Keutamaan dan Hukum Baca Alquran Digital

Membaca Alquran, merupakan salah satu kegiatan yang dianjurkan selama bulan Ramadhan, tak terkecuali baca Alquran digital. Membaca Alquran di saat menahan lapar dan dahaga akan diganjar dengan kebaikan berlipat ganda. Selain mendapat pahala, kamu juga akan meraih rida dan pertolongan Allah SWT di hari kiamat.

Keutamaan Baca Alquran, Terutama Saat Bulan Ramadhan 

Kendati membaca Alquran dapat dilakukan setiap waktu, terdapat banyak keistimewaan yang akan kamu dapatkan apabila melakukannya di bulan Ramadhan. 

Pahala Berlipat

Di dalam Al-qur’an terkandung banyak kebajikan. Bahkan, Rasulullah Saw bersabda bahwa siapa pun yang membaca satu huruf Alquran akan mendapatkan sepuluh kebaikan. Makin rutin kamu membaca Alquran, makin besar pahala yang akan didapatkan. 

Derajat Diangkat

Tak hanya menjanjikan pahala berlipat, Allah SWT juga akan mengangkat derajat hamba-Nya yang senantiasa melantunkan ayat Alquran sekaligus mempelajari dan mengamalkan isi yang terkandung di dalamnya. 

Hidup Lebih Tenang

Dalam surah Al-Isra ayat 82, Allah SWT berfirman bahwa Alquran diturunkan sebagai penawar serta rahmat bagi orang beriman dan menambah kerugian bagi orang zalim. Allah SWT menurunkan Alquran bukan hanya sebagai pegangan bagi umat muslim, melainkan juga penyembuh penyakit kejiwaan. Rutin membaca Alquran dapat menjernihkan pikiran dan menenangkan jiwa. Alhasil, hidup akan lebih tenang dan berkah. 

sedekah di aplikasi kitabisa

Mendapat Syafaat di Hari Kiamat

Baca Alquran digital maupun fisik di bulan Ramadhan secara rutin tak hanya menumbuhkan kecintaan mendalam terhadap Allah SWT dan Rasulullah SAW, melainkan juga membuat kamu mendapatkan syafaat atau pertolongan di hari kiamat nanti.  

Memperkuat Iman Islam

Tak dapat dimungkiri bahwa setiap orang akan mendapatkan ujian sesuai dengan kemampuannya. Terkadang, cobaan yang diberikan oleh Allah SWT menggoyahkan iman Islam. Ketika kamu didera masalah bertubi-tubi, biasakanlah membaca Alquran beserta artinya. Hal ini sangat efektif memperkuat iman Islam, menghilangkan rasa was-was dan cemas, serta membuat kamu lebih ikhlas menjalani kehidupan. 

Rumah Didatangi Malaikat

Di bulan Ramadan, Allah menyeru hamba-Nya untuk memperbanyak amal saleh, seperti sedekah subuh dan membaca Alquran. Ketika kamu melantunkan ayat suci, malaikat akan datang ke rumah untuk mendoakan. Rumah yang didatangi malaikat akan terasa lebih sejuk, tenang, dan terasa luas sehingga penghuninya merasa nyaman dan bersahaja. 

Diberi Tempat Terbaik

Allah SWT akan memberi tempat terbaik bagi siapa saja yang membaca Al-Qur’an dan menghafalnya. Kelak di hari akhir, orang-orang yang mencintai Alquran akan dikumpulkan bersama malaikat pencatat yang patuh dan selalu berbuat kebaikan.  

Hukum Membaca Alquran Digital 

hukum baca alquran digital

Di era teknologi, membaca kalam Allah SWT makin mudah berkat adanya Alquran digital. Sebagian besar ulama sepakat bahwa baca Alquran digital adalah mudah atau diperbolehkan. Tata membaca Alquran secara digital sama dengan fisik, yakni kamu harus menyucikan diri dengan air wudhu terlebih dahulu. 

Hal tersebut diterangkan dalam surah Al-Waqi’ah ayat 79 yang menyebut bahwa, “Tidak menyentuhnya (Alquran), kecuali orang-orang yang telah disucikan.” Dalam bukunya “Kitab Nihatuz Zain”, Imam Nawawi Al Jawi menjelaskan bahwa seluruh benda yang di dalamnya tercantum ayat Alquran, seperti papan, tiang, tembok, atau lainnya sama dengan Alquran fisik. Penjelasan ini memperkuat hukum diperbolehkannya membaca Alquran dengan catatan kamu suci dari hadas kecil maupun besar. 

Jenis-Jenis Alquran Digital

Kehadiran Alquran digital makin memudahkan kamu membaca ayat suci di mana pun berada. Beberapa jenis Alquran digital yang dapat kamu pilih, antara lain:

  • Aplikasi Alquran – kamu bisa mengunduh dan menginstal aplikasi ini di ponsel pintar. Selain Alquran 30 juz, tersedia doa dan murottal yang memudahkan kamu menghafal ayat suci. 
  • Website Alquran – di website ini, kamu bisa membaca Alquran sekaligus belajar mengenai Islam lebih dalam.
  • Boneka Hafiz – bagi kamu yang ingin membaca dan menghafalkan Alquran, boneka ini akan membantu kamu. Boneka hafiz dapat kamu beli di toko maupun secara online
  • Radio Alquran – melalui radio kamu akan mempelajari banyak hal, mulai dari membaca Alquran, arti dan tafsirnya, serta sejarah dan perkembangan Islam.

Di bulan suci Ramadhan, kamu bisa meraih pahala sebanyak-banyaknya dengan rutin membaca Alquran. Selain itu, kamu juga bisa sempurnakan ibadah dengan bersedekah.

Saat ini, sedekah bisa dikerjakan secara mudah. Mulai dari sedekah subuh, membuat takjil untuk berbuka puasa, atau membagikan makanan untuk tetangga. Semuanya bisa dilakukan melalui satu aplikasi, yaitu aplikasi Kitabisa.

Demikianlah informasi mengenai keutamaan baca Alquran digital di bulan Ramadhan yang perlu kamu ketahui. Bersama Kitabisa, jadilah hamba Allah SWT yang berhati lembut, peduli sesama, dan bermanfaat! Tunggu apa lagi? Yuk, install aplikasi Kitabisa sekarang! 

sedekah di kitabisa