Inisiatif Penggalangan Dana untuk Palestina

Berita tentang serangan yang terjadi Palestina nyaris tak pernah absen mengisi pemberitaan internasional. Pertikaian panjang yang terjadi antara Palestina dengan Israel menyisakan banyak luka dan menjadi kesulitan tersendiri bagi penduduk setempat. Dukungan dari berbagai negara termasuk Indonesia terus dikirimkan untuk warga di Palestina. Salah satunya adalah lewat kampanye KitaBisa Palestina.

Penggalangan dana untuk Palestina di KitaBisa jumlahnya cukup banyak dengan tujuan yang beragam. Inisiatornya pun bermacam-macam mulai dari yayasan hingga public figure. Simak beberapa inisiatif penggalangan dana untuk Palestina berikut ini!

Penggalangan Dana KitaBisa Palestina Taqy Malik

Taqy Malik merupakan seorang Youtuber sekaligus selebgram asal Banjarmasin. Dikenal sebagai seorang penghafal Al-Qur’an, Taqy juga kerap melakukan berbagai aksi sosial. Salah satu kampanyenya di KitaBisa ditujukan secara khusus bagi warga Palestina yang menjadi korban invasi Israel.

Kampanye yang dilaksanakan pada bulan Mei lalu itu menargetkan hasil akhir Rp5 miliar. Namun berkat kerja sama puluhan ribu Orang Baik, dana yang dikumpulkan berhasil melampaui perkiraan. Bantuan logistic kemudian disalurkan oleh Taqy lewat International Networking for Humanitarian (NIH) dan Sahabat Al-Aqsa & Al-Sarra Foundation. Bantuan diberikan dalam bentuk bahan pokok makanan dan makanan siap saji.

Kampanye Darurat Palestina

Masih di bulan yang sama, Hati Baik juga melakukan penggalangan dana untuk membantu warga Palestina yang menjadi korban kekerasan. Penyerangan ke Al-Aqsa menyebabkan ratusan warga mengalami luka-luka. Padahal waktu itu mereka tengah beribadah.

Sempat menargetkan hasil akhir Rp3 miliar, dana yang berhasil dikumpulkan sampai hari terakhir kampanye jumlahnya menyentuh Rp2,3 miliar. Uang yang diperoleh dari Orang Baik di seluruh Indonesia itu kemudian disalurkan untuk membeli berbagai kebutuhan pokok termasuk makanan, obat-obatan dan juga fasilitas kesehatan. Fasilitas ibadah juga kembali disediakan agar saudara-saudara kita bisa tetap beribadah tanpa harus cemas mengalami serangan kembali.

Solidaritas Bantu Saudara Palestina

Rasa pilu melihat saudara-saudara di Palestina yang diserang saat beribadah membuat hati selebgram hijaber Hamidah Rachmayanti terketuk. Di tengah ketakutan dan ancaman, ia merasa perlu mengirimkan bantuan segera. Bersama KitaBisa, Hamidah kemudian membuka kampanye yang berhasil mengumpulkan Rp560 juta dari Rp50 juta yang menjadi target.

Melalui Yayasan Aksi Insan Nusantara, semua dana segera dikirimkan ke Palestina. Uang tersebut digunakan untuk membeli ambulan untuk memudahkan proses pengobatan dan evakuasi korban serangan.

Ambulan untuk Warga Palestina

Pertikaian antara Palestina dan Israel tidak hanya membuat nyawa-nyawa tak berdosa menjadi korban. Berbagai fasilitas medis juga dihancurkan dan ini membuat warga setempat kesulitan memperoleh akses kesehatan. Apalagi di tengah serangan yang bisa datang kapan saja.

Bersama KitaBisa, model sekaligus selebgram Dwi Handayani membuat penggalangan dana. Target Rp1 miliar yang ingin dicapai pun berhasil dilampaui. Melalui Yayasan Laznas Dewan Dakwah, uang tersebut disalurkan untuk membeli beberapa unit mobil ambulan. Semoga keberadaan ambulan tersebut bisa meringankan beban warga yang terdampak konflik.

Kampanye KitaBisa Masjid Palestina

Seperti yang kita ketahui, tempat ibadah merupakan salah satu fasilitas yang sangat dibutuhkan oleh penduduk Palestina. Inilah yang kemudian membuat Yayasan Kasih Palestina terketuk untuk mewujudkannya segera. Pada tahun 2018, sebuah kampanye untuk membangun Masjid Istiqlal Indonesia di Palestina akhirnya membuahkan hasil yang menggembirakan. Sebanyak lebih dari Rp3 miliar terkumpul lewat penggalangan dana tersebut.

Kinia masjid tersebut sudah berdiri dengan gagah. Desainnya yang elegan menggambarkan harapan Indonesia bagi warga Palestina. Semoga mereka segera bisa mendapatkan kedamaian dan kenyamanan kembali untuk bisa beribadah dengan khidmat, ya!

Seiring konflik yang belum usai, penggalangan dana mungkin masih akan terus berlanjut. Kamu bisa menjadi salah satu Orang Baik yang ikut membuat penggalangan dana atau sekadar memberikan donasi. Percayalah, sekecil apapun yang kamu berikan akan sangat bermakna bagi mereka yang membutuhkan.

Recent Posts

<strong>Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa</strong>

Informasi Tentang Program Bingkisan Sehat Kitabisa

Bingkisan Sehat adalah salah satu program dari Kitabisa yang men-support para Pejuang Sembuh melalui pemberian…

4 days ago
<strong>Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga</strong>

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga

Merayakan Beragam Kebaikan di Festival Warga Bantu Warga Kamu tertarik datang ke Festival Warga Bantu…

1 week ago
<strong>Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus</strong>

Informasi Tentang Program Kita Danain Kampus

Kampusmu memiliki berbagai program kegiatan sosial dan ingin berkolaborasi dengan Kitabisa? Jangan khawatir, Kitabisa siap…

1 week ago
Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Informasi Tentang Kado Donasi x Gopay

Halo #OrangBaik, Kitabisa menghadirkan fitur baru untuk kamu yang ingin memberikan kado/hadiah kepada orang tersayang.…

1 week ago
Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Program Paket Data untuk UMKM Melek Digital

Apa itu Program “Paket Data untuk UMKM Melek Digital”Sebuah program untuk membantu memberikan bantuan pembelian…

3 weeks ago
Voluntrip By Kitabisa

Voluntrip By Kitabisa

Apa itu Voluntrip? Voluntrip adalah program yang diadakan oleh Kitabisa untuk mewadahi masyarakat umum yang…

3 weeks ago