Tentang Kitabisa

FAQ Sedekah Makanan

Pertanyaan Umum

Q : Apa itu Sedekah Makanan? 
A : Sedekah Makanan ialah program pendanaan tambahan bagi penggalang dana Sedekah Makanan yang berbagi paket makanan atau sedekah sembako untuk Santri Tahfidz dan Anak Yatim di bulan Ramadhan. Pendaftaran dibuka tanggal 29 Maret 2021 sampai 7 Mei 2021.

Q : Siapa yang dapat ikut Sedekah Makanan?
A : Individu, Komunitas, dan Yayasan/Organisasi ber-NPWP

Q: Apa keuntungan menjadi penggalang dana Sedekah Makanan dibandingkan fitur Campaigner biasa?
A: Penggalang dana yang berhasil mengumpulkan donasi minimal Rp 3 juta dan 20 donatur akan mendapatkan pendanaan tambahan sebesar Rp 2 juta pada halaman galang dana dan jadi mitra penyaluran program Sedekah Makanan.

Q: Kenapa saya harus galang dana dahulu untuk mendapatkan donasi?
A: Karena dana yang kami dapat salurkan kepada mitra penyaluran untuk program ini terbatas.
Melalui program ini kami ingin membantu inisiatif berbagi makanan/sembako yang marak dilakukan oleh publik di bulan Ramadhan.
Penggalang dana terpilih akan bertindak sebagai mitra penyaluran dari donasi makanan/sembako yang dikelola oleh Kitabisa.com. 
Oleh karena itu Kitabisa berupaya mencari inisiatif publik yang serius & berkomitmen tinggi untuk menjadi mitra penyaluran kami. 
Menggalang dana adalah salah satu pembuktian bahwa calon mitra serius dan berkomitmen tinggi untuk menjalankan program bagi-bagi makanan/sembako kepada yang membutuhkan. 

Q : Apakah target penerima manfaat harus yatim, dhuafa, dan santri tahfidz?
A: Iya, karena dana donasi yang kami kelola untuk program ini memang diperuntukkan untuk penerima bantuan yang mencakup salah satu kategori:

  • Bantuan untuk yatim
  • Bantuan untuk santri tahfidz
  • Bantuan untuk dhuafa 

Q : Bagaimana galang dana saya bisa disetujui dan bisa dibuatkan halaman galang dana?
A : Kamu bisa mengisi form yang sudah disediakan  melalui tautan ini dengan menjawab sedetail mungkin setiap pertanyaannya untuk memudahkan tim Sedekah Makanan dalam seleksi galang dana. Kamu harus mengisi form dengan lengkap sesuai dengan pertanyaan yang diberikan. Halaman campaignmu tidak akan disetujui jika isianmu tidak jelas/sesuai

Q: Bagaimana saya tahu jika galang dana lolos seleksi?
A: Pendaftaran akan diproses dalam waktu 3 hari kerja sejak Anda mengisi form pendaftaran.
Jika dalam rentang waktu tersebut kamu disetujui oleh tim Kitabisa, maka Anda akan mendapatkan pesan Whatsapp yang berisikan informasi galang dana berupa: akun (username & password) dan link galang dana.
Jika dalam rentang waktu tersebut kamu tidak mendapat notifikasi apapun dari tim Kitabisa, artinya Anda belum lolos seleksi. 
Catatan:
– Pesan Whatsapp dikirim ke nomor yang Anda submit pada form pendaftaran. 
– Halaman galang dana Anda akan dibuatkan oleh tim Kitabisa.

Q: Setelah lolos seleksi selanjutnya apa?
A: Selamat! Halaman Anda sudah live dan dapat langsung mulai menggalang dana. 
Anda akan dipandu untuk menggalang dana melalui Fundraising Assistant (FA). Nantinya, FA akan memberikan konten yang bisa Anda sebarluaskan dan tips sukses menggalang dana

Q: Kapan saya bisa menerima dana bantuan jika donasi sudah Rp 3 Juta?
A: Setelah donasi pada halaman galang dana Anda sudah terkumpul minimal Rp 3 juta dan 20 donatur, Anda akan dihubungi oleh Tim Kitabisa.
Tim Kitabisa akan menjelaskan kepada Anda bagaimana sistem pendanaan halaman galang dana Anda.

Q: Apakah semua mitra mendapatkan dana bantuan?
A: Tidak. Hanya 125 mitra pertama yang sudah mendapat donasi minimal Rp 3 juta dan 20 donatur pada halaman galang dana.

Q : Apa yang menjadi objek penilaian dari program ini?
A : 125 campaigner yang terpilih dan berhasil mengumpulkan donasi minimal Rp 3 juta dan 20 donatur akan menjadi mitra penyaluran program dan berhak mendapatkan pendanaan tambahan pada halaman galang dana.

