Ingin Hidup Lebih Baik? Laksanakan Amalan Subuh Ala Syekh Ali Jaber

Subuh adalah salah satu waktu terbaik untuk melakukan amalan baik bagi umat Muslim. Selain membawa pahala besar, amalan Subuh bisa melatihmu menjadi pribadi ikhlas dan tangguh karena berhasil melawan godaan tidur untuk beribadah. Empat amalan Subuh Syekh Ali Jaber bisa kamu lakukan untuk melatih diri sebagai pelaku ibadah sekaligus membuat hidup lebih baik.

Apa saja amalan Subuh tersebut?

1. Salat Sepertiga Malam

Salat sepertiga malam atau Tahajud adalah salat sunah dengan kedudukan istimewa. Keutamaan salat sunah ini bahkan disebut di dalam beberapa ayat Al-Qur’an, seperti Surah Al-Isra’ dan As-Sajdah. Orang yang rajin salat Tahajud akan mendapat pahala, derajat yang lebih tinggi sebagai umat di mata Allah, serta penghapusan dosa-dosa.

Salat Tahajud juga bagus untuk melatih diri agar selalu merenung dan introspeksi. Karena dilakukan pada sepertiga malam, kamu bisa salat di dalam suasana yang relatif tenang dan gelap. Suasana yang bagus untuk merenungi hal-hal yang telah kamu lakukan atau terjadu padamu, lalu menjadikannya sarana introspeksi diri.

2. Salat Subuh

Sama seperti Tahajud, salat Subuh juga memiliki kedudukan istimewa karena mengajak umat untuk beribadah ketika banyak orang lain masih tidur. Keutamaan salat Subuh begitu besar sehingga salah satu amalan Subuh Syekh Ali Jaber. Menurut beliau, salat Subuh sebaiknya tetap dilakukan walau bangun kesiangan. 

Dalam Hadis Riwayat Bukhari, salah satu keutamaan salat Subuh adalah adanya malaikat yang mendoakan umat yang melakukannya. Mereka bergantian menjaga sang umat dari pagi hingga malam. Hal ini akan mendatangkan kebaikan dalam hidup, ketenangan hati, serta limpahan berkah ekstra.

3. Salat Sunah Qobliyah Subuh

Masih menurut Syekh Ali Jaber, jika ingin amalan Subuh lebih lengkap, sebaiknya lakukan salat Qobliyah sebelum salat Subuh. Salat Qobliyah adalah salat sunah yang dilakukan sebelum dan sesudah salat wajib. Walau bisa dilakukan sepanjang hari sesuai jumlah salat wajib, salat Qobliyah Subuh termasuk yang memiliki keutamaan dan manfaat besar.

Menurut Hadis Riwayat Muslim, Nabi Muhammad SAW pernah menyamakan solat Qobliyah Subuh dua rakaat sebagai sesuatu yang bernilai lebih besar dari dunia. Pelaku salat Qobliyah juga akan mendapat imbalan besar di surga serta keberkahan semasa hidup di dunia. Karena Subuh merupakan salah satu waktu berjaganya malaikat, melakukan ibadah ini akan membuat hidup Anda lebih terlindungi.

Keutamaan lainnya? Salat Qobliyah bisa menjadi “penutup” ketika kamu lupa melakukan salat wajib. Akan tetapi, jangan sampai menjadikan ini alasan untuk melewatkan salat wajib! 

4. Sedekah Subuh

Akhirnya, inilah amalan Subuh Syekh Ali Jaber yang dampaknya juga dirasakan orang lain selain pelaku ibadah. Sesuai namanya, Sedekah Subuh adalah kegiatan sedekah yang dilakukan pagi hari. Syekh Ali Jaber memberi contoh kotak amal pribadi yang beliau isi dengan uang setiap pagi sebelum disumbangkan ke orang yang membutuhkan. Akan tetapi, hal ini bukan satu-satunya jalan bersedekah.

Kamu bisa melakukan Sedekah Subuh lewat perbuatan baik seperti memberi makan orang miskin atau pekerja jalanan, berkeliling memberi makan hewan liar, atau menyumbangkan tenaga untuk membersihkan lingkungan sekitar. Lewat sedekah ini, pahala akan bertambah, hidup lebih diberkahi, dan rezeki terus mengalir, asalkan niat sedekahmu tulus.

Amalan Subuh berupa salat sebaiknya dilakukan di masjid, walau tidak ada larangan untuk tetap di rumah. Akan tetapi, kamu bisa melakukan Sedekah Subuh dengan cara mudah dan mengikuti perkembangan teknologi, seperti lewat Aplikasi KitaBisa. Aplikasi ini memungkinkanmu memilih kampanye donasi dan menyumbangkan uang langsung. KitaBisa juga memastikan penerima donasi telah diperiksa dan layak, dan sumbangan diberikan dengan bukti pemberian.

Amalan Subuh Syekh Ali Jaber tidak hanya menyangkut ibadah pribadi, tetapi juga kegiatan yang berdampak pada orang lain, misalnya Sedekah Subuh. Gunakan Aplikasi KitaBisa sekarang untuk melakukan amalan Subuh bahkan ketika kamu tidak bisa keluar rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *