Hal yang Perlu Kamu Persiapkan Sebelum Operasi Katup Jantung

Normalnya jantung manusia yang sehat akan memiliki katup jumlahnya empat. Masing-masing katup memiliki fungsi sendiri-sendiri meski secara umum adalah mencegah gangguan pada aliran darah.

Sayangnya, pada kondisi tertentu katup yang ada di jantung bisa mengalami kerusakan baik ringan atau fatal. Untuk mengembalikannya jadi normal, dokter spesialis harus melakukan operasi katup jantung sesegera mungkin.

 

Prosedur Operasi Katup Jantung

Secara umum ada dua jenis operasi yang dilakukan pada katup jantung. Pertama adalah operasi memperbaiki katup yang mengalami kerusakan. Operasi ini dilakukan dengan memperbaiki kebocoran atau mengembalikan fungsi otot.

Selain itu ada juga prosedur memperlebar katup yang terlalu sempit. Biasanya prosedur ini dilakukan dengan cara memasang semacam balon dengan saluran ke pembuluh darah. Cara ini sering disebut dengan nama valvuloplasty.

Cara kedua yang sering dilakukan pada operasi katup jantung adalah penggantian. Katup yang sudah rusak akan diganti dengan katup prostetik yang terbuat dari plastik atau logam. Selain itu ada yang diambil dari jaringan lain di tubuh.

 

Persiapan Operasi Katup Jantung

Ada beberapa persiapan yang harus dilakukan oleh pasien yang akan melakukan operasi agar semuanya berjalan dengan lancar.

  1. Mengikuti semua petunjuk dari dokter

    Ikuti semua petunjuk dari dokter terkait dengan apa saja yang boleh dan tidak boleh dilakukan. Misal dokter menyarankan pasien untuk lebih banyak istirahat dahulu. Ikuti anjurannya agar tidak menyebabkan masalah selama prosedur dilakukan. Beberapa pasien disarankan untuk opname selama 1 hari di rumah sakit agar kondisinya lebih terkontrol dan juga stabil.

  1. Menanyakan apa saja terkait operasi ke dokter

    Operasi yang dilakukan di organ jantung memang sangat berisiko. Itulah kenapa beberapa pasien disarankan untuk menanyakan apa saja terkait operasi. Jadi, selama prosedur dilakukan, pasien tidak akan merasa was-was dan selalu tenang.

  1. Saat operasi katup jantung, kondisi tubuh harus baik

    Pastikan semua kondisi tubuh sudah baik. Kalau ada masalah atau sakit lain, lebih baik disembuhkan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya gangguan selama prosedur sehingga risiko terjadi komplikasi akan besar.

  1. Mengatakan pada dokter kalau ada alergi dan lainnya

    Kalau memang ada alergi dengan sesuatu hal entah itu obat atau benda sesuatu, dokter harus diberi tahu. Dengan begitu, selama operasi dilakukan, dia dan tim tidak akan sembarangan menggunakan obat tertentu pada pasien.

  1. Melakukan puasa sebelum prosedur dilakukan

    Dokter selalu menganjurkan pasien untuk tidak makan dan minum sekitar 8-12 jam sebelum prosedur dilakukan. Kalau operasi dilakukan di pagi hari, pasien harus tidak makan sejak mereka akan tidur agar tidak terjadi masalah selama operasi.
    Sebelum operasi, ada baiknya mandi sampai bersih dengan sabun yang bisa membunuh bakteri dengan maksimal. Jadi, saat prosedur dilakukan, risiko mengalami infeksi akan kecil.

Operasi katup jantung memiliki manfaat yang besar pada penderita. Tanpa operasi, sirkulasi dari dari dan ke jantung akan terganggu. Sayangnya prosedur ini cukup menguras biaya dan tidak semua orang mampu mendapatkannya.

Nah, kalau kamu ingin menjadi donatur pembiayaan operasi katup jantung serta memperoleh manfaatnya juga, coba daftar ke program Saling Jaga dari Kitabisa. Selain itu, donatur yang ikut terlibat di dalam program juga akan mendapatkan manfaat yang sama. Misal donaturnya mengalami sakit kritis dan membutuhkan bantuan, sesama anggota bisa saling membantu.


Daftarkan diri dan keluarga di Kitabisa Saling Jaga sebagai perlindungan kesehatan penyakit kritis. Klik salingjaga.kitabisa.com atau klik gambar di bawah ini.

daftar Kitabisa Saling Jaga