Q : Sampai kapan program ini berlangsung?
A : Program sedekah makanan berlangsung selama ramadhan 2021. Pendaftaran program ini ini dimulai dari tanggal 29 Maret – 25 April 2021, pencairan dan penyaluran bagi peserta yang lolos 26 April- 9 Mei, dan batas akhir masa penggalangan dana selama bulan Ramadhan ialah 9 Mei 2021.

Q : Apakah ada biaya untuk mengikuti program ini? 
A : Sedekah Makanan tidak menerapkan biaya apapun, termasuk biaya pendaftaran dan penggalangan dana. 
Namun, sesuai dengan ketentuan penggalangan dana di Kitabisa, berlaku platform fee sebesar 5% (kecuali untuk kategori zakat dan bencana) dari total donasi terkumpul. Selengkapnya bisa dibaca di sini.

Q : Bagaimana cara saya bisa mendapatkan banyak donatur dan donasi?
A : Kamu bisa sebarkan halaman galang dana secara efektif melalui sosial media dan lainnya atau ikuti tips berikut melalui link ini

Q : Apakah saya bisa mengisi ulang galang dana saya jika saya tidak lolos seleksi pendaftaran?
A : Bisa. Dengan cara mendaftar kembali dan menjawab dengan lengkap pertanyaan-pertanyaan di form dengan jelas dan sesuai.

Q : Apakah saya bisa mendaftarkan lebih dari dua jenis program sedekah makanan?
A : Tidak. Masing-masing peserta hanya bisa mendaftarkan satu program Sedekah Makanan untuk dijadikan halaman galang dana di Kitabisa.

Insentif Bantuan Pendanaan

Q : Bagaimana agar halaman galang dana dapat didanai?
A : Halaman galang dana yang akan didanai oleh Kitabisa adalah program  yang berhasil melewati tahap-tahap berikut:

1. Submisi penggalang dana disetujui Tim Kitabisa, akun telah terverifikasi dan peserta mendapatkan pesan Whatsapp berupa informasi galang dana.

2.  Galang dana harus menyertakan RAB program Sedekah Makanan dan lolos verifikasi program Sedekah Makanan

3. Galang dana tersebut termasuk menjadi 125 campaigner terpilih yang mendapatkan donasi minimal Rp 3 juta dan 20 donatur selama periode program Sedekah Makanan berlangsung.

4. Akun galang dana tersebut memiliki riwayat penggalangan dana yang baik jika pernah menggalang dana di Kitabisa sebelumnya.

Catatan: Campaign yang telah lolos tahap ketiga akan dikumpulkan dalam partner page berikut ini. https://galangdana.kitabisa.com/partners/mitrapenyebarkebaikan 

Q : Bagaimana cara lolos verifikasi RAB ?
A : Setelah kamu berhasil menjadi 125 campaigner terpilih yang mendapatkan donasi minimal Rp 3 juta dan 20 donatur, maka tim Sedekah Makanan akan langsung menghubungi untuk proses verifikasi berkas.

Berikut ini hal-hal yang perlu kamu siapkan agar proses verifikasi berjalan lancar: 

  1. Menyiapkan Rencana Anggaran Biaya, lihat di sini 
  2. Menyiapkan surat keterangan/domisili dari kantor kelurahan untuk peserta individu. Surat keterangan/domisili dari kantor kelurahan harus menerangkan bahwa peserta individu benar berdomisili di alamat tersebut. 
  3. Menyiapkan surat keterangan/domisili dari sekolah/kampus/kantor kelurahan untuk peserta komunitas/gerakan. Surat keterangan/domisili harus menerangkan nama komunitas/gerakan dan nama ketua/pendiri.
  4. Menyiapkan data penerima bantuan (nama lengkap, alamat kegiatan penyaluran, dan pekerjaan/aktivitas sehari-hari).

Q : Berapakah nominal pendanaan yang bisa diterima?
A : Untuk setiap halaman galang dana yang lolos sesuai ketentuan, nominal yang diberikan sebesar Rp 2 Juta.

Q : Kapan saya akan mendapatkan pendanaan?
A : Peserta yang lolos dan telah terverifikasi RAB akan menandatangani Surat Perintah Kerja (SPK). Penyaluran dana akan dilakukan secara paralel sesuai dengan hasil peserta yang lolos dan tanggal pelaksanaan program.

Q: Apa yang harus dilakukan setelah pendanaan program Sedekah Makanan diberikan?
A: Kamu harus melakukan penyaluran sesuai dengan deskripsi dan tanggal pelaksanaan program yang kamu berikan di halaman galang dana. Tim Kitabisa akan bantu mendampingi pencairan dana dan penyaluran bantuan.

