Mau ikut Asuransi Jiwa, Harus Mulai dari Mana?

Saat kamu sudah memutuskan buat ikut asuransi jiwa, kamu sudah mulai satu langkah baik untuk melindungi keluargamu. Asuransi jiwa akan bermanfaat untuk memastikan orang terkasih bisa terus melanjutkan hidup saat kamu tutup usia. Karena kita tidak bisa memprediksi kapan kita harus meninggalkan keluarga tercinta.

Lalu kapan saat yang tepat untuk mulai ikut asuransi jiwa?

Kamu bisa mulai ikut asuransi jiwa sedini mungkin, karena kita bisa berpulang kapan saja. Untuk itu, lebih baik punya dulu meskipun manfaat perlindungannya kecil dibanding tidak punya sama sekali. Kamu juga bisa pertimbangkan usia dan kesehatanmu saat memutuskan ikut asuransi jiwa, karena itu akan memengaruhi besaran kontribusimu.

Langkah awal mulai ikut asuransi jiwa

Untuk mulai ikut asuransi jiwa, kamu bisa mulai dari punya dulu perlindungan yang sesuai kemampuan keuangan saat ini. Tapi kalau kondisi keuanganmu lebih stabil, kamu bisa mulai dengan menghitung jumlah dana yang ingin disiapkan saat kamu tiada. Caranya dengan jawab pertanyaan ini,

  1. Apa kamu sudah punya tabungan pendidikan untuk anak? Kalau belum, berapa jumlah dana yang masih diperlukan agar anak bisa lulus kuliah?

2. Berapa pengeluaran bulanan keluargamu saat ini? Ini bisa jadi dasar berapa banyak dana darurat yang diperlukan untuk keluarga dapat hidup sehari-hari jika kamu tiada

3. Apa kamu punya hutang atau cicilan yang belum lunas? Kalau punya, berapa jumlah yang perlu disiapkan untuk melunasinya saat kamu tutup usia?

Selanjutnya, kamu bisa mulai mencari-cari manfaat asuransi jiwa yang besaran manfaatnya sesuai dengan yang kamu butuhkan. Selain itu, kamu juga wajib pastikan penyedia asuransi tersebut sudah terdaftar di OJK dan AAJI.

Nah, kalau kamu butuh asuransi jiwa yang kontribusinya lebih terjangkau, kamu bisa pilih perlindungan jiwa murni. Karena perlindungan jiwa murni hanya bertujuan untuk perlindungan saja tanpa ada fungsi lain seperti tabungan maupun investasi.

Hal terpenting adalah pastikan kamu punya perlindungan dulu

Persiapan untuk mulai ikut asuransi jiwa memang penting, tapi yang paling penting adalah kamu punya perlindungan dulu buat jaga-jaga. Untuk mulai ikut, kamu bisa pilih perlindungan yang kontribusinya sesuai kemampuan keuanganmu dan sanggup kamu keluarkan rutin per tahun.

Saat ini, Kitajaga juga menyediakan perlindungan jiwa murni dengan santunan sampai Rp 1 miliar dengan kontribusi mulai Rp280 ribu/tahun yang bisa kamu pilih sesuai besaran manfaat dan kemampuanmu.

Tertarik buat ikut Kitajaga? Yuk, klik gambar di bawah buat cari tahu lebih lanjut tentang indahnya gotong royong saling menjaga sesama anggota di Kitajaga!