Kisah Sukses

Guru Honorer di Banten Tidak Lagi Tinggal di WC Sekolah

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Bu Nining kini tak lagi tinggal di toilet sekolah. Guru honorer di Banten ini sudah tinggal di sebuah rumah kontrakan dan anak perempuannya bisa melanjutkan sekolah. Kebahagiaan ini tak lepas dari bantuan para #OrangBaik yang telah ikut membantu. 


Bu Nining adalah guru honorer di SDN Karyabuana 3, Cigeulis, Pandeglang, Banten. Ia bersama keluarganya terpaksa tinggal di WC sekolah karena tidak memiliki rumah. Selama 2 tahun, mereka tinggal di bekas WC sekolah tempat Bu Nining mengabdi yang telah dimodifikasi. Ruangan baru mereka tambahkan untuk kamar dan tempat berjualan jajanan sekolah. 

 

WC Bekas Jadi Satu-satunya Pilihan Bu Nining

guru tinggal di wc

Bu Nining sekeluarga sempat tinggal di sebuah rumah kos, namun kondisinya kurang baik dan beberapa kayu sudah lapuk sehingga bisa roboh kapan saja. Melihat ada bangunan yang tidak terpakai di area sekolah, Bu Nining meminta izin pihak sekolah untuk menggunakannya sebagai tempat tinggal sementara. Pihak sekolah awalnya melarang Bu Nining untuk tinggal di lingkungan sekolah, terlebih WC bekas. Namun, mereka akhirnya mengizinkan karena tidak ada lagi tempat untuk Bu Nining dan keluarganya tinggal. 

 

Pendapatan Sebagai Guru Honorer Tidak Mampu Memenuhi Kebutuhannya

bu nining guru honorer

Gaji sebagai guru honorer tidak cukup untuk menyewa rumah. Belum lagi kebutuhan sehari-hari dan biaya pendidikan sang anak yang harus dipenuhi oleh Bu Nining dan suaminya. Sementara itu, suami Bu Nining hanya bekerja serabutan dengan penghasilan tidak menentu. Untuk menambah pemasukan, Bu Nining berjualan di saat jam istirahat dan setelah kegiatan belajar mengajar selesai.  

Mengajar selama 15 tahun di sekolah belum cukup untuk membuat Bu Nining menjadi pengajar tetap. Ia berharap, gajinya sebagai guru bisa naik. Sayangnya, tahun demi tahun berlalu, status Bu Nining belum juga berubah. Ia ingin sempat berhenti dan menyerah, namun ketika mengingat kedua anaknya yang masih bersekolah, Bu Nining kembali semangat. 

 

Bantuan untuk Tempat Tinggal untuk Bu Nining dan Keluarga

bantuan guru honorer

Mengetahui kondisi Bu Nining yang tinggal di WC sekolah bersama keluarganya, tim Kompas.com mengajak pembacanya untuk membantu perjuangan Bu Nining dan meringankan bebannya. Lewat galang dana di Kitabisa, ribuan #OrangBaik berdonasi membantu Bu Nining miliki tempat tinggal.

rumah bu nining

Kini, Bu Nining bisa tinggal di rumah yang layak dan nyaman. Donasi yang terkumpul di galang dana Bu Nining digunakan untuk menopang roda kehidupan Bu Nining sekeluarga. Selain tempat tinggal, dana juga disalurkan kepada Bu Nining dalam bentuk modal usaha, yaitu warung, cuci steam, jasa cukur, dan bahan bakar eceran. Anak Bu Nining juga dapat melanjutkan sekolah dengan tenang karena donasi yang terkumpul telah direncanakan dapat digunakan untuk biaya sekolah anaknya sampai SMA.


Kamu bisa bantu wujudkan masjid lainnya dengan donasi via aplikasi Kitabisa. Download aplikasinya dengan klik di sini.

Comments are closed.