Kesehatan

Gejala Kanker Otak yang Menyebar ke Paru-paru

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Kanker otak adalah pertumbuhan sel-sel yang tidak normal di dalam otak. Walaupun pertumbuhan sel-sel itu lebih dikenal dengan tumor otak, tidak semua tumor otak merupakan kanker. Tumor otak yang menjadi kanker adalah tumor yang ganas (malignant). Karena seperti kita ketahui, tumor ada yang bersifat jinak dan ada yang ganas. Dengan kata lain, kanker otak merupakan nama lain untuk tumor ganas di otak.

Tumor ganas ini tumbuh dan menyebar secara agresif, mengalahkan sel-sel yang sehat dengan cara mengambil tempat, darah, dan nutrisi dari sel-sel sehat itu. Sama seperti semua sel dalam tubuh kita, sel-sel tumor pun membutuhkan darah dan nutrisi untuk mempertahankan hidupnya.

 

Faktor Penyebabnya Kanker Otak

gejala kanker otak stadium awal

Kanker otak dapat terjadi dari beberapa faktor, menurut penelitian yang dilakukan di Washington University School of Medicine mengungkapkan bahwa pria lebih rentan terserang kanker otak dan jauh lebih berbahaya dibanding wanita. Hal tersebut terjadi karena protein retinoblastoma (RB) yang mampu mengurangi risiko kanker, secara signifikan kurang aktif bekerja di sel otak laki-laki. Selain itu faktor lain yang mempengaruhi yaitu saat memasuki usia senja, sering terkena paparan radiasi, dan dapat terjadi karena faktor keturunan.

 

Gejala Kanker Otak

gejala kanker otak stadium awal

Gejala kanker otak sangat beragam dan sering kali dianggap sebagai tanda penyakit lain, dalam beberapa kasus, kanker otak baru diketahui setelah pasien meninggal dunia. Maka dari itu sangatlah penting untuk mengetahui gejala awal kanker otak, beberapa diantaranya yaitu:

  • Seperti orang terkena stroke.
  • Muntah berkali-kali tanpa sebab yang jelas.
  • Mata kabur tanpa sebab, terutama jika hanya satu sisi saja.
  • Sering mengantuk.
  • Sering kejang.
  • Mengalami sakit kepala yang berbeda dari biasanya.

 

Cara untuk Mencegah Terjadinya Kanker Otak

Kanker dapat dicegah dengan mengkonsumsi makanan sehat. Anda bisa mencoba memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung proxeronin dan antioksidan dan menjauhi makanan yang dapat memicu kanker. Terapkan selalu pola hidup sehat, tidak mengkonsumsi rokok dan berolahraga teratur adalah salah satu upaya yang bisa dilakukan.

banner_donasi_biaya_pengobatan

 

Cerita Nada Melawan Kanker Otak

gejala kanker otak stadium awal

Nada Izzati Syauqina (4), warga Desa Pagelaran, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten Pandeglang mengidap penyakit kanker otak dan paru-paru. Kondisi ini sangat dikeluhkan keluarga lantaran tipe kanker ini ganas dan sangat cepat penyebarannya. 
Nada mengalami kanker otak sejak akhir tahun 2017 atau awal tahun 2018 lalu. Mulanya Nada mengalami perubahan fisik. Kaki dan tangan kanan Nada terlihat lemas seperti terkena stroke. Saat itu keluarga membawa Nada ke dokter syaraf dan kemudian setelah itu kami diminta melakukan MRI (Magnetic Resonance Imaging). Ternyata di bagian otak sebelah kiri sudah tumbuh kanker.

Melihat hasil MRI itu, dokter merujuk Nada ke rumah sakit kanker Dharmais untuk operasi besar, dan sesuai arahan dokter, operasi besar untuk Nada pun dilakukan. Namun, pasca operasi mata Nada tidak dapat melihat sampai saat ini, kaki dan tangan kanannya pun masih lemas. berdasarkan hasil CT Scan Thorax, sel kanker di tubuh Nada tumbuh kembali di tempat berbeda.

 

Bantuan untuk Kesembuhan Nada

Kanker yang kini tumbuh lagi sudah menyebar dan hampir menutupi paru-paru sebelah kanan dan ada sedikit yang menyebar ke paru-paru bagian kiri Nada. Keluarga Nada pun hanya dapat berharap ada keajaiban serta bantuan pemerintah dan uluran tangan para dermawan untuk membantu biaya pengobatan demi kesembuhan anaknya.

Saat ini Nada rutin melakukan kemoterapi, proses penyembuhannya jangka panjang, namun Nada membutuhkan dana untuk membiayai kemoterapi dan obat-obatan yang sebagian besar tidak ditanggung oleh BPJS. Dana yang didapat dari donatur akan digunakan untuk membayar biaya kemoterapi agar kondisi Nada dapat membaik. Melalui galang dana yang dibuat di Kitabisa, keluarga Nada berharap agar Nada bisa segera pulih.

Ditulis Oleh: Shelia Lauvita


Kamu juga bisa bantu para pejuang pasien kanker lainnya dengan cara berdonasi di Kitabisa atau Aplikasi Kitabisa. Dengan berdonasi, kamu bisa bantu meringankan biaya pengobatan mereka. Klik di sini! Bantuan dari Anda tentunya sangat berarti dan membantu para penderita penyakit berbahaya yang perlu penanganan secara tepat.

banner_donasi_biaya_pengobatan

Comments are closed.