Tentang Kitabisa

FAQ #CelenganBantuanWarga

#CelenganBantuanWarga merupakan program pendanaan dari halaman campaign kitabisa.com/danadaruratcovid19 yang diinisiasi oleh Arief Muhammad dan Tiara Pangestika (Tipang), untuk membantu warga yang terdampak pandemi COVID-19.

Halaman penggalangan donasi: halaman galang dana yang terdaftar di platform Kitabisa sebagai wadah pendanaan atau donasi atas bantuan yang diajukan.

Pertanyaan Umum

Q: Apa yang membedakan pendaftaran galang dana lewat #CelenganBantuanWarga dengan pendaftaran galang dana seperti biasa di Kitabisa?
A: Dengan mendaftar melalui #CelenganBantuanWarga, kamu berpotensi untuk mendapatkan pendanaan dari halaman campaign kitabisa.com/danadaruratcovid19 sesuai skala bantuan dan tujuan galang danamu.

Pendaftaran

Q: Siapa saja yang dapat mendaftaar di #CelenganBantuanWarga?
A: Ada tiga kategori yang dapat mendaftar di #CelenganBantuanWarga:

  1. Diri sendiri (contoh: pelajar, pelaku usaha, dsb)
  2. Orang lain (contoh: untuk bantu keluarga/kerabat/kelompok yang membutuhkan)
  3. Komunitas/gerakan (contoh: Komunitas Minat, Rumah Singgah, dsb).

Q: Kalau saya tidak punya akun yang terdaftar di Kitabisa, apakah tetap bisa mengajukan bantuan?
A: Bisa. Setelah penggalangan donasimu disetujui, Tim Kitabisa akan secara otomatis membuat akun sesuai dengan data diri yang kamu isi dalam formulir. 

Q: Bantuan seperti apakah yang dapat mendaftarkan diri di #CelenganBantuanWarga?
A: Kamu dapat mengajukan bantuan untuk kebutuhan seperti:

  1. Modal usaha
  2. Makanan dan sembako
  3. Biaya pendidikan
  4. Bantuan lansia
  5. Santunan untuk yatim piatu

Q: Bagaimana bantuan saya bisa disetujui untuk dibuatkan halaman penggalangan donasi?
A: Kamu dapat mengisi form pada tautan ktbs.in/celenganbantuanwarga secara lengkap dan jelas sesuai dengan pertanyaan yang diberikan. Jika jawaban kamu tidak sesuai dengan Panduan Pengguna dan Syarat & Ketentuan Kitabisa maka halaman penggalangan donasi kamu belum dapat disetujui. 

Q: Bagaimana saya tahu jika saya lolos seleksi?
A: Pendaftaran akan diproses oleh tim Kitabisa dalam waktu 5 hari kerja sejak kamu mengisi form pendaftaran. Jika kamu lolos, kamu akan mendapatkan pesan Whatsapp dari Kitabisa berupa informasi galang dana milikmu (username, password, & link galang dana). Penggalangan dana yang tidak disetujui tidak akan mendapatkan pemberitahuan.

Q: Apakah saya boleh mengajukan ulang jika belum lolos seleksi?
A: Jika penggalangan donasi tidak disetujui, kamu dapat mendaftar kembali dengan memperbaiki jawaban pada formulir pendaftaran.

Catatan Penting: Kamu akan mendapatkan pesan Whatsapp sesuai dengan nomor yang kamu submit saat pendaftaran bantuan penggalangan donasimu disetujui. Pesan tersebut akan berisi informasi akun (username & password) dan link galang dana yang dapat digunakan unutk log in dan keperluan galang dana lainnya. 

Contoh:

Username: Kitabisa
Password: 123456789
Link galang dana: kitabisa.com/celenganwarga

Halaman Galang Dana Live

Selamat! Halaman kamu sudah live dan dapat langsung mulai menggalang dana.

Q: Setelah lolos seleksi, selanjutnya apa yang harus dilakukan?
A: Edit halaman galang dana kamu sebaik mungkin agar donatur mudah memahami pengajuan bantuanmu. Kamu bisa mengedit halaman galang dana mu dengan log-in ke Kitabisa. Ikuti panduan edit galang dana dengan klik: link berikut

Q: Oke, setelah edit?
A: Setelah halaman galang dana berhasil diperbaiki, lakukan segera verifikasi akun agar halaman galang danamu semakin terpercaya dan dapat melakukan pencairan. Ikuti panduan verifikasi akun dengan klik: link berikut

Setelah itu, sebarkan seluas mungkin galang danamu dengan membagikan link halaman penggalangan donasi untuk membantu menambah pendanaan dari bantuan yang kamu ajukan. 

Q:  Kapan saya bisa mulai menggalang dana?
A: Setelah kamu lolos seleksi dan mendapatkan pesan Whatsapp berupa informasi galang dana, kamu dapat langsung memulainya!

Q: Apakah ada biaya terkait keterlibatan Saya di #CelenganBantuanWarga?
A: #CelenganBantuanWarga tidak melakukan penarikan biaya untuk pendaftaran dan proses seleksi halaman galang dana. 

Namun, seperti campaign di Kitabisa pada umumnya, berlaku platform fee sebesar 5% (kecuali untuk kategori zakat dan bencana) dari total donasi terkumpul dan payment processing fees. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

Q: Bagaimana cara saya bisa memperoleh banyak donatur dan donasi?
A: Sebarkan halaman galang danamu sebanyak-banyaknya kepada teman, saudara dan kenalanmu. Kamu bisa juga membaca Tips penggalangan dana dengan klik link berikut: Link Tips 1 dan Link Tips 2.

