Topik

Hal yang Bisa Kamu Lakukan untuk Bantu Korban Gempa

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Indonesia adalah negara kepulauan yang terletak di antara lempeng Eurasia, Australia, dan Pasifik. Keberadaan lempeng-lempeng tersebut kerap kali bergeser sehingga rawan menimbulkan tumbukan yang berakibat gempa bumi. Tidak hanya meruntuhkan berbagai fasilitas umum dan bangunan, gempa bumi yang terjadi di Indonesia terkadang juga membawa dampak tsunami yang meluluhlantakkan semua yang ada di kawasan yang terkena bencana tersebut. Akibat yang ditimbulkan oleh bencana gempa bumi tersebut bukan hanya kerugian materi, tetapi juga memberikan dampak traumatis jangka panjang bagi para korban.

 

Gempa Bumi yang Akhir-akhir Ini Terjadi di Indonesia

aplikasi galang dana korban gempa

Beberapa bulan terakhir ini, gempa bumi sempat beberapa kali menggoncang beberapa kawasan di Indonesia. Getarannya cukup dahsyat sehingga meruntuhkan banyak bangunan dan menelan cukup banyak korban jiwa. Beberapa kawasan yang baru-baru ini dilanda gempa, di antaranya adalah Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Sumatera Barat.

 

Kondisi Para Pengungsi

aplikasi galang dana korban gempa

Setelah berbulan-bulan mengungsi di tenda darurat, kenyataannya hingga kini masih banyak pengungsi yang bertahan dan belum bisa kembali ke kampung halaman. Hal tersebut karena saat ini banyak di antara mereka yang tidak memiliki rumah. Tempat tinggal mereka sudah hancur akibat gempa bumi. Sementara itu, mereka belum memiliki cukup dana untuk membangun rumah kembali. Dengan kondisi serba terbatas, mereka hidup di tenda darurat bersama keluarga-keluarga lain. Dalam kondisi mental yang masih terguncang, mereka terpaksa menjalani hidup yang ada dari bantuan seadanya.

 

Fasilitas Umum di Pengungsian

aplikasi galang dana korban gempa

Bersama dengan para pengungsi lain, mereka yang tinggal di tenda-tenda darurat setiap hari menggunakan fasilitas umum yang ada dengan kondisi seadanya. Mereka juga harus mengantre panjang hanya untuk mandi atau menggunakan toilet bersama-sama. Di beberapa titik pengungsian, para pengungsi sulit mendapatkan air bersih. Selain itu, kondisi toilet yang ada pun tergolong tidak layak dan cukup memprihatinkan sehingga sebagian pengungsi memilih untuk pergi ke sungai. Hal tersebut tentu tidak baik bagi kesehatan mereka. Ada risiko gangguan kesehatan lain, seperti gangguan pencernaan dan kesehatan kulit, yang harus dihadapi para pengungsi.

 

Kebutuhan Para Pengungsi

aplikasi galang dana korban gempa

Para korban bencana gempa bumi saat ini sedang membutuhkan banyak bantuan. Mereka yang kini masih berada di tenda-tenda darurat sedang kekurangan pangan dan air bersih. Mereka juga membutuhkan toilet umum yang memadai, tenaga medis, obat-obatan, pakaian, kebutuhan bahan masakan, dan peralatan sekolah.

Untuk membantu para korban gemba bumi, Anda tidak harus langsung datang langsung ke lokasi bencana. Sebab, saat ini sudah ada aplikasi galang dana korban gempa di Kitabisa. Kitabisa adalah platform galang dana online tepercaya yang sudah tersertifikasi melalui Kementrian Hukum dan HAM. Hingga saat ini sudah ada ada ribuan penggalangan dana untuk membantu para korban bencana di Indonesia. Jika ingin berpartisipasi untuk memberikan bantuan atau melakukan galang dana korban gempa, Anda dapat membuka situs web Kitabisa atau melalui aplikasi Kitabisa yang dapat diunduh via ponsel pintar.

 

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk berbagi. Kitabisa memudahkan kamu untuk berbagi kepada sesama. Mari bantu mereka yang membutuhkan bantuan!

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons