Ramadhan

Ini Keutamaan Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Bulan Ramadhan akan menyapa sebentar lagi. Artinya, semua umat Muslim akan menunaikan kewajiban puasa selama 30 hari atau satu bulan penuh. Namun, tidak hanya itu, Anda pun akan diwajibkan untuk mengeluarkan zakat fitrah, yang dimulai setelah berbuka puasa di hari pertama Ramadhan hingga menjelang waktu salat Idul Fitri.

Zakat fitrah ini menjadi kewajiban bagi umat Muslim yang mampu, baik anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia. Besarnya pun tidak berbeda, yaitu disesuaikan dengan makanan pokok yang Anda konsumsi sehari-hari. Di Indonesia, zakat fitrah yang wajib dikeluarkan berupa beras sebanyak 2,5 kilogram atau 3,5 liter. Jika dibayarkan berupa uang, nominalnya harus setara dengan harga beli beras dengan berat tersebut.

 

Berbagai Keutamaan Zakat Fitrah di Bulan Ramadhan

aplikasi zakat fitrah tepercaya

Penyaluran zakat fitrah sendiri bisa Anda lakukan di masjid atau musala terdekat, atau langsung pada orang-orang yang termasuk ke dalam 8 (delapan) golongan orang yang berhak menerimanya. Kini, kemajuan teknologi membuat Anda semakin mudah membayar zakat, karena adanya aplikasi zakat fitrah tepercaya, seperti misalnya Kitabisa.

Sebenarnya, apa saja keutamaan membayar zakat fitrah di bulan Ramadhan sehingga Anda diwajibkan untuk menunaikannya? Berikut beberapa di antaranya:

  • Pembersih Harta dan Menyucikan Jiwa

Keutamaan zakat fitrah untuk diri yang paling utama adalah sebagai pembersih harta sekaligus menyucikan jiwa. Dari Hasan, Abu Daud meriwayatkan bahwa zakat fitrah menjadi pembersih untuk semua Muslim yang menjalankan ibadah puasa sekaligus menyucikan diri dari semua hal yang tidak bermanfaat.

  • Penyempurna Agama dan Iman

Rukun Islam nomor 5 menyatakan kewajiban umat Islam untuk membayar zakat. Artinya, zakat ini berperan sebagai penyempurna agama sekaligus keimanan bagi orang yang melakukannya. Pasalnya, zakat yang Anda bayarkan akan disalurkan pada orang lain yang membutuhkan, tentunya ini membantu meringankan beban sesama Muslim.

  • Penyelamat Ketika Kiamat

Melalui Hadis yang diriwayatkan oleh Ahmad, Nabi Muhammad SAW pernah berkata bahwa “Setiap orang akan berada di naungan amalan sedekahnya hingga ia mendapatkan keputusan di tengah-tengah manusia.”

  • Bukti Kasih Sayang antar Sesama Muslim

Tidak heran jika terjadi kesenjangan antara mereka yang kurang mampu dan mereka yang dilebihkan rezekinya. Ini memicu terjadinya tindak kriminal. Oleh karena itulah Allah mewajibkan umat Muslim berzakat, karena zakat ini menjadi bukti kasih sayang dan kepedulian antar sesama umat Muslim.

 

Membayar Zakat Fitrah Melalui Aplikasi Zakat Fitrah Online

aplikasi zakat fitrah tepercaya

Membayar zakat dimulai pada awal Ramadhan hingga sebelum salat Ied dilaksanakan. Namun, waktu terbaik yang dianjurkan adalah di penghujung Ramadhan, sesaat sebelum salat Ied. Lamanya waktu yang diberikan ini tak jarang membuat Anda lupa, bisa karena kesibukan atau memang karena menunda

Namun, hal tersebut tak boleh lagi menjadi penghalang kesempurnaan agama dan puasa Anda di bulan Ramadhan. Anda bisa menunaikan zakat secara online melalui aplikasi zakat fitrah tepercaya, seperti Kitabisa. Semua lembaga zakat pada aplikasi ini memiliki verifikasi resmi dari Kementerian Agama, jadi Anda tidak perlu khawatir akan terjadinya penipuan.

 

Selain zakat fitrah, aplikasi zakat dari Kitabisa ini juga menyediakan layanan untuk membayar zakat profesi, zakat mal, hingga donasi. Semua kewajiban bisa ditunaikan hanya dengan satu ketukan. Jadi, segera unduh aplikasi zakat fitrah tepercaya dari Kitabisa di ponsel Anda dan tunaikan zakat!

Comments

comments

Comments are closed.

Show Buttons
Hide Buttons