Sedekah

Hukum Sedekah Online dan Hadisnya yang Perlu Diketahui

Di zaman yang serba modern ini, segala sesuatunya dilakukan secara daring melalui internet termasuk bersedekah. Menanggapi perubahan gaya bersedekah yang semakin maju ini, telah hadir aplikasi sedekah online Kitabisa, yang banyak dilirik oleh umat Islam di Indonesia.

Selain menawarkan kemudahan, praktis, juga rasa aman dan tepercaya, inilah yang membuat tidak sedikit kaum muslim percaya pada aplikasi Kitabisa. Pasalnya, keamanan dianggap hal utama saat seseorang ingin menyalurkan dananya untuk berdonasi bagi orang yang membutuhkan. Entah itu donasi untuk pendirian pesantren, pembangunan masjid, menyumbang kaum duafa, hingga membantu pasien penyakit tertentu yang kurang mampu.

 

Hukum Sedekah Online

Sebagian masyarakat mulai melontarkan pertanyaan, apakah sedekah atau zakat online ini diperbolehkan dalam Islam? Bagaimana hukum sedekah online ini serta hikmah dari sedekah atau zakat online ini?

 

  • Pemberi Sedekah atau Zakat Tidak Harus Bertemu Langsung dengan Penerima  Sedekah atau Zakat

    Menurut Syaikh Yusuf Al-Qardhawi, “Seorang pemberi zakat tidak harus menyatakan secara eksplisit kepada penerima zakat bahwa dana yang ia berikan adalah zakat. Oleh karena itu, apabila seorang pemberi zakat tanpa menyatakan kepada penerima zakat bahwa uang yang ia serahkan adalah zakat, maka zakatnya tetap sah.”
    Arti dari pernyataan tersebut adalah seseorang dapat memberikan sedekah atau zakatnya  kepada lembaga penerima zakat secara online tanpa harus bertemu langsung dengan penerima zakat.

 

  • Rukun Bersedekah atau Berzakat adalah Niat

    Sementara menurut Ustad Abdul Somad rukun berzakat adalah niat dan akad yang diucapkan adalah sunah. Oleh karenanya jika tidak ada akad secara langsung amalan sedekah atau zakat tidak akan gugur.
    Sebaliknya, saat seseorang akan menyalurkan sedekah atau zakat secara online harus memerhatikan lembaga atau individu target atau penerima zakatnya. Ini disebabkan sedekah online tidak berinteraksi secara langsung dengan penerima zakat. Oleh karenanya, hal ini penting untuk memastikan bahwa penerima zakat adalah amanah.

 

  • Online hanyalah Sebuah Metode Transaksi

    Ustad Zul Ashfi, S.S,I, LC, menyatakan bahwa saat seorang pemberi zakat telah memiliki niat untuk membayar zakat, hukumnya adalah sah. Pasalnya online hanyalah semacam  transportasi yang dipakai seseorang untuk dapat menyalurkan zakatnya. Selanjutnya, zakat tersebut sampai pada amil ataupun langsung pada penerima.
    Jadi, saat seseorang telah berniat menyalurkan zakat secara online, lalu dia menerima laporan. Laporan zakat ini menjadi pengganti akad. Jadi, akad bukan merupakan syarat sahnya zakat, sebaliknya yang dianggap lebih penting yaitu mengucapkan niat dalam hati saat akan menunaikan zakat.

 

Hikmah Sedekah Online

Saat menyalurkan sedekah secara online memang akan timbul jarak antara pemberi sedekah dan penerimanya. Namun, kondisi ini tidak mengurangi nilai sedekah melainkan justru sebaliknya akan lebih baik karena Allah menyukai amalan yang tidak riya’. 

Nah, demikianlah penjelasan tentang hukum sedekah online beserta hadis pendukungnya. Jika kamu berniat untuk sedekah online, segera kunjungi situs Kitabisa yang telah terbukti keabsahannya sebagai lembaga penyalur zakat yang tepercaya.  


Sempurnakan ibadah  dengan cara berbagi kebaikan melalui Kitabisa. Sedekah dan zakat di Kitabisa dengan klik gambar di bawah inibanner_donasi_sedekah

Recent Posts

<strong>Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa</strong>

Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa

Bingkisan Sehat adalah salah satu program dari Kitabisa yang men-support para Pejuang Sembuh melalui pemberian…

3 days ago
<strong>Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga</strong>

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga Kamu tertarik datang ke Festival Warga Bantu…

1 week ago
<strong>Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus</strong>

Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus

Kampusmu memiliki berbagai program kegiatan sosial dan ingin berkolaborasi dengan Kitabisa? Jangan khawatir, Kitabisa siap…

1 week ago
Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Halo #OrangBaik, Kitabisa menghadirkan fitur baru untuk kamu yang ingin memberikan kado/hadiah kepada orang tersayang.…

1 week ago
Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Apa itu Program “Paket Data untuk UMKM Melek Digital”Sebuah program untuk membantu memberikan bantuan pembelian…

2 weeks ago
Voluntrip By Kitabisa

Voluntrip By Kitabisa

Apa itu Voluntrip? Voluntrip adalah program yang diadakan oleh Kitabisa untuk mewadahi masyarakat umum yang…

3 weeks ago