Ini Beberapa Manfaat Sedekah Subuh Syekh Ali Jaber

Di kalangan umat Islam, sedekah merupakan hal yang umum dilakukan. Bersedekah adalah memberikan sesuatu kepada orang lain dengan ikhlas tanpa batas waktu atau jumlah. Ada berbagai jenis sedekah, salah satunya sedekah subuh yang dijelaskan almarhum Syekh Ali Jaber. Seperti jenis sedekah lainnya, ada sejumlah manfaat sedekah subuh Syekh Ali Jaber, yaitu:

1. Memudahkan Hajat Terkabul

Tiap manusia pasti memiliki hajat atau keinginan masing-masing. Untuk mewujudkan keinginan tersebut, manusia tentu perlu berusaha. Selain usaha secara manusiawi, diperlukan juga campur tangan Allah Swt.

Untuk membuat hajat mudah terkabul, umat Islam bisa melakukan amalan berupa sedekah subuh. Hal ini disampaikan oleh Syekh Ali Jaber dalam ceramahnya. Sedekah subuh merupakan sedekah yang dilakukan pada waktu subuh. 

2. Didoakan Oleh Malaikat

Hajat mudah terkabul karena subuh adalah waktu ketika para malaikat turun. Para malaikat ini kemudian akan mendoakan orang-orang yang bersedekah pada waktu tersebut. Karena itu, ketika umat Islam melakukan sedekah subuh, keinginan yang dilantunkan akan lebih mudah untuk terkabul.

Imam al-Bukhari dan Imam Muslim dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu meriwayatkan sabda Nabi Muhammad saw. tentang hal ini dalam hadits. Artinya demikian, “Setiap awal pagi saat matahari terbit, Allah menurunkan dua malaikat ke bumi. Lalu salah satu berkata: ‘Ya Allah, berilah karunia orang yang menginfakkan hartanya. Ganti kepada orang yang membelanjakan hartanya karena Allah.’ Malaikat yang satu berkata: ‘Ya Allah, binasakanlah orang-orang yang bakhil.”

Ini merupakan salah satu manfaat sedekah subuh Syekh Ali Jaber yang perlu diketahui. Dengan demikian, kamu bisa lebih termotivasi dalam dua hal. Pertama, untuk rajin bangun sebelum waktu subuh dan melakukan salat. Kedua, untuk melakukan amalan sedekah.

3. Mendatangkan Rezeki

Menurut Syekh Ali Jaber, kamu tidak akan rugi jika rajin melakukan sedekah subuh sebelum atau setelah melakukan salat subuh. Manfaat lainnya adalah mendatangkan rezeki bagi kamu dan keluarga. 

Rezeki merupakan hal yang telah diatur oleh Allah Swt. Namun, untuk mendapatkannya manusia perlu berusaha sambil berdoa. Salah satu amalan yang mendatangkan rezeki adalah berbagi atau memberi kepada orang lain.

Rezeki bukan hanya berupa materi, tetapi juga hal-hal seperti kesehatan yang baik, keluarga yang harmonis, lingkungan yang mendukung, dan sebagainya. Untuk mendapatkan semua itu, kamu bisa meraihnya dengan rutin bersedekah pada waktu subuh. 

4. Menghalau Penyakit

Manfaat lain melakukan sedekah subuh menurut Syekh Ali Jaber adalah dapat menghalau penyakit. Penyakit merupakan hal yang ditakuti dan dihindari oleh banyak orang, terutama pada zaman sekarang. Manusia bisa berusaha mencapainya dengan melakukan hidup sehat.

Akan tetapi, peran Allah Swt terhadap kehidupan manusia juga tidak bisa diabaikan. Karena itu, selain berusaha, umat Islam juga perlu melakukan upaya lainnya yaitu dengan mengamalkan sedekah, terutama pada saat subuh.

5. Memudahkan Urusan

Berurusan dengan banyak hal di dunia ini tentu butuh usaha yang tidak mudah. Namun, bersedekah subuh akan membuat segala urusan tersebut akan terselesaikan tanpa kesulitan. Nah, bagi kamu yang sedang terbelit suatu masalah berat yang tidak kunjung selesai, cara ini bisa membuka jalan.

Bukan hanya yang telanjur terjadi, kamu pun bisa berdoa untuk urusan-urusan yang baru akan dilaksanakan. Persiapan yang baik akan memberi kamu kemudahan dalam setiap langkah yang dilakukan.

Nah, setelah mengetahui manfaat sedekah subuh Syekh Ali Jaber tersebut, kamu pasti akan lebih tergerak untuk memulainya. Untuk bersedekah, kamu bisa memulainya dengan nominal kecil asal rutin.Salah satu cara termudah adalah bersedekah subuh melalui Aplikasi Kitabisa. Aplikasi ini memungkinkan kamu bersedekah mulai dari Rp1.000 setiap pagi sebelum matahari terbit. Supaya tidak lupa, aplikasi ini pun memiliki fitur Pengingat Donasi untuk melakukan Sedekah Subuh. Praktis, bukan? Yuk, mari melakukannya sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *