Gejala, Penyebab, dan Pencegahan Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit kelainan progresif pada otak yang menyebabkan fungsi sel otak menurun dan mati. Kondisi ini umumnya menyerang orang tua dan sering dikaitkan dengan perkembangan pada otak.

Karena menyerang fungsi otak, penderita Alzheimer mengalami penurunan daya ingat dan fungsi kognitif lainnya. Kemampuan berpikir dan sosial penderitanya akan terus menurun karena kondisi sel otak yang juga terus memburuk. Penyakit Alzheimer umumnya mengalami kebingungan, disorientasi, kegagalan memori, gangguan bicara, dan demensia.

 

Apa Saja Gejala Penyakit Alzheimer?

Umumnya, tanda awal penyakit Alzheimer adalah kehilangan memori jangka pendek pada suatu peristiwa yang baru terjadi. Lama kelamaan, penderita mengalami kerusakan memori yang lebih parah, seperti kehilangan kemampuan untuk melakukan tugas sehari-hari. Berikut ini adalah gejala-gejala Alzheimer meliputi:

  1. Gangguan ingatan; seperti melakukan hal yang sama berulang, kesulitan menjelaskan suatu hal dan mengekspresikan pikirannya.
  2. Gangguan berpikir dan penalaran; contohnya kesulitan konsentrasi, serta kesulitan mengerjakan beberapa hal.
  3. Gangguan pada kemampuan perencanaan dan melakukan rutinitas.
  4. Perubahan perilaku; seperti apatis, depresi, dan sulit mengontrol emosi.

Penyebab Alzheimer

Penyebab penyakit Alzheimer belum diketahui secara pasti. Namun, beberapa penelitian menduga bahwa Alzheimer terjadi karena adanya pengendapan protein di dalam otak yang menyebabkan asupan nutrisi ke otak terganggu. Hal ini mengakibatkan sel otak menjadi rusak dan tidak berfungsi dengan normal. Pada akhirnya, beberapa bagian otak menyusut, terutama bagian otak yang mengontrol daya ingat atau memori.

 

Pencegahan Penyakit Alzheimer

Pola hidup sehat dapat mengurangi risiko seseorang mengalami Alzheimer. Beberapa pencegahan yang dapat dilakukan adalah:

  1. Olahraga secara teratur
  2. Diet dengan makanan yang segar dan rendah lemak
  3. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang
  4. Kurangi konsumsi makanan yang menyebabkan kolesterol dan tekanan darah tinggi
  5. Berhenti merokok

Jika kamu atau kerabatmu membutuhkan bantuan biaya pengobatan, jangan ragu untuk membuat galang dana di Kitabisa. Kami siap menghubungkanmu dengan jutaan #OrangBaik yang siap gotong royong membantumu.

Klik gambar untuk pelajari lebih lanjut tentang galang dana!

galang dana biaya pengobatan