Jalani Perawatan di NICU, Kini Kondisi Muhammad Membaik

Setelah lahir, dek Muhammad segera menjalani perawatan di NICU karena terdapat gangguan pada paru-parunya. Dengan penghasilan yang minim, ayah dek Muhammad kesulitan penuhi biaya rumah sakit. Beruntung, ribuan #OrangBaik tergerak untuk bantu kesembuhan dek Muhammad.


Ibunda Muhammad sempat kehabisan air ketuban hingga harus disuntik agar organ dalam sang anak bisa berkembang. Saat lahir, Muhammad segera dibawa ke ruang NICU karena alami gangguan pernapasan. Hal itu terjadi karena paru-paru Muhammad belum berkembang sempurna.

Perawatan Muhammad di NICU

perawatan NICU

Paru-paru Muhammad alami gangguan karena belum berkembang dengan sempurna. Ia kemudia dirawat di NICU agar mendapatkan perawatan intensif. Di sana, Muhammad ditempatkan di dalam inkubator dengan menggunakan berbagai alat bantu. 

Bukannya merasakan pelukan hangat orang tuanya, Muhammad justru merasakan panas dari sinar UV untuk bertahan. Napas Muhammad juga sangat pendek dan cepat. Tak jarang ia mengeluarkan bunyi yang keras saat bernapas. 

Biaya Perawatan di NICU

Paru-paru mungil Muhammad terancam mengidap pneumonia jika tidak segera dilakukan penanganan. Ia benar-benar membutuhkan ventilator, antibiotik, dan selang ASI untuk bisa bertahan. Namun, tentu saja biayanya tak sedikit. 

Sudah sebulan lebih Muhammad dirawat di NICU. Semakin hari biaya rumah sakit terus bertambah, bahkan hingga puluhan juta. Sementara perjuangan Muhamamad masih terus berlanjut dan kemungkinan sampai berbulan-bulan.

Perjuangan Orang Tua Penuhi Biaya Pengobatan

bayi di NICU

Pak Alkadri, ayah Muhammad, bekerja sebagai pendakwah dan guru mengaji. Penghasilannya sebesar Rp 60 ribu/hari belum cukup untuk memenuhi seluruh pengobatan Muhammad. Terlebih, Pak Alkadri juga harus menghidupi istri dan ke tujuh anaknya. 

Sejak pagi hingga menjelang malam hari, Pak Alkadri menyambangi masjid-masjid, sekolah, bahkan rumah untuk mengajarkan ilmu agama Islam. Semua ia lakukan agar kebutuhan keluarganya tercukupi. Berbagai cara telah dilakukan Pak Alkadri, namun penghasilannya belum juga cukup untuk membayar semua biaya pengobatan Muhammad.

Tak ingin menyerah, Pak Alkadri kemudian menggalang dana di Kitabisa agar Muhammad bisa terus lanjutkan perawatan. Ribuan #OrangBaik ikut berdonasi dan mendoakan kesembuhan Muhammad. 

Kondisi Muhammad Setelah Jalani Perawatan di NICU

perawatan bayi NICU

Berkat doa dan dukungan #OrangBaik, Muhammad bisa terus jalani perawatan di NICU. Kini, kondisinya pun semakin membaik. Ia juga sudah pulang dan berkumpul bersama orang tuanya di rumah.

Kebahagiaan Muhammad karena bisa pulang ke rumah tergambar dari senyum lebar yang terpancar di wajahnya. Terima kasih #OrangBaik, kamu sudah bantu ringankan beban Pak Alkadri dan keluargnya. Sekarang Muhammad sudah membaik dan bisa tertawa ceria.


Seperti Pak Alkadri kamu juga bisa galang dana untuk bantu biaya pengobatan keluarga, teman, dan orang tersayang di Kitabisa.

galang dana kitabisa