Ramadhan

Ini Jadwal Sholat di Bulan Puasa Ramadhan Tahun Ini

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Jadwal Sholat di Bulan Puasa adalah sebuah kunci jika kita mengamini Bulan suci Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan kemuliaan. Di bulan ini, setiap orang pasti berlomba-lomba dalam kebaikan karena setiap perbuatan baik akan mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Salah satunya dengan menepati jadwal sholat fardhu dengan ketepatan. Pergi dahulu ke masjid atau mushola sebelum adzan adalah contohnya.

Di artikel ini, kami telah merangkum jadwal sholat hari ini dan keseluruhan bulan ramadhan bagi pedoman untuk ketepatan beribadah sholat.

Jadwal Sholat Di bulan Puasa Ramadhan

Menurut garis tanggal yang dibuat dengan aplikasi Accurate Hijri Calendar (AHC) oleh Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), secara hisab awal Ramadhan 1440 H/2019 jatuh pada 6 Mei 2019.

Namun, untuk kepastiannya masih menunggu hasil sidang isbat yang akan menggabungkan dengan hasil rukyat (pengamatan) hilal pada saat maghrib 5 Mei 2019. Sementara untuk Idul Fitri, secara hisab awal bulan Syawal 1440 H/2019 jatuh pada 5 Juni 2019.

zakat profesi

Namun, seperti penentuan awal bulan Ramadan, kepastian awal bulan Syawal masih menunggu sidang isbat yang akan menggabungkan dengan hasil pengamatan hilal pada saat maghrib 3 Juni 2019.

Jadi diperkirakan bulan Ramadan akan jatuh pada 6 Mei – 4 Juni 2019. Berikut potongan gambar yang berisi jadwal sholat di bulan puasa ramadhan.

Jadwal Sholat di Bulan Puasa Ramadhan 2019 – Mei

Jadwal Sholat di Bulan Puasa Ramadhan 2019 – Juni

Pahala Besar Jadwal Sholat di Bulan Ramadhan

  • Shalat Malam : diampuni dosa-dosanya
    Barangsiapa menunaikan qiyamul lail pada bulan Ramadhan karena keimanan dan mengharap pahala, niscaya akan diampuni dosa-dosanya yang telah lalu. (HR. Bukhari dan Muslim)
  • Shalat malam bersama Imam hingga selesai : dinilai pahala shalat semalam suntuk.
    Barangsiapa yang shalat tarawih bersama imam hingga selesai, maka akan dituliskan baginya pahala shalat semalam suntuk. (HR. Abu Dawud, At‐Tirmidzi, an‐Nasa’i dan Ibnu Majah).
  • Berinteraksi intensif dengan Al Quran (membaca, tadabbur, dan atau menghafal)
    Dahulu Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada Nabi SAW setiap tahun sekali (pada bulan ramadhan). Pada tahun wafatnya Rasulullah SAW Jibril mendatangi dan mengajarkan Al-Qur’an kepada beliau sebanyak dua kali (HR. Bukhari)

zakat profesi

  • Memperbanyak doa saat sahur, berpuasa, dan berbuka : dikabulkan doanya oleh Allah
    Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : Pemimpin yang adil, orang yang berpuasa ketika dia berbuka, dan do’a orang yang terzalimi. (HR. At-Tirmidzi)
  • Memburu Lailatul Qadr : pahala setara seribu bulan
    Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (al-Qur’an) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. (QS. Al‐Qadr:1‐3)
  • Umrah di bulan Ramadhan : pahala seperti berhaji bersama Rasulullah
    Sesungguhnya umrah di bulan Ramadhan seperti berhaji bersamaku (HR. Bukhari)
  • Memperbanyak sedekah
    Rasulullah adalah manusia yang paling dermawan dan beliau semakin bertambah dermawan pada bulan Ramadhan, ketika didatangi oleh Jibril. Sungguh, Rasulullah lebih dermawan dalam kebaikan, melebihi angin yang berhembus. (HR. Bukhari dan Muslim)

Sempurnakan jadwal solat dengan Bersedekah dan Berzakat

Allah SWT menyukai orang dermawan yang rajin bersedekah atau berzakat. Banyak keutamaan sedekah yang bisa didapatkan. Apalagi, sedekah di bulan Ramadhan. Hendaknya, jika telah melakukan ibadah puasa dan mengucap doa buka puasa, kamu bisa segera bersedekah.

  • Memperoleh ampunan dosa dari Allah SWT

Bersedekah menjadi cara seorang muslim untuk menghapus dosa. Apalagi, ketika di waktu yang sama, kamu bertobat yang sebenar-benarnya di hadapan Allah SWT.

  • Membuat harta lebih berkah

Keutamaan sedekah yang selanjutnya adalah membuat harta menjadi lebih berkah. Mereka yang sering bersedekah, hartanya tidak akan berkurang. Sebaliknya, hartanya akan semakin bertambah dan memberi manfaat begitu besar.

  • Mendapatkan pahala berlipat ganda

Allah SWT memberikan janji pahala berlipat ganda untuk muslim yang suka bersedekah.

  • Membebaskan diri dari siksa kubur

Orang-orang yang gemar bersedekah akan memperoleh keutamaan sedekah dengan terhindar dari siksa kubur. Sedekah yang dilakukan semasa hidup, akan memadamkan api siksaan yang ada di alam kubur.

Niat Puasa Ramadhan, Rukun Puasa yang Sering Diabaikan

  • Jaminan surga dari Allah SWT

Mereka yang terbiasa berbagi dan memperbanyak sedekah bakal mendapatkan jaminan surga dari Allah SWT. Bahkan, Allah telah menyiapkan pintu khusus untuk masuk ke surga bagi orang-orang yang suka bersedekah.

  • Sedekah merupakan bukti keimanan seorang muslim

Orang Islam yang beriman kepada Allah adalah mereka yang punya sikap dermawan. Kedermawan dalam kehidupan sehari-hari, merupakan bukti tingkat keimanan yang mereka miliki.

  • Memperoleh naungan di akhirat

Orang-orang yang bersedekah juga bakal memperoleh keutamaan memperoleh naungan saat di hari akhir. Apalagi, ketika aktivitas bersedekah itu dilakukan semata-mata karena mencari ridho Allah SWT.

Penulis: Yudo Laksono


Sedekah bisa disalurkan atau bisa ditunaikan dengan cara yang lebih mudah. Seperti sedekah dengan membantu orang yang sedang berkesusahan. Contohnya, membantu mereka dengan berdonasi. Kini, donasi bisa dengan sangat mudah. Salah satunya dengan platform atau apilkasi kitabisa.com.

Kitabisa merupakan sebuah platform penggalangan dana yang salah satu misinya adalah untuk memudahkan masyarakat dalam berdonasi atau memberikan sedekah secara online. Melalui platform ini, bersedekah bisa dilakukan dengan praktis dan mudah karena Anda bisa langsung berdonasi ke campaign-campaign yang membutuhkan bantuan dengan cara transfer, pembayaran melalui GOPAY, atau Dompet Kitabisa.

Mulai sedekah dan berzakat di bulan ramadhan dengan klik gambar di bawah ini:

zakat profesi

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons