmu atau biaya sekolah/kuliah. 

Q: Apakah saya bisa mengajukan galang dana untuk membantu orang lain?
A: Bisa. Selama jenis galang dana yang kamu ajukan tidak melanggar ketentuan yang ada di btsarmyindonesia.com, kamu bisa mengajukan galang dana untuk membantu orang lain.
Contoh: Kamu bisa mengajukan galang dana untuk membantu dhuafa, lansia, atau orang kurang mampu lainnya untuk memenuhi kebutuhannya. 

Q: Adakah jenis galang dana yang tidak bisa saya ajukan?
A: Ada. Kamu tidak boleh mengajukan galang dana untuk pelunasan hutang, politik praktis, dan untuk keperluan tersier (selengkapnya dapat dilihat di poin E-1.2)

Q: Bagaimana cara mengajukan galang dana di btsarmyindonesia.com?
A: Langkah-langkah mengajukan galang dana:
(1) Klik tombol “Ajukan Galang Dana”
(2) Baca tata cara pengajuan galang dana
(3) Isi formulir pengajuan galang dana
(4) Formulir yang sudah kamu isi akan di-review oleh tim btsarmyindonesia.com
(5) Pengajuan yang lolos seleksi akan dihubungi oleh tim btsarmyindonesia.com dalam jangka waktu maksimal 7 hari. 

Q: Bagaimana cara agar galang dana saya terpilih?
A: Galang dana yang terpilih adalah galang dana yang memenuhi syarat berikut:

  1. Melengkapi isian formulir dengan detail
  2. Menuliskan Rancangan Anggaran Biaya (RAB) dengan rinci
  3. Aktif di sosial media
  4. Memiliki tujuan galang dana yang jelas dan dapat dibuktikan
  5. Menyertakan BTS (atau salah satu member BTS) dalam projek galang dana yang diajukan
  6. Memiliki data dan informasi yang lengkap terkait penerima galang dana.

Pendanaan

Q: Apakah setiap pengajuan galang dana akan diberikan bantuan?
A: Tidak semua pengajuan galang dana akan dipilih dan diberi bantuan.

Pemilihan pengajuan galang dana berdasarkan hasil pengecekan formulir pengajuan galang dana dan hasil pengecekan tim btsarmyindonesia.com. Pengajuan galang dana yang terpilih akan menjadi halaman galang dana di Kitabisa.com dan dapat ditampilkan di halaman btsarmyindonesia.com. Setelah menjadi halaman galang dana dan ditampilkan di btsarmyindonesia.com, maka setiap orang yang ingin berdonasi dapat berdonasi untuk membantu. 

Q: Galang dana seperti apakah yang akan mendapatan bantuan?
A: Galang dana dengan penerima bantuan yang jelas, luas (terkhusus untuk non-medis) atau yang bersifat mendesak (medis). Semakin lengkap informasi tentang galang dana, penerima bantuan galang dana, serta keaktifan kamu sebagai penggalang dana di sosial media, maka akan semakin besar peluang kamu untuk dipilih oleh tim btsarmyindonesia. Jumlah bantuan yang diberikan tergantung dari masing-masing projek galang dana dan kesediaan dana di campaign induk BTS ARMY INA PROJECT.

Promosi di Saluran-Saluran Kitabisa dan Proses Pendanaan

Q: Bagaimana halaman campaign saya bisa ditampilkan di saluran-saluran Kitabisa?
A: Setelah galang danamu terpilih dan terverifikasi, kamu berhak untuk ditampilkan di saluran-saluran Kitabisa. Salah satunya adalah partner page #BTSARMYINDONESIA.

Q: Jika berhasil terpilih menerima bantuan, bagaimana pendanaan akan diproses?
A:  Pendanaan akan dilakukan setelah kontrak pendanaan yang disiapkan Kitabisa telah ditandatangani bersama (tim Kitabisa dan dirimu).

Q: Berapakah besaran dana yang dapat diterima?
A: Besaran dana yang diterima akan disesuaikan dengan skala bantuan, kebutuhan projek galang dana, serta ketersediaan dana. Untuk itu, pastikan RAB yang ada di proposal menggambarkan dengan jelas kebutuhan galang danamu.

Q: Apa yang harus dilakukan setelah pendanaan diberikan?
A: Kamu harus menyalurkan dana sesuai RAB dan melampirkan dokumentasi bukti penyaluran dana tersebut. Penyaluran harus di-update di campaign di bagian “Kabar Terbaru”.

Untuk pertanyaan lebih lanjut, silakan hubungi:
[email protected]
(+62) 857-7646-8865 (Whatsapp)

Comments are closed.