Ketahui Jam Sahur dan Jadwal Imsak Puasa Ramadhan 2022

Puasa merupakan ibadah yang sifatnya wajib bagi setiap muslim. Dalam ibadah puasa, kamu harus menahan diri dari berbagai godaan, termasuk makan dan minum, mulai dari fajar sampai terbenamnya matahari. 

Pengetahuan tentang jam sahur, jadi bekal penting agar kamu bisa melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik. 

Pentingnya Sahur saat Berpuasa

Sahur memang bukan menjadi syarat sah dan wajib berpuasa. Namun, sahur merupakan amalan yang sangat dianjurkan oleh Rasulullah. 

Ada banyak hadits yang mengungkapkan keberkahan bagi setiap muslim yang menjalankan sahur, di antaranya adalah: 

Anas bin Malik Ra mengungkapkan, Nabi Muhammad SAW pernah bersabda yang artinya: “Makan sahurlah kalian karena sesungguhnya di dalam sahur itu terdapat berkah”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Dalam redaksi yang berbeda, ada pula hadits lain dari Al-‘Irbadh bin Sariyah Ra yang mengatakan kalau Rasulullah pernah mengundangnya dalam sebuah kesempatan sahur Bulan Ramadhan. 

Di situ, Rasulullah berkata yang artinya: “Kemarilah untuk menyantap makanan yang diberkahi!”. (HR Abu Dawud). 

Jam Sahur dan Imsak Wilayah Jabodetabek

jadwal sahur 2022

Melihat pentingnya sahur, tidak heran kalau banyak umat Islam yang menyempatkan waktu untuk melaksanakan sahur saat puasa Ramadhan

Berkaitan dengan hal ini, kamu perlu tahu kalau waktu sahur untuk setiap kota berbeda-beda. 

Jam sahur mempunyai kaitan erat dengan jadwal imsak dan waktu azan subuh. Selanjutnya, jadwal imsak terpaut sekitar 10 menit dengan azan subuh. Imsak kerap dijadikan patokan sebagai batas waktu paling akhir melaksanakan sahur. 

Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah melalui perhitungan hisab telah mengumumkan kalau 1 Ramadhan 1443 Hijriah bertepatan pada tanggal 2 April 2022. Merujuk pada pengumuman tersebut, PP Muhammadiyah telah menerbitkan jam sahur, jadwal imsak, beserta waktu azan untuk pelaksanaan salat 5 waktu. 

Untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, berikut ini adalah jadwal imsak yang perlu kamu ketahui, sehingga bisa memperkirakan kapan jam sahur kamu dimulai.

  • 1-6 Ramadhan : Imsak pukul 04:37
  • 7-13 Ramadhan : Imsak pukul 04:36
  • 14-19 Ramadhan : Imsak pukul 04:35
  • 20-27 Ramadhan : Imsak pukul 04:34
  • 28-30 Ramadhan : Imsak pukul 04:33

Amalan yang Bisa Dilakukan Setelah Jam Sahur

Berkaitan dengan sahur, ada kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh banyak muslim, yaitu tidur setelah jam sahur selesai.

Banyak ahli kesehatan yang tidak menyarankan kebiasaan ini. Alasannya, karena tidur setelah sahur berdampak buruk pada kesehatan.

Beberapa gangguan kesehatan yang bisa muncul kalau kamu terbiasa tidur setelah jam sahur di antaranya adalah gastro-esophageal reflux disease (GERD), asam lambung meningkat, berat badan meningkat, sembelit, sakit tenggorokan, dan lain sebagainya.

Selain itu, kebiasaan tidur setelah sahur berisiko membuat kamu ketinggalan waktu subuh dan bangun kesiangan. Oleh karena itu, ada baiknya kamu membiasakan diri untuk terjaga dan mengisi rentang antara waktu sahur dan subuh dengan berbagai kegiatan positif. 

Ada beberapa amalan yang bisa kamu laksanakan sebagai pengisi waktu, di antaranya adalah: 

1. Salat Sunnah

Amalan pertama yang dapat kamu lakukan untuk mengisi waktu selama menunggu kedatangan subuh adalah menjalankan salat sunnah. Ada banyak amalan salat sunnah yang bisa kamu lakukan. Di antaranya adalah salat tahajud, salat witir, dan salat qobliyah subuh. 

Salat tahajud merupakan salat sunnah yang jumlah rakaatnya bisa kamu lakukan secara tidak terbatas. Sementara itu, salat witir dapat kamu lakukan dengan jumlah rakaat yang ganjil. Lalu, salat qabliyah subuh bisa kamu jalankan setelah terdengar azan subuh dan sebelum melaksanakan salat subuh.

2. Membaca Alquran

Selain salat sunnah, kamu dapat pula memilih untuk melaksanakan amalan berupa membaca Alquran. Pahala membaca Alquran sangat besar, bernilai satu kebaikan untuk setiap hurufnya. Selain itu, kamu juga akan memperoleh pahala yang berlipat ganda ketika membacanya Bulan Ramadhan.

3. Sedekah

Terakhir, kamu bisa pula mengisi waktu dengan bersedekah. 

Sedekah merupakan salah satu amalan yang disukai oleh Allah dan Rasulullah. Oleh karena itu, banyak muslim yang berlomba-lomba untuk melaksanakannya. 

sedekah di bulan puasa

Kamu mungkin berpikir kalau sedekah merupakan ibadah yang sulit dan hanya bisa dilakukan oleh orang-orang kaya. Padahal, ibadah sedekah tidak selalu bernilai materi. Kamu bisa pula melaksanakan sedekah dengan tenaga, pikiran, atau ilmu. 

Selain itu, sedekah bisa juga kamu lakukan dengan jumlah yang sesuai dengan kemampuan. Di era digital seperti sekarang, kamu dapat memanfaatkan aplikasi Kitabisa untuk mendukung kegiatan bersedekah di bulan Ramadhan.

Aplikasi Kitabisa memberi kemudahan bagi kamu dalam bersedekah kapan saja dan di mana saja. Mulai dari Rp1.000, kamu sudah bisa membantu sesama yang membutuhkan.

Mudah, kan? Yuk, waktunya cari berkah di bulan Ramadhan lewat Kitabisa.

sedekah ramadhan