Hukum Apakah Sedekah Subuh Boleh Diberikan Kepada Orang Tua Dalam Islam

Sedekah, termasuk sedekah subuh, adalah amalan sunah yang memiliki pahala besar. Oleh karenanya, umat Islam berlomba-lomba untuk melakukan aktivitas berbagi kepada siapa saja. Tidak hanya kepada orang miskin, tetapi juga kepada keluarga seperti orang tua. Namun, apakah sedekah subuh boleh diberikan kepada orang tua? 

Pertanyaan seperti ini bakal sering muncul di kepala setiap muslim. Terlebih lagi, pemberian sedekah seharusnya ditujukan kepada penerima sedekah subuh yang paling tepat. Dengan begitu, kamu tidak hanya memperoleh banyak pahala. Namun, sedekah yang kamu berikan memiliki manfaat besar bagi penerimanya. 

Jawaban atas pertanyaan apakah sedekah subuh boleh diberikan kepada orang tua sebenarnya sangat sederhana. Boleh-boleh saja. Bahkan, sedekah subuh kepada orang tua tidak hanya bersifat sunah. Namun, pada kondisi tertentu hukumnya bisa wajib, apalagi orang tua kamu termasuk orang miskin dan tak punya penghasilan tetap. 

Penjelasan Ulama tentang Hukum Bersedekah Subuh kepada Orang Tua

Dalil yang berkaitan dengan pertanyaan apakah sedekah subuh diberikan kepada orang tua sangat banyak. Beberapa dalil tersebut di antaranya adalah: 

1. QS Al-Baqarah ayat 215

Ayat ini berbunyi: 

يَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنْفِقُونَ قُلْ مَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ خَيْرٍ فَلِلْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ وَمَا تَفْعَلُوا مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

Artinya: “Mereka bertanya tentang apa yang mereka infakkan. Jawablah: “Apa saja harta yang kamu infakkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan.”

2. Hadis Riwayat An-Nasai

إِنَّ الصَّدَقَةَ عَلَى الْمِسْكِينِ صَدَقَةٌ، وَعَلَى ذِي الرَّحِمِ اثْنَتَانِ صَدَقَةٌ وَصِلَةٌ

Artinya: “Sedekah untuk orang miskin, nilainya hanya sedekah. Sementara sedekah untuk kerabat, nilainya dua: sedekah dan silaturahim.”

Selain ayat Alquran dan hadis tersebut, masih banyak dalil lain yang menyebutkan kebolehan memilih orang tua sebagai penerima sedekah subuh. Terlebih lagi, kedua dalil tersebut memperlihatkan kalau penyebutan orang tua lebih dahulu dibandingkan golongan lain. Bahkan, kamu bisa memperoleh pahala ganda ketika melakukan sedekah subuh kepada orang tua. 

Kebolehan sedekah subuh kepada orang tua berlaku secara umum. Artinya, tidak hanya ketika kamu berstatus lajang, tetapi juga bagi mereka yang telah menikah. Termasuk di antaranya adalah seorang istri yang ingin melakukan sedekah untuk orang tuanya. Catatan penting, sedekah tersebut harus disertai dengan izin suami. 

Meski begitu, sedekah subuh kepada orang tua bukanlah yang paling utama. Imam Baghawi mengungkapkan, sedekah paling utama adalah kepada keluarga yang statusnya masih sebagai tanggungan. Contohnya adalah istri serta anak yang masih kecil. Setelah itu, kamu dapat memberikan sedekah untuk orang tua, keluarga, serta mertua. 

Uraian tentang keutamaan menjadikan orang tua sebagai penerima sedekah subuh tidak serta merta membuat kamu memilih untuk pelit kepada orang lain. Kamu juga perlu bijak untuk tetap memperhatikan orang-orang yang secara finansial mengalami kekurangan sebagai penerima sedekah. Terlebih lagi, mereka yang berstatus orang miskin, anak yatim, dan sebagainya. 

Oleh karena itu, kamu tetap perlu menyisihkan sebagian uang untuk sedekah subuh kepada orang lain. Kamu pun bisa memanfaatkan Aplikasi Kitabisa yang dapat membantu kamu melakukan aktivitas sedekah subuh dengan mudah dan sekaligus menyerahkannya kepada orang-orang yang butuh uluran tangan. 

Kamu bisa menginstal Aplikasi Kitabisa yang tersedia untuk platform Android dan iOS. Aplikasi ini telah dirancang sehingga mampu berjalan dengan lancar dan tidak memerlukan banyak memori. Jadi, kamu tidak perlu khawatir tak bisa bersedekah hanya gara-gara memiliki handphone dengan spesifikasi rendah. 

Lebih lanjut, kamu juga akan memperoleh keuntungan lain dari penggunaan Aplikasi Kitabisa untuk sarana sedekah. Kelebihan tersebut adalah fleksibilitas dalam menentukan jumlah yang yang bisa kamu sedekahkan. Aplikasi Kitabisa menyediakan opsi sedekah dengan nominal mulai dari Rp1.000. 

So, tunggu apa lagi? Yuk, instal Aplikasi Kitabisa dan mulai rutin bersedekah subuh!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *