Kisah Sukses

Implan Koklea Agar Khayra Bisa Mendengar

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Khayra menderita kerusakan koklea yang membuatnya tidak bisa mendengar. Satu-satunya cara agar Khayra bisa mendengar adalah dengan melakukan implan koklea. 

Berkat bantuan para OrangBaik, Khayra berhasil implan koklea dan kini bisa mendengar panggilan sayang ayah dan ibunya.

Masalah pada telinga Khayra dimulai sejak dirinya dalam kandungan. Ia menderita kerusakan koklea yang kemungkinan besar disebabkan sang ibu teridentifikasi Rubella ketika mengandung dirinya. Penyakit ini menyebabkan Khayra tidak bisa mendengar dan harus melakukan proses pembedahan implan koklea.

 

Gangguan Pendengaran, Khayra Harus Implan Koklea

pemasangan koklea

Awalnya, orang tua Khayra menganggap anaknya tumbuh dengan normal seperti bayi pada umumnya. Namun, di usia 1 tahun 4 bulan, muncul kekhawatiran orang tua karena Khayra belum bisa mengucapkan “Mama” dan “Papa”. 

Setelah diperiksakan ke dokter THT (Telinga Hidung Tenggorokan), ditemukan masalah pada telinga dalam Khayra yang ternyata tidak berfungsi. Seharusnya, koklea dalam telinga mengubah bunyi dari getaran mekanik menjadi sinyal untuk diteruskan ke otak. Namun, koklea Khayra tidak dapat berfungsi dengan baik. 

Untuk memastikan kondisinya lebih lanjut, Khayra juga menjalani Tes BERA (Brainstem Evoked Response Audiometry). Tes ini bertujuan untuk melihat respon otak setiap kali mendengar suara yang dihasilkan oleh mesin. Dari pemeriksaan itu, Khayra diketahui hanya bisa mendengar atau merespon suara di atas 110dB atau setara dengan bunyi pesawat terbang. Itu artinya, selama ini Khayar belum pernah mendengar suara ayah dan ibunya, serta suara percakapan sehari-hari lainnya. 

 

Apa itu Gangguan Pendengaran?

Gangguan pendengaran adalah kondisi dimana terdapat masalah pada sistem pendengaran manusia. Masalah tersebut membuat otak tidak mampu menerima atau memaknai rangsangan yang diterima dari pendengaran koklea. Biasanya, gangguan pendengaran pada anak sulit diketahui oleh orang tua karena pada saat itu anak belum bisa berkomunikasi dengan baik. Gangguan ini kemungkinan besar akan disadari oleh orang tua ketika sang anak belum bisa berbicara dengan lancar. 

 

Penyebab Gangguan Pendengaran

Terdapat beberapa hal yang menyebabkan terjadinya masalah pada pendengaran pada anak. Umumnya, gangguan ini dipengaruhi oleh kondisi mereka saat masih dalam kandungan atau saat bayi. Beberapa penyebab gangguan pendengaran antara lain:

  1. Sang ibu mengalami infeksi saat mengandung, contohnya infeksi bakteri atau virus
  2. Penggunaan obat-obatan oleh ibu saat hamil
  3. Bayi memiliki kelainan tulang atau tengkorak
  4. Trauma lahir yang dapat menyebabkan retaknya tulang telinga atau pecahnya gendang telinga
  5. Riwayat infeksi telinga

 

Pemasangan Implan Koklea

Salah satu cara untuk menangani gangguan pendengaran adalah implan koklea. Implan koklea merupakan operasi penanaman alat bantu di belakang telinga yang dilakukan jika tingkat gangguan sangat berat. Dengan implan koklea, penderita gangguan pendengaran memiliki kemungkinan besar untuk dapat mendengar dan memahami ucapan. 

