Hikmah Sedekah Subuh Bagi Kebaikan Keluarga

Sedekah yang dilakukan pagi hari ternyata tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri, tetapi juga keluarga. Hikmah Sedekah Subuh antara lain mendatangkan kebaikan bagi penerima, pemberi, sekaligus orang-orang yang dekat dengan kehidupan si pemberi. Semakin banyak bersedekah, semakin melimpah berkah untuk keluarga pemberi.

Apa saja hikmah yang bisa didapat lewat sedekah? Inilah beberapa di antaranya.

1. Menjaga Kesehatan Orang Tua dan Anak

Kesehatan adalah harta berharga bagi siapa saja, lepas dari usia, status, dan latar belakang. Kamu pasti ingin agar orang tercinta, seperti orang tua dan anak, selalu sehat. Sedekah Subuh adalah salah satu cara menjaga kesehatan dengan mencari berkah dari perbuatan baik.

Subuh merupakan salah satu waktu utama untuk bersedekah karena adanya balasan berkali-kali lipat. Al-Bawarah ayat 261 menyebut bahwa Allah mengembalikan karunia sedekah dengan berlipat ganda, bagaikan sebutir benih yang menumbuhkan tanaman dengan tujuh bulir, dan masing-masing bulir mengandung 100 biji. Salah satunya bisa berupa anugerah kesehatan bagimu serta orang tercinta.

2. Membangun Masa Depan Anak dengan Harta yang Baik

Orang tua membutuhkan harta untuk membesarkan anak dan memberi mereka masa depan baik. Akan tetapi, pastikan harta tersebut bersih dan memberi berkah setiap kali digunakan. Selain memastikan harta tersebut halal, Sedekah Subuh bisa menjadi cara memberkahi harta agar memberi kebaikan bagi masa depan anak.

Salah satu hikmah Sedekah Subuh adalah hadirnya dua malaikat yang mendoakan harta pemberinya. Menurut Hadis Riwayat Bukhari, doa malaikat tersebut termasuk menambah rezeki bagi orang yang menyedekahkan hartanya. Hal ini tentu membawa kebaikan bagi harta yang kamu siapkan untuk masa depan anak.

3. Mengajarkan Amalan Baik pada Anak

Hikmah Sedekah Subuh bukan hanya soal rezeki dan limpahan rahmat, tetapi juga ajaran amal baik. Orang tua yang rajin menyisihkan uang atau berbuat baik demi keperluan sedekah bisa memberi contoh baik bagi anak. Hal ini karena anak mulai belajar dengan cara meniru perilaku orang di sekitarnya. Ketika si kecil melihatmu mengupayakan sedekah, mereka akan lebih mudah menirunya.

Contohnya, orang tua bisa menyampaikan tujuan menyisihkan uang di “kotak amal” di rumah kepada anak. Jika sedekahnya berupa perbuatan, misalnya memberi makan tukang sapu jalan atau melakukan street feeding untuk kucing liar, orang tua bisa menyampaikannya kepada anak atau bahkan melibatkan mereka. 

4. Mengajarkan Ilmu Manajemen Uang 

Sedekah adalah kegiatan menyisihkan harta pribadi secara sengaja untuk diberikan pada mereka yang berhak menerimanya. Hal ini membutuhkan manajemen keuangan agar ada keseimbangan dalam alokasi uang, misalnya antara belanja bulanan, pembayaran tagihan, kebutuhan pribadi, dan sedekah serta amalan lainnya. Orang tua bisa menggunakan Sedekah Subuh sebagai sarana mengajarkan manajemen uang pada anak.

Contoh nyatanya adalah menyiapkan kotak amal khusus di rumah, lalu tunjukkan pada anak cara menghitung uang dan menyisihkannya untuk sedekah. Ajari anak melakukan ini ketika mereka sudah mendapat uang jajan rutin. Uang ini bisa kamu sedekahkan secara langsung atau lewat Aplikasi KitaBisa. Jangan lupa tunjukkan buktinya pada anak agar mereka tahu manajemen uang tersebut membawa hasil.

5. Memberi Keberkahan pada Keluarga

Selain memberi bantuan pada yang berhak menerimanya, Sedekah Subuh juga membawa berbagai keberkahan pada si pemberi. Contohnya antara lain mengabulkan permintaan, membawa pertolongan saat kesulitan, memudahkan urusan, hingga menjaga kesehatan. Hal ini tentu berdampak baik pada seluruh keluarga. Sedekah yang kamu lakukan dengan tulus membawa keberkahan pada orang-orang terdekat.
Sedekah Subuh kini semakin mudah dilakukan. Selain melakukan beragam kebaikan untuk orang lain, kamu bisa mengunduh dan menggunakan Aplikasi KitaBisa untuk bersedekah secara praktis. Menggapai hikmah Sedekah Subuh bagi seluruh keluarga kini semakin mudah dengan aplikasi yang aman, mudah digunakan, dan terverifikasi. Jadikan kemudahan ini sarana untuk menciptakan keluarga yang lebih bahagia dan penuh rahmat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *