Cerita #OrangBaik

Ini Cara Zack Petersen Menggalang Rp 65 Juta Dalam 30 Hari Untuk Taman Bacaan Pelangi

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Setahun yang lalu, tim Kitabisa bertemu dengan Zack Petersen, seorang expat asal negeri Paman Sam (i.e. bule sebelah kanan di foto). Kala itu, ia mengungkapkan keinginannya untuk menggalang dana (fundraising) demi membantu kegiatan istrinya di Taman Bacaan Pelangi. Tak lama dari itu, Zack meluncurkan kampanye Books For Messah yang berhasil menggalang Rp 65.566.235 dalam waktu 30 hari.

Zack Petersen - Books For Messah (Taman Bacaan Pelangi)
Apa saja tips sukses Zack dalam melakukan fundraising online?

1.You have to believe in what you are doing”

Sebelum melakukan fundraising, pastikan Anda yakin dengan misi yang Anda perjuangkan. Orang-orang akan bertanya kenapa Anda melakukan ini. Menurut Zack, ibarat menjual makanan, apakah Anda sendiri mau memakan makanan yang Anda jual?

 

2. “You are only as good as your ecosystem”

Zack menekankan pentingnya Anda dikelilingi oleh orang-orang yang percaya dan mendukung misi Anda. Apabila lingkaran sekeliling Anda saja tidak mendukung apa yang Anda lakukan, kecil kemungkinan masyarakat luas akan mendukung.

 

3. “Be crazy and creative”

Jangan takut untuk melakukan hal yang gila dan nyeleneh. Zack sendiri pernah melakukan fundraising dengan membolehkan donatur melempar sebuah pie ke mukanya. Di kampanye Books For Messah, Zack menawarkan hadiah berupa video kucing untuk para donatur.

 

4. “Be ready to grind it out”

Perlu diingat bahwa fundarising adalah kata kerja. Selama 1 bulan mengglang dana, Zack setiap hari menghubungi setidaknya 1-2 orang secara personal untuk mengajak mereka ikut berdonasi. Ini belum termasuk update yang dia lakukan di seluruh social media channel dan orang-orang yang dia jumpai tidak sengaja di Anomali cafe (tempat nongkrong favoritnya).

Some of the best campaigns I have seen on Kitabisa are successful because people who start them pour their blood, sweat and tears to the campaign”

 

 


Pada akhirnya, semua kerja keras yang dituangkan saat berkampanye akan terbayar saat Anda melihat hasil nyata dari aksi Anda. Apakah Anda ingin membantu seseorang atau organisasi yang membutuhkan dana?

Bonus: video terima kasih dari Taman Bacaan Pelangi di Messah

Comments are closed.