Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2019

Bulan Ramadhan memiliki makna yang sangat mendalam bagi umat muslim di seluruh dunia. Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh keberkahan dan Umat islam tengah bersiap menjalani puasa Ramadhan dan menunaikan zakat atau sedekah

Saat bulan  puasa, waktu imsak di kala sahur menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Jadwal imsak menandakan bahwa waktu sahur telah selesai dan kita tidak diperbolehkan untuk melanjutkan makan dan minum lagi.

Waktu imsak yang kita lihat di jadwal-jadwal imsakiyah adalah waktu yang dibuat oleh para ulama untuk berhati-hati. Dengan adanya jadwal imsak, biasanya ditetapkan sepuluh menit sebelum subuh maka orang yang akan berpuasa akan lebih berhati-hati ketika mendekati waktu subuh.

Dalam waktu sepuluh menit itu biasanya digunakan untuk melakukan berbagai hal yaitu segera menghentikan aktivitas sahur, menggosok gigi untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang bisa jadi membatalkan puasa, dan juga mandi serta persiapan lainnya untuk melaksanakan shalat subuh.

 

Kaitan Antara Jadwal Imsak dan Sahur

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2019

Di antara kesunahan yang diajarkan oleh Rasulullah SAW ketika Ramadhan adalah makan sahur. Ada hadits yang disampaikan oleh Anas bin Malik : “Rasulullah SAW berkata : Makanlah sahur karena sungguh di dalamnya terdapat keberkahan.”

Makan sahur tidak hanya untuk menguatkan badan saat menjalankan puasa, tetapi juga mendapat keberkahan yang sudah dijamin oleh Rasulullah SAW. Makan sahur merupakan keringanan bagi orang yang ingin mengerjakan puasa.

Selain makan sahur, hal yang biasa dilakukan oleh Rasulullah SAW adalah mengakhirkan waktu sahur. Hal yang dilakukan oleh Rasulullah itulah yang disebut oleh masyarakat muslim Indonesia adalah imsak.

 

Ketentuan Jadwal Imsakiyah

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2019

Sebagian masyarakat Muslim memahami bahwa datangnya waktu imsak adalah awal dimulainya ibadah puasa. Pada saat itu segala kegiatan makan, minum dan lainnya yang membatalkan puasa harus disudahi sampai datangnya waktu maghrib di sore hari. 

Sebenarnya, pengertian imsakiyyah adalah peringatan atau kehati-hatian.  Ketentuan waktu imsak sebagai kehati-hatian didasarkan hadits Rasul yang diriwayatkan dari Sayyidina Annas : Sayyidina Zaid bin Tsabit r.a mengatakan bahwa lamanya waktu antara adzan subuh dengan batas waktu makan sahur yaitu sepadan dengan waktu yang dibutuhkan untuk membaca 50 ayat Al – Qur’an. Yang artinya tidak lagi makan sahur sampai berkumandangnya adzan subuh.

Nabi Muhammad SAW sangat menganjurkan umatnya untuk mengakhirkan sahur atau imsak. Menurut Abu Bakar Al-Kalabazi, maksud dari mengakhirkan sahur adalah makan sahur di sepertiga malam terakhir.

 

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2019 Daerah Jakarta

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2019: Ini Makanan yang Cocok untuk Sahur
Sumber: Suara Muhammadiyah

 

Amalan untuk Menyempurnakan Ramadhan Setelah Waktu Imsak

Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2019

Di bulan Ramadhan ini banyak keutamaan yang tersebar. Unuk menyempurnakan bulan Ramadhan kita bisa mengisi waktu dengan berbagai amalan-amalan yang mulia. Berikut beberapa amalan yang bisa dikerjakan setelah waktu imsak :

  1. Mengkhatamkan Al- Qur’an
    Membaca Al- Qur’an dengan tajwid yang baik, memahami dan mengamalkan agar kita menjadi insan yang berkah.
  2. Melaksanakan shalat malam
    Rasulullah SAW, beliau menunggu waktu subuh setelah sahur dengan melaksanakan sholat malam.
  3. I’tikaf
    Berdiam diri di masjid dengan beribadah kepada Allah SWT.
  4. Memperbanyak do’a dan dzikir
    Di bulan Ramadhan, doa-doa yang kita panjatkan bisa sampai lebih cepat kepada Allah SWT.
  5. Membayar zakat
    Membayar zakat fitrah sebelum hari Ramadhan berakhir untuk mensucikan orang yang melaksanakan puasa dan menyempurnakan ibadah di bulan Ramadhan untuk membantu fakir miskin.
  6. Memperbanyak Sedekah
    Dengan bersedekah tidaklah berkurang harta, namun malah akan dilebihkan oleh Allah. Kita sangat dianjurkan memperbanyak amalan baik, terutama dengan melakukan sedekah. Dengan sedekah, kita bisa merasakan bagaimana beban saudara kita yang kurang mampu. Sehingga bisa membantu mereka merasakan sedikit kebahagiaan dan rahmat Bulan Suci Ramadhan.

Ditulis Oleh: Samantha Widya


Sedekah bisa dilakukan dengan cara yang mudah. Kamu bisa membantu mereka dengan cara berdonasi. Saat ini donasi bisa dilakukan dengan mudah. Salah satunya melalui website Kitabisa atau Aplikasi Kitabisa. Melalui Kitabisa, bersedekah bisa dilakukan dengan praktis dan mudah karena kamu bisa langsung berdonasi. Dengan bersedekah, kamu dapat menyempurnakan amalan Ramadhanmu dan mendapatkan pahala yang di rindoi Allah.

banner_donasi_sedekah