Ini Hikmah Membayar Zakat yang Sebaiknya Kamu Tahu

Zakat merupakan rukun Islam yang keempat, sehingga pelaksanaannya pun bersifat wajib bagi semua umat Islam. Dalam segi bahasa, zakat memiliki arti suci, bersih, berkat, dan juga berkembang. Zakat ternyata tak hanya sebatas kewajiban, tetapi ada banyak hikmah membayar zakat bagi orang-orang yang melakukannya.

Dikutip dari suaramuslim.net, ada empat macam hikmah zakat. Hikmah tersebut yaitu hikmah bagi penerima zakat, hikmah bagi pembayar zakat, hikmah bagi keduanya, dan hikmah khusus dari Allah. Namun, pada pembahasan kali ini hanya akan dibahas mengenai hikmah zakat bagi yang melaksanakannya.

 

Hikmah Membayar Zakat dari Segi Agama

hikmah zakat dari segi agama

Menunaikan zakat juga merupakan salah satu pilar agama yang harus disempurnakan. Zakat juga menjadi bukti keimanan dan juga ketaatan yang dimiliki seorang muslim. Pasalnya, terkadang beberapa orang tidak rela melepaskan harta yang dimilikinya menjadi milik orang lain tanpa adanya imbalan apa pun.

Orang-orang yang biasa memberi juga akan merasa lebih lengkap jika dapat bermanfaat bagi orang lain. Dengan begitu, mereka akan memisahkan diri dari orang-orang yang kikir dan masuk ke dalam golongan orang yang dermawan. Hidup mereka juga akan lebih tenang karena zakat mampu membawa banyak keselamatan bagi mereka.

Zakat juga dapat membentengi kita dari bencana karena berkat zakat, kemurkaan Allah akan padam. Selain itu, zakat juga dapat menghindarkan diri dari dosa dan pastinya juga dapat menambah pahala jika dilakukan dengan ikhlas dan tulus. Seperti sabda Rasul yang menyebutkan bahwa amal dapat memadamkan dosa, layaknya air yang memadamkan api.

Tanpa disadari, zakat juga akan menjadi pelindung di hari akhir dan tiket untuk menuju ke surga. Zakat juga dapat membuat seseorang akan mempelajari ilmu agama dengan lebih dalam untuk mengetahui batasan-batasan dari hukum Allah. Sebab, sebelum mengeluarkan zakat, kamu juga harus tahu terlebih dahulu jenis, nisab, dan orang yang berhak memperolehnya.

 

Hikmah Berzakat Dari Segi Sosial

hikmah membayar zakat

Salah satu hikmah membayar zakat adalah menumbuhkan jiwa terhadap orang lain. Tak hanya itu, zakat juga dapat membuat seorang muslim menganggap seluruh umat muslim lainnya sebagai saudara. Dari sanalah rasa empati itu tumbuh, sehingga mereka akan saling membantu satu dengan yang lain, salah satu caranya yaitu dengan berzakat.

Selain itu, berzakat juga dapat menghilangkan rasa iri dan dengki. Seperti yang kita tahu, dalam hidup ini ada yang memiliki nasib beruntung dan ada juga yang memiliki nasib cukup beruntung. Dengan zakat, mereka yang bernasib kurang beruntung pun akan berpikir bahwa saudaranya yang kaya bukan orang sombong dan tidak peduli sekitar.

Zakat juga dapat membuat pemiliknya menjadi lebih rendah hati. Zakat mengajarkan kita untuk berbagi tanpa diketahui orang lain karena Allah tidak menyukai hambanya yang bertinggi hati. Hal ini sesuai dengan firman Allah yang menyebutkan bahwa amal yang diberikan secara diam-diam akan membuat murka Allah menjadi padam.

Dan tahukah kamu? Zakat juga dapat memberikan manfaat bagi bangsa dan negara. Hikmah zakat bagi bangsa dan negara yaitu dapat mencegah terjadinya kriminalitas karena biasanya kriminalitas terjadi karena kurang terpenuhinya kebutuhan dasar. Dengan berzakat, kamu dapat membantu mereka yang kurang mampu untuk memenuhi kebutuhan dasarnya.

 

Hikmah Membayar Zakat dari Segi Finansial

Hikmah diwajibkannya zakat

Dari segi finansial, zakat dapat membersihkan harta. Membersihkan harta yang dimaksud di sini yaitu memberikan hak orang lain yang ada dalam rezeki kita. Sebab, sesungguhnya dalam harta kita ada sebagian hak para fakir miskin, anak yatim, orang-orang yang berhutang, dan lain sebagainya.

Hikmah diwajibkannya zakat selanjutnya yaitu untuk meningkatkan rezeki. Seperti yang tertuang dalam hadits nabi yang menyebutkan bahwa kekayaan tidak mungkin berkurang hanya karena amal. Sementara itu, orang yang kikir justru akan dirundung kesulitan yang akan merugikan dirinya sendiri.

Membayar zakat juga dapat membuat harta yang kita miliki menjadi semakin berkah. Harta yang berkah tentu akan membuat pemiliknya merasa selalu tenang dan bahagia. Ada banyak kebaikan dan kebahagian yang senantiasa datang karena harta yang berkah bukan berarti harta yang banyak, tetapi harta yang selalu cukup dalam kondisi apapun.

Jadi, sebagai seorang muslim, sudah seharusnya kita membayar zakat, terlebih jika kamu memiliki rezeki lebih. Dengan berzakat, akan ada banyak hikmah membayar zakat yang dapat kamu peroleh.


Tunaikan zakat lebih awal untuk bantu 8 golongan penerima zakat yang terdampak corona lewat Kitabisa. Zakat dengan klik gambar di bawah ini.

bayar zakat lebih awal