5 Tips Memilih Layanan Paket Katering Aqiqah Terdekat

Hukum dari aqiqah sendiri adalah sunah muakkad, atau tergolong sunah yang harus diutamakan. Jadi, jika seorang muslim sanggup melakukannya sebab memiliki harta yang cukup, ia pun dianjurkan untuk melaksanakan aqiqah bagi anaknya.

Selain itu, kamu kini juga tidak perlu repot untuk menyiapkan sajian aqiqah. Pasalnya, sekarang tersedia layanan paket aqiqah anak yang bisa kamu pesan secara mudah. Meski begitu, hindari beberapa hal ini saat memilih layanan katering aqiqah. 

Paket Aqiqah

1. Memilih Jasa Katering Aqiqah yang Memiliki Review Jelek

Saat memilih paket katering aqiqah untuk buah hati tercinta, carilah review terkait lembaga yang menyediakan layanan tersebut. Biasanya, kamu bisa dengan mudah menemukan review pelanggan di internet. 

Selain mengeceknya di internet, jangan ragu untuk meminta masukan dari kenalan atau orang yang pernah memakai jasa katering aqiqah tersebut. Tanyakan bagaimana kualitas daging yang lembaga tersebut berikan kepada pelanggan mereka. 

Apakah penyedia layanan katering aqiqah itu terbukti menjalankan tata cara penyembelihan kambing secara syari? Bagaimana dengan proses pengantaran paket katering yang pelanggan pesan? Bila ternyata, hasil review yang kamu dapatkan terkait layanan katering aqiqah itu buruk, sebaiknya cari rekomendasi lain.

2. Memilih Layanan Paket Aqiqah yang Lokasinya Terlalu Jauh dari Rumah

Selanjutnya, hindari penyedia paket aqiqah yang lokasinya terlalu jauh dari rumah. Sebagus apa pun promo yang mereka berikan kepadamu, pertimbangkan layanan katering aqiqah yang lokasinya lebih dekat dengan rumah. 

Sebab jika lokasi penyedia katering terlalu jauh, kamu bisa jadi harus membayar ongkos antar yang lebih besar. Tidak cuma itu, lokasi katering yang terlalu jauh dari rumah bakal mempersulitmu untuk melakukan pengecekan terkait proses penyembelihan atau kualitas layanan yang mereka berikan.

3. Tidak Diperbolehkan Untuk Melihat Hewan yang Akan Disembelih

Apakah saat memesan paket aqiqah, kamu boleh masuk ke kandang kambing milik lembaga tersebut? Jika penyedia layanan katering aqiqah itu tidak memberi kamu izin untuk melakukannya, pertimbangkan jasa dari lembaga lain. 

Pasalnya, hal itu sangat penting untuk kamu lakukan. Dengan begitu, kamu dapat memastikan kualitas kambing yang digunakan untuk aqiqah. Apakah kambing untuk aqiqah si kecil benar-benar sehat dan tidak catat? Kamu tentu hanya bisa mengetahuinya dengan melihat secara langsung kambing yang akan disembelih. 

4. Belum Tersertifikasi 

Jangan hanya tergiur dengan paket aqiqah harga miring. Namun, pastikan pula bahwa lembaga yang kamu pilih memang sudah tersertifikasi. Pasalnya, jika kamu sembarangan memilih, kamu bisa saja tertipu jasa aqiqah yang belum mengantongi sertifikasi halal dan sebagainya. 

Untuk itu, lakukan sedikit riset ketika hendak memilih jasa katering aqiqah anak. Selain sertifikasi halal, cek juga apakah lembaga tersebut sudah mengantongi sertifikasi laik hygiene sanitasi (SLHS). Sertifikasi ini menunjukkan bukti tertulis soal keamanan pangan, yang menyatakan adanya pemenuhan persyaratan kesehatan dan standar baku mutu untuk olahan pangan siap saji. 

5. Tidak Menyediakan Detail Pembayaran dan Pengantaran yang Jelas

Kini, banyak berseliweran iklan tentang penyedia paket aqiqah anak. Karenanya, kamu harus cermat saat memilih mana yang benar-benar amanah dan profesional. Salah satu cara untuk mengeceknya adalah dengan melihat detail pembayaran dan pengantaran yang mereka tawarkan.

Cek bagaimana proses pembayaran paket katering aqiqah yang kamu pesan. Metode pembayarannya seperti apa dan tersedia opsi apa saja. Lalu, pastikan juga soal pengantaran katering ke lokasimu. Tanyakan soal jadwal pengantaran dan apakah ada biaya tambahan yang mereka kenakan kepadamu. 

Jika ternyata, setelah melakukan pengecekan terhadap detail pembayaran dan pengantarannya, kamu menemukan beberapa kejanggalan. Pertimbangkan untuk mencari layanan jasa katering aqiqah dari lembaga lain yang lebih tepercaya. 

Demikian beberapa hal yang perlu kamu hindari saat memesan layanan paket aqiqah. Sebaiknya, jadikan pula beberapa faktor di atas sebagai pertimbanganmu ketika menentukan kualitas layanan dari sebuah penyedia jasa katering aqiqah. 

Sebagai rekomendasi, kamu bisa memilih layanan paket katering aqiqah tepercaya dan profesional dari Aqiqah Warga. Layanan katering aqiqah ini tersedia untuk wilayah Jabodetabek. Tersedia pula layanan antar ke rumah atau yayasan. Jadi, kamu pun tidak perlu repot untuk mengambil pesanan ke lokasi lembaga tersebut.