Ingin Keberkahan Hidup? Ini Cara Sedekah Pagi yang Benar

Setiap pagi, para malaikat akan berdoa untuk orang-orang tertentu agar mereka diberi keberkahan hidup. Salah satu golongan manusia yang didoakan oleh para malaikat adalah orang-orang yang gemar bersedekah di waktu pagi. Lantas, bagaimana cara sedekah pagi yang benar agar didoakan malaikat dan mendapatkan keberkahan hidup?

Doa Malaikat untuk Orang Yang Rajin Sedekah

Doa malaikat merupakan salah satu doa yang didengar dan dikabulkan oleh Allah. Karena itu, wajar jika setiap orang ingin didoakan oleh malaikat. Namun, untuk mendapatkan doa yang mustajab dari para malaikat tentu bukan perkara mudah. Pasalnya, doa malaikat ini tidak ditujukan ke sembarang orang.

Para malaikat akan mendoakan orang-orang yang gemar bersedekah di waktu pagi dan memperhatikan nafkah keluarga. Dengan begitu, orang-orang ini mendapat keberkahan hidup dan diganti hartanya dengan rezeki yang berlipat.

Seperti sabda Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam: Ketika hamba berada di setiap pagi, ada dua Malaikat yang turun dan berdoa, “Ya Allah berikanlah ganti pada yang gemar berinfak (rajin memberi nafkah pada keluarga).” Malaikat yang lain berdoa, “Ya Allah, berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan bersedekah (memberi nafkah).” (HR. Bukhari No. 1442 dan HR. Muslim)

Jadi, jika ingin didoakan oleh para malaikat dan mendapat keberkahan hidup, rajinlah bersedekah pagi.

Keberkahan Waktu Pagi

Bersedekah memang bisa dilakukan kapan pun. Namun, lebih dianjurkan untuk diamalkan pada pagi hari setelah subuh karena waktu pagi merupakan waktu yang diberkahi oleh Allah. Hal ini sesuai dengan sabda Nabi yang diriwayatkan oleh HR Ath Thabrani dalam Al Ausath bahwa keberkahan Allah bagi umat Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam mengalir di pagi buta.

Selain diberkahi Allah, sedekah yang kamu amalkan di pagi hari akan memiliki keutamaan sebagai berikut:

  • Menjadi sebab terkabulnya doa
  • Dapat menggugurkan dosa
  • Dibalas dengan berlipat, menjadi pembuka pintu rezeki, dan diberi keberkahan pada harta yang dimiliki
  • Senantiasa didoakan oleh dua malaikat agar diberikan kelancaran dan keberkahan rezeki

Jadi, jangan tidur lagi setelah mengerjakan salat subuh. Namun, kerjakan ibadah sunnah dan sedekah pagi agar kamu mendapatkan keberkahan hidup.

Niat Sedekah yang Berkah untuk Akhirat

Niat merupakan perkara penting dalam beramal. Karena seseorang akan mendapatkan balasan atas ibadahnya, sesuai dengan niat yang terbesit dalam hatinya. Pentingnya niat tersebut tertulis dalam hadis berikut:

“Sesungguhnya amalan itu tergantung niatnya dan seseorang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang ia niatkan.” (HR Bukhari & Muslim)

Selain itu, niat juga berfungsi untuk membedakan antara ibadah satu dengan yang lainnya dan membedakan tujuan ibadah itu sendiri. Amalan yang diterima dan diberkahi Allah tentu saja yang dikerjakan dengan ikhlas. Oleh karena itu, luruskan niat sebelum menunaikan sedekah subuh agar amalan yang kamu kerjakan itu ikhlas semata-mata untuk mendapatkan ridho Allah.

Cara Sedekah Pagi yang Benar

Ada berbagai macam cara dalam bersedekah di pagi hari. Berikut beberapa cara sedekah pagi yang benar:

  • Laki-laki muslim bisa langsung memasukkan infak ke kotak amal masjid setelah selesai mengerjakan salat subuh. Sementara itu, untuk para muslimah, mereka dapat menitipkan infak ke pada suami, saudara laki-laki, atau ayah.
  • Memberikan sedekah uang atau bantuan langsung ke pada saudara atau tetangga sekitar yang fakir. Sedekah ini diberikan langsung setelah salat atau sebelum matahari terbit.
  • Menyediakan makanan gratis untuk saudara, tetangga yang fakir, atau panti asuhan.

Sedekah Subuh Melalui Aplikasi Kitabisa

Selain cara sedekah pagi di atas, kamu juga dapat bersedekah melalui Aplikasi Kitabisa. Aplikasi ini menyediakan fitur Sedekah Subuh yang mudah digunakan. Jika ingin mengerjakan sedekah secara rutin, kamu dapat mengaktifkan fitur Pengingat Donasi.

Aplikasi Kitabisa merupakan penyalur Sedekah Subuh yang amanah dan tepercaya. Karena penyaluran dana sedekahmu jelas dan transparan. Bahkan, kamu bisa memilih sendiri tujuan sedekahmu.

Cara bersedekahnya pun mudah. Kamu tinggal unduh Aplikasi Kitabisa, kemudian pilih nominal sedekahmu mulai dari Rp1.000. Setelah selesai berdonasi, jangan lupa tuliskan doa untuk diaminkan oleh orang baik lainnya. Selain itu, kamu juga bisa mengaminkan doa orang lain.

Nah, Aplikasi Kitabisa merupakan salah satu cara sedekah pagi yang mudah bukan? Yuk, segera unduh aplikasinya dan mulai sedekah rutin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *