Gaya Hidup Tak Sehat Bisa Sebabkan Tumor Mata

Tumor mata atau yang lebih umum disebut dengan kanker mata adalah gangguan kesehatan berupa tumbuhnya sel-sel tumor ganas pada retina. Penyakit ini terjadi akibat pertumbuhan sel yang tidak terkendali dan bisa menjangkiti satu atau kedua mata penderita.

 

Penyebab Tumor Mata

radiasi hp sebabkan tumor mata

Mutasi gen pada jaringan mata diketahui menjadi penyebab utama terjadinya penyakit ini. Pada kondisi normal, sel tubuh secara teratur akan membelah diri untuk mengganti sel-sel yang sudah rusak/mati. Pada proses ini terdapat gen yang bertugas mengatur dan mencegah agar sel tidak membelah diri secara liar dalam jumlah yang berlebihan.

Nah, perubahan DNA pada gen akan memengaruhi perkembangan sel dan jaringan di area mata. Hasilnya, sel diproduksi dalam jumlah berlebihan sehingga menyebabkan timbulnya tumor atau kanker. Selain mutasi gen, penyebab tumor mata juga bisa karena faktor lain, yaitu:

  1. Paparan Sinar UV

    Beberapa riset menduga bahwa paparan sinar UV dan cahaya lampu dapat memicu terjadinya kanker mata. Mereka yang bekerja di bidang yang berhubungan dengan penyinaran seperti tukang las juga berisiko menderita melanoma.
    Untuk menghindarinya, gunakan kacamata hitam atau kacamata anti-sinar matahari ketika sedang beraktivitas di luar ruangan.

  2. Melihat Layar Terlalu Lama

    Kebiasaan melihat layar ponsel, TV, atau monitor komputer dalam jangka waktu yang lama ternyata juga dapat menyebabkan kanker mata. Hal ini dipicu oleh iritasi akibat mata yang tidak refleks berkedip secara teratur.
    Selain tidak menatap layar terlalu lama, usahakan untuk membuat jarak aman antara mata dengan gadgetmu minimal 30 cm.

  3. Jarang Dibersihkan

    Meski terkesan sepele, menjaga kebersihan mata ternyata bisa jadi salah satu cara mencegah tumor pada indra penglihatan kita, lho. Mata yang tidak dibersihkan akan menjadi sarang kotoran, menyebabkan infeksi, dan memicu timbulnya sel kanker.

  4. Pemakaian Kosmetik

    Jangan salah, kosmetik juga bisa menjadi salah satu penyebab kanker, lho. Penggunaan alat-alat kecantikan di bagian mata seperti eyeshadow, maskara, bulu mata imitasi, dan sebagainya yang sudah kedaluwarsa atau tidak dibersihkan secara menyeluruh dapat menyebabkan iritasi dan infeksi yang menjadi salah satu faktor risiko kanker mata.

  5. Makanan Kaleng

    Terlalu sering mengonsumsi makanan kaleng juga bisa menjadi pemicu tumor mata. Makanan kemasan semacam ini berpotensi mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat mengganggu DNA dalam tubuh. Nah, perubahan DNA inilah yang menyebabkan munculnya sel-sel abnormal penyebab kanker.

 

Penyebab Bawaan Tumor Mata

Selain pola hidup yang kurang sehat, tumor mata juga berhubungan erat dengan karakteristik bawaan semacam:

  • Kondisi turunan semacam perubahan DNA
  • Orang berkulit putih lebih rentan terkena kanker yang dapat menyebar sampai ke mata
  • Orang dengan mata berwarna terang (biru, hijau, abu) karena jumlah pigmen sedikit yang tidak cukup untuk melindungi mata dari bahaya sinar UV.
Baca juga:
Tumor Mata, Pengertian, Gejala, dan Cara Pencegahannya
Perbedaan Tumor Ganas dan tumor Jinak

 

Gejala Tumor Mata

gejala tumor mata

Tumor mata tidak selalu disertai benjolan. Gejala-gejala yang umum dirasakan penderita adalah:

  • Penglihatan kabur
  • Buta total atau parsial
  • Melihat kilatan cahaya, garis bengkok, bercak, atau bayangan
  • Pembengkakan pada kelopak mata

Kamu bisa bantu mereka yang membutuhkan biaya pengobatan tumor mata atau penyakit lain dengan cara berdonasi di Kitabisa. Untuk berdonasi, klik gambar di bawah ini!

bantu biaya rumah sakit