Q:  Apakah saya bisa mendaftarkan lebih dari dua bantuan?
A: Masing-masing peserta hanya boleh mengajukan satu bantuan untuk dijadikan halaman galang dana yang live di platform Kitabisa. Pendaftaran ulang hanya boleh dilakukaan saat bantuan sebelumnya tidak disetujui. 

Pendanaan

Q: Bagaimana caranya agar halaman campaign saya mendapatkan pendanaan di #CelenganBantuanWarga?
A: Kitabisa akan memilih halaman penggalangan donasi berdasarkan kriteria:

1. Kelengkapan cerita penggalangan donasi. 

2. Kelengkapan rincian anggaran berupa alokasi dana. 

3. Informasi profil penggalang dana dapat ditelusuri

4. Penggalang dana aktif menyebarkan sehingga mendapatkan donatur dan donasi

5. Akun terdaftar sudah terverifikasi

Selanjutnya, Kitabisa juga berhak meminta dokumen yang dapat memvalidasi kondisi penerima manfaat serta verifikasi langsung tatap muka terhadap penggalangan donasi tertentu dalam upaya terbaiknya melakukan proses pemilihan halaman galang dana yang mendapat pendanaan.

Catatan: Kitabisa memiliki hak penuh untuk menentukan campaign mana yang mendapatkan bantuan atau tidak dari #CelenganBantuanWarga.

Q: Apakah semua bantuan akan didanai?
A: Saat ini tidak semua bantuan #CelenganBantuanWarga dapat didanai.

Bantuan yang akan didanai oleh Kitabisa adalah bantuan yang berhasil melewati tahap-tahap berikut:

  1. Submisi bantuan disetujui tim Kitabisa dan peserta mendapatkan pesan Whatsapp berupa informasi galang dana yang telah live. 
  2. Halaman galang dana tersebut berjalan aktif dan memperoleh donasi.
  3. Halaman galang dana tersebut lolos verifikasi dokumen atau verifikasi langsung tatap muka oleh Tim Kitabisa, jika diperlukan.

Catatan: bantuan yang telah lolos tahap ketiga akan dipublikasikan dalam partner page Bantuan Warga berikut ini

Q: Apa saja yang harus saya persiapan agar lolos verifikasi dokumen atau verifikasi langsung tatap muka? 
A: Berikut ini hal-hal yang perlu kamu siapkan agar proses verifikasi berjalan lancar: 

  1. Menyiapkan rencana rincian penggunaan dana yang berisikan: deskripsi kebutuhan, kuantitas/jumlah, harga, dan total biaya.
  2. Menyiapkan dokumentasi foto yang jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.
  3. Menyiapkan surat keterangan/domisili dari kantor kelurahan untuk pengajuan bantuan bagi diri sendiri, orang lain, maupun komunitas/organisasi; khusus untuk pengajuan bagi komunitas/organisasi, harap menyertakan surat keterangan/domisili yang menerangkan nama komunitas/gerakan dan nama ketua/pendiri.
  4. Menyiapkan data penerima bantuan (nama lengkap, alamat, dan KTP).
  5. Dokumen resmi lainnya yang menyesuaikan kondisi penggalangan donasi dan penerima manfaat.

Tenang! Tim Kitabisa akan memberimu kabar sebelum verifikasi langsung dilakukan agar kamu bisa menyiapkan diri. Setelah verifikasi langsung, hasil verifikasi langsung dikirim melalui Whatsapp. 

Q: Berapakah nominal pendanaan yang bisa diterima?
A: Halaman penggalangan donasi yang terpilih dapat menerima pendanaan maksimal sebesar Rp10 juta yang akan disesuaikan berdasarkan skala dan tujuan galang donasi.

Q: Kapan saya akan mendapatkan pendanaan?
A: Peserta yang lolos verifikasi akan menandatangani Surat Kontrak Pendanaan (SKP) dan menerima pendanaan maksimal 5 hari setelah dinyatakan lolos verifikasi langsung tatap muka.

Q: Bagaimana jika bantuan tidak berhasil melalui verifikasi langsung tatap muka?
A: Pencairan dari dana yang didapatkan dari penggalangan dana bisa dilakukan secara mandiri, namun tidak akan mendapatkan pendanaan tambahan dari #CelenganBantuanWarga.

Q: Apa yang harus dilakukan setelah pendanaan diberikan?
A: Kamu harus melakukan penyaluran donasi kepada penerima manfaat sesuai dengan deskripsi yang kamu berikan di halaman campaign. Campaigner wajib melakukan update terhadap proses penyaluran dana, maksimal 7 hari setelah tambahan dana dari #CelenganBantuanWarga diterima oleh campaigner. 

Promosi

Q: Bagaimana halaman campaign saya bisa ditampilkan di saluran resmi Kitabisa?
A: Setelah verifikasi langsung tatap muka oleh tim Kitabisa berhasil, kamu berhak untuk ditampilkan di saluran-saluran resmi Kitabisa. Salah satunya adalah partner page #CelenganBantuanWarga.

Untuk pertanyaan lebih lanjut, silahkan klik: ktbs.in/tanyabantuanwarga


bantuan dana

Comments are closed.