Inisiatif Penggalangan Dana untuk Gaza

Konflik antara Palestina dengan Israel telah berlangsung lebih dari 100 tahun. Sampai saat ini, bentrokan terus terjadi dan menyebabkan kerugian nyawa dan harta yang tidak sedikit. Kerap menyedot perhatian dunia, masyarakat di Indonesia juga tidak ketinggalan memberikan bantuan berupa donasi bagi penduduk Jalur Gaza yang kerap mengalami waktu-waktu yang mencekam.

Penggalangan dana di KitaBisa umumnya diinisiasi oleh yayasan yang memiliki perhatian terhadap konflik di daerah tersebut. Namun, tidak sedikit yang dimulai juga oleh individu yang merasa perlu memperjuangkan hak-hak masyarakat di Jalur Gaza. Simak beberapa inisiatif kampanye KitaBisa Gaza berikut ini!

Galang Dana Obat-obatan Korban Perang Gaza

Penggalangan dana KitaBisa Gaza untuk pembelian obat-obatan korban perang ini digalang oleh International Networking for Humanitarian (INH). Lembaga ini merupakan lembaga kemanusiaan yang lahir karena keprihatinan terhadap kondisi korban perang di Jalur Gaza.

Program donasi yang diadakan pada bulan Mei 2021 lalu ini berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp1,5 miliar. Selain digunakan untuk memberikan bantuan obat-obatan, sebagian disalurkan untuk keperluan logistik lainnya.

Gaza Palestina Darurat Medis

Program galang dana KitaBisa Palestina 2021 lainnya diadakan oleh Yayasan Aksi Insan Nusantara. Kampanye yang sampai sekarang masih terbuka ini menargetkan angka Rp100 juta. Uang yang terkumpul nantinya akan digunakan untuk membantu anak-anak dan wanita yang membutuhkan bantuan medis.

Seperti yang kita ketahui, konflik Gaza menjadi pukulan keras bagi masyarakat yang tinggal di sana. Anak-anak dan wanita merupakan kelompok yang paling rentan menjadi korban. Saat ini, dana yang terkumpul masih mencapai Rp30 jutaan. Kamu bisa ikut membantu berdonasi dengan mengeklik link ini.

Kampanye KitaBisa Sumur Gaza

Menurut data dari WHO, sebanyak 95% air yang ada di Gaza sudah terkontaminasi racun dari limbah. Padahal, masyarakat setempat sangat membutuhkan air untuk berbagai kebutuhan mulai dari minum, membuat makanan, hingga mandi dan mencuci. Dalam kondisi konflik yang masih belum usai, penduduk setempat masih harus disulitkan oleh akses air yang hanya bisa diperoleh dengan cara membeli atau menunggu donasi dari pihak luar.

Untuk bisa memenuhi kebutuhan warga, mencari sumber air baru lewat proses pengeboran merupakan langkah terbaik yang bisa diambil. Digalang oleh Yayasan Kasih Palestina, Orang Baik diajak untuk ikut serta dalam program wakaf sumur untuk Gaza. Dari total Rp350 juta yang ditargetkan, saat ini baru Rp11 juta yang berhasil terkumpul dari 92 Orang Baik. Semoga target kampanye bisa segera tercapai dan saudara-saudara kita di Gaza bisa memperoleh sumber air yang mereka butuhkan, ya!

Anak Gaza Menangis, Dukung Bangonim Bantu Palestina

Kampanye KitaBisa Palestina yang berikutnya digagas oleh Abdullah Onim. Kampanye ini dibuat karena keresahan inisiator akan kondisi anak-anak di Gaza yang terluka dan mengalami krisis. Kekurangan air, makanan, hingga obat-obatan membuat kondisi mereka makin memprihatinkan.

Dengan target awal sebanyak Rp500 juta, Abdullah Onim berhasil mengumpulkan dana sejumlah Rp364 juta dari 2.286 Orang Baik. Dana ini akan segera disalurkan untuk meringankan beban warga Jalur Gaza.

Kampanye Selamatkan Saudara Kita di Al-Aqsa dan Gaza

Di saat umat Islam di belahan dunia yang lain sedang bersuka cita karena datangnya bulan Ramadan, penduduk Gaza harus mengalami musibah kemanusiaan lagi. Peluru karet dan granat menghujani ratusan muslim yang sedang melaksanakan ibadah di Al-Aqsa dan membuat mereka terluka.

Digalang oleh Yayasan Nusantara Palestina Center, sebanyak puluhan ribu Orang Baik ikut menunjukkan keprihatinan lewat donasi. Dari target Rp4 miliar yang direncanakan, sebanyak Rp3,7 miliar berhasil terkumpul. Dana ini kemudian disalurkan dalam bentuk bahan makanan dan obat-obatan.

KitaBisa sekali lagi menunjukkan bahwa kekuatan komunitas itu sangat besar. Dengan melakukan penggalangan dana bersama, masalah sulit pasti perlahan bisa diatasi. Ayo, tunjukkan perhatianmu pada Gaza dengan ikut berdonasi dan membuat kampanye.

Recent Posts

<strong>Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga</strong>

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga Kamu tertarik datang ke Festival Warga Bantu…

2 days ago
<strong>Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus</strong>

Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus

Kampusmu memiliki berbagai program kegiatan sosial dan ingin berkolaborasi dengan Kitabisa? Jangan khawatir, Kitabisa siap…

2 days ago
Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Halo #OrangBaik, Kitabisa menghadirkan fitur baru untuk kamu yang ingin memberikan kado/hadiah kepada orang tersayang.…

2 days ago
Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Apa itu Program “Paket Data untuk UMKM Melek Digital”Sebuah program untuk membantu memberikan bantuan pembelian…

2 weeks ago
Voluntrip By Kitabisa

Voluntrip By Kitabisa

Apa itu Voluntrip? Voluntrip adalah program yang diadakan oleh Kitabisa untuk mewadahi masyarakat umum yang…

2 weeks ago

Tanya Jawab Seputar Kegiatan Exclusive Noraebang Bersama Friday Noraebang

Apa itu Exclusive Noraebang bersama Friday Noraebang?Exclusive Noraebang bersama Friday Noraebang merupakan sesi spesial pada…

2 weeks ago