Q : Bagaimana jika galang dana kami tidak berhasil lolos pendanaan?
A : Galang dana tetap bisa dibuka, namun tidak bisa mendapat pendanaan dari program ini. Donasi yang masuk tetap bisa dicairkan sesuai dengan syarat dan ketentuan Kitabisa pada umumnya. Lihat di sini 

Untuk pertanyaan lebih lanjut, silahkan hubungi:

(+62) 856-9584-5508 (Whatsapp)

Syarat dan Ketentuan

  • Syarat peserta yang dapat berpartisipasi dalam program sedekah makanan:
  1. Peserta sudah memiliki akun galang dana yang terverifikasi di Kitabisa.
  2. Peserta memiliki riwayat penggalangan dana yang baik jika pernah menggalang dana di Kitabisa sebelumnya;
  3. Penggalangan dana ini ditujukan hanya untuk sedekah makanan selama bulan ramadhan tahun 2021;
  4. Penerima manfaat dari penggalangan dana  ini adalah santri Tahfidz, anak yatim dan dhuafa;
  5. Jika galang dana disetujui oleh Kitabisa dan tayang. Peserta wajib menyebarkan halaman galang dananya melalui Jalur pribadi (Japri – bukan hanya broadcast ke grup) di Whatsapp, Line, atau BBM agar halaman galang dana milik Anda sukses. Berikut ini ketentuan mengenai cara menyebarkan galang dana di Kitabisa, lihat disini.
  6. Peserta wajib melakukan penyaluran kepada penerima manfaat sesuai tujuan galang dana.
  • Program Sedekah Makanan ini akan berlangsung dari tanggal 29 maret 2021 sampai dengan 29 April 2021.
  • Untuk  125 campaigner pilihan yang sudah mendapatkan donasi minimal Rp 3 juta dan 20 donatur akan diberikan donasi tambahan dari Kitabisa langsung pada halaman galang dana selama periode program berlangsung. Pemberian donasi tambahan hanya diberikan untuk program Sedekah Makanan saja.
  • Setiap penggalang dana yang berhasil mengumpulkan donasi minimal Rp 3 juta dan 20 donatur bersedia untuk dihubungi oleh Tim Kitabisa melalui nomor WhatsApp yang tercantum untuk kemudian dapat dibantu pendanaan pada halaman galang dananya.
  • Setiap individu atau entitas yang sama hanya dapat terdaftar sebagai satu penggalang dana.
  • Larangan bagi peserta program Sedekah Makanan :
  1. Peserta tidak diperbolehkan dengan sengaja melakukan donasi pada halaman galang dananya sendiri yang sedang dikompetisikan dengan menggunakan email buatan sebagai akun untuk berdonasi. 
  2. Peserta dilarang melakukan pemalsuan data penerima manfaat dari program galang dananya.
  3. Peserta tidak diperbolehkan melakukan perbuatan yang merugikan peserta lain.
  • Apabila peserta terindikasi melakukan pelanggaran berdasarkan larangan yang ada di atas, Tim Kitabisa akan melakukan tindakan-tindakan sebagai berikut:
  • Tim Kitabisa akan menghubungi peserta via WhatsApp dan email untuk meminta konfirmasi;
  • Tim Kitabisa akan melakukan mediasi akan memberikan arahan lebih lanjut kepada peserta untuk tidak lagi melakukan pelanggaran tersebut.
  • Dalam hal peserta tetap tidak melakukan perbaikan atas pelanggaran dan tetap melakukan pelanggaran tersebut, maka Tim Kitabisa akan memberikan peringatan kepada peserta melalui email yang terdaftar di Kitabisa;
  • Jika peserta tetap melakukan pelanggaran dalam kurun waktu 2 (dua) minggu setelah mendapatkan peringatan maka penggalangan dana tidak bisa dilanjutkan dan Kitabisa berhak untuk menghentikan akun sementara. Apabila hal ini terjadi, maka tim Kitabisa berhak untuk mengalihkan dana donasi yang telah terkumpul, ke halaman galang dana Kitabisa untuk disalurkan ke program #Bisamakan kitabisa.com/campaign/bisamakan.
  • Tim Kitabisa mengawasi secara ketat seluruh penggalangan dana program ini, dan kami dapat mendeteksi apabila penggalang dana melakukan pelanggaran yang merugikan peserta lain dan atau Kitabisa. 
  • Pemenang akan diinfokan melalui  sedekahmakanan.kitabisa.com dan akan dihubungi oleh Kitabisa melalui (+62) 856-9584-5508.
  • Ketentuan yang dibuat oleh Kitabisa bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  • Hati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Kitabisa.

Comments are closed.

Qurban Online Kitabisa