Implan koklea berfungsi untuk mengirim impuls langsung ke saraf pendengaran, yang kemudian akan membawa sinyal suara ke otak. Alat ini dapat membantu seseorang untuk bisa mendengar suara secara hampir normal dan bisa mengerti ucapan tanpa membaca bibir. Anak-anak yang mempunyai masalah pendengaran dan menggunakan implan dapat mengembangkan kemampuan bahasanya sebanding dengan anak-anak yang pendengarannya normal. Hal itu disebabkan karena perkembangan bicara anak sangat erat kaitannya dengan proses perkembangan pendengarannya. 

Pemasangan implan membutuhkan persiapan dan proses yang cukup panjang. Tentunya, biaya yang dibutuhkan untuk pemasangan alat ini tidaklah sedikit. Inilah mengapa orang tua Khayra sempat kesulitan dan khawatir akan kesembuhan sang buah hati.

 

Implan Koklea Agar Khayra Bisa Mendengar

Dokter menyarankan Khayra untuk implan koklea untuk menangani masalah pendengaran yang dialaminya. Namun, orang tua Khayra tidak bisa memenuhi biaya pemasangan alat yang mencapai ratusan juta. Melihat kondisi Khayra, sahabat dari orang tua Khayra, Denisa, berinisiatif untuk menggalang dana di Kitabisa

galang dana kitabisa

Dalam waktu 24 jam, ratusan orang telah berdonasi di galang dana Khayra. Tak hanya berdonasi, para OrangBaik juga bantu menyebarkan halaman galang dana ke media sosial sehingga makin banyak orang yang tahu tentang galang dananya. Berkat bantuan OrangBaik, Khayra berhasil melakukan operasi pemasangan implan koklea. Setelah menjalani beberapa terapi, Khayra kini bisa mendengar dan mulai berbicara. 

View this post on Instagram

“Seperti keajaiban, saya akhirnya bisa lihat Khayra nyaut dan senyum pas saya panggil namanya,” Greysinta Lahami, ibunda Khayra. . Karena kokleanya tak berfungsi, Khayra tak bisa mendengar sejak lahir. Kedua orang tuanya baru mengetahui keadaan tersebut saat Khayra berusia satu tahun. Khayra belum bisa bilang ‘mama-papa’ dan tidak merespon ketika diajak berbicara. . Satu-satunya cara agar Khayra sembuh adalah implan koklea. Namun, saat itu, kedua orang tuanya tak punya cukup biaya. Ratusan #OrangBaik pun tergerak untuk donasi bantu Khayra memalui Kitabisa. . Beberapa waktu lalu, Khayra akhirnya bisa dioperasi. Setelah menjalani berbagai terapi turin, Khayra kini bisa mendengar dan mulai berbicara. “Sekarang ia sudah bisa bilang pupu (susu), papa, apu uwa yiya (satu dua tiga) dan babau (Allahu Akbar),” kata ibunya bahagia. . Semua ini bisa terwujud berkat kebaikanmu, para donatur. . Seperti Khayra, orang terdekatmu yang membutuhkan pun bisa mendapatkan bantuan biaya pengobatan. Kamu bisa membuatkan galang dananya di Kitabisa dengan cara kirim pesan WhatsApp ke nomor 0896 8491 3460 (Ardo) atau klik: ktbs.in/konsultasikitabisa . Yuk kita kirim salam kita untuk Khayra. Ketik “Khayra ❤❤❤” di kolom komentar. . #koklea #implankoklea #galangdana #kitabisa #orangbaik

A post shared by Kitabisa (@kitabisacom) on

Orang tua Khayra sangat berterima kasih atas bantuan para OrangBaik yang telah berdonasi dan membantu Khayra agar bisa mendengar panggilan kedua orang tuanya.


Seperti teman orang tua Khayra, kamu juga bisa bantu keluarga, teman, atau kerabat yang sedang berjuang untuk sembuh dan butuh biaya pengobatan dengan cara galang dana di Kitabisa. Klik gambar di bawah ini!

Comments are closed.