Infaq dan Shadaqah untuk Yatim Dhuafa

Perbedaan infaq dan shadaqah terkadang membingungkan umat Islam. Meskipun berbeda, keduanya dapat diberikan untuk menyantuni yatim dan dhuafa. Islam menempatkan anak yatim dalam posisi yang sangat istimewa. Seluruh umat Islam diwajibkan untuk menyantuni anak yatim yang miskin. Dalam ajaran  Islam, anak yatim mendapat beberapa bagian, baik dari fai’ (harta musuh yang diambil tanpa perang terlebih dahulu) dan ganimah (harta rampasan perang). Selain itu, anak yatim juga mendapat bagian dari infaq dan sedekah. Keterbatasan finansial membuat anak-anak yatim tak dapat menikmati indahnya makanan yang layak.

Dalam islam, manfaat infaq dan sedekah kepada anak yatim sangatlah banyak. Jangan takut miskin karena mengeluarkan infaq dan sedekah, justru dengan berinfaq dan bersedekah rezeki akan semakin melimpah dan lancar. Karena itu merupakan salah satu janji Allah bagi hamba yang senantiasa menjalankan perintah-Nya. Seperti dalam surat Al-Baqarah ayat 215 yang berbunyi:

يَسْأَلُونَكَ مَاذَا يُنْفِقُونَ ۖ قُلْ مَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ خَيْرٍ فَلِلْوَالِدَيْنِ وَالْأَقْرَبِينَ وَالْيَتَامَىٰ وَالْمَسَاكِينِ وَابْنِ السَّبِيلِ ۗ وَمَا تَفْعَلُوا مِنْ خَيْرٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيم

Artinya : Mereka bertanya tentang apa yang mereka nafkahkan. Jawablah: “Apa saja harta yang kamu nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan orang-orang yang sedang dalam perjalanan”. Dan apa saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahuinya. (QS : Al-Baqarah ayat 215).

 

Berinfaq dan Bersedekah Bersama Yayasan Mufakat Al Banna Indonesia

perbedaan infaq dan shadaqah
Sumber: Yayasan Mufakat Al Banna Indonesia

Yayasan Mufakat Al-Banna Indonesia menerima amanah dalam penyaluran dana infaq yang dititipkan, melalui program bidang sosial untuk membantu para penerima manfaat (PM) menjadi mandiri, sehat dan berdaya. Program santunan berupa paket sembako akan disalurkan tiap bulannya demi pemanfaatan infaq yang diamanahkan untuk yatim dan dhuafa dengan tepat sasaran. Selain itu Yayasan Mufakat Al Banna Indonesia juga mengadakan beberapa program lainnya diantaranya ; penyediaan ifthar dan sepaket nasi bungkus, alat sholat untuk yatim dan dhuafa, dan paket lebaran untuk keluarga yatim dan dhuafa.

Dengan berinfaq dan bersedekah kepada anak yatim bisa menjadi peluang amal bagi kamu untuk menjadi orang tua asuh mereka yang insyaallah akan senantiasa didoakan oleh ribuan anak yatim.

 

Perbedaan Infaq dan Shadaqah

perbedaan infaq dan shadaqah

Merujuk kepada Undang-undang Republik Indonesia No. 23 Tahun 2011 tentang pengelolaan zakat, bahwa pengertian infaq adalah harta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum. Sedangkan pengertian sedekah adalah harta atau nonharta yang dikeluarkan oleh seseorang atau badan usaha di luar zakat untuk kemaslahatan umum. Yang membedakan infaq dan sedekah terletak pada batasan yang diberikan. Infaq hanya terbatas pada amalan berupa harta, sementara sedekah cakupannya lebih luas seperti memberikan senyuman, menyingkirkan batu dari jalan, dan sebagainya.

banner_donasi_sedekah

 

Keutamaan Berinfaq dan Bersedekah Kepada Anak Yatim

perbedaan infaq dan shadaqah

Keutamaan infaq dan sedekah kepada anak yatim sangatlah banyak. Karena, sedekah jariyah merupakan salah satu amalan yang tidak akan pernah terputus. Berikut ada beberapa keutamaan berinfaq dan bersedekah kepada anak yatim, diantaranya adalah :

  1. Dapat menghapus dosa
  2. Akan mendapatkan naungan pada hari akhir
  3. Memberi keberkahan pada harta
  4. Allah melipatgandakan pahala
  5. Terdapat pintu surga
  6. Akan menjadi bukti keimanan seseorang
  7. Dapat membebaskan dari siksa kubur.
  8. Dapat mencegah pedagang melakukan maksiat dalam jual-beli
  9. Pahala sedekah terus berkembang
  10. Menjauhkan diri dari api neraka

Dapat diambil kesimpulan bahwa artikel mengenai infaq dan sedekah kepada anak yatim di atas diharapkan bisa membantu memudahkan dalam mempelajari serta memahami.

 

Dituliskan Oleh: Samantha Widya


Itulah beberapa penjelasan tentang infaq dan sedekah kepada anak yatim dan dhuafa yang perlu diketahui. Kamu dapat mulai berinfaq dan bersedekah melalui Kitabisa atau bisa juga melalui Aplikasi Kitabisa di Google Play Store atau App Store. Melalui Kitabisa, kamu bisa berbagi dengan cepat dan mudah. Yuk mari kita berinfaq dan  bersedekah dari sekarang di Kitabisa!banner_donasi_sedekah