Jenis dan Harga Kambing Idul Adha yang Terbaik

Indonesia memiliki beberapa rasa kambing lokal dan peranakan yang biasanya dimanfaatkan untuk penghasil susu dan penghasil daging. Kambing jenis ini biasanya mengalami peningkatan permintaan jelang Hari Raya Idul Adha. Berbagai jenis kambing ditawarkan di luaran sana sehingga kamu harus mampu mengenalinya.

Mengenali jenis kambing untuk Idul Adha akan membuat kamu tahu kualitas dari kambing itu sendiri. Kalau kualitasnya tidak baik, tentu tidak perlu dipilih. Selain itu, mengetahui jenisnya juga penting untuk mendapatkan harga kambing Idul Adha yang sesuai dengan kebutuhan.

 

Kriteria Kambing Qurban yang Baik

Jenis dan Harga Kambing Idul Adha yang Terbaik

Sebelum memilih kambing terbaik untuk berqurban di Hari Raya Idul Adha, perhatikan beberapa kriteria di bawah ini.

  • Kambing harus padat dan berisi. Kalau hanya dilihat sekilas saja tidak akan terlihat dengan jelas. Jadi, coba pegang kambingnya dan teliti di bagian paha dan sekitarnya. Kadang rambut kambing membuat hewan ini tampak besar.
  • Mata kambing jernih dan tidak terlihat ada kotoran atau cacat.
  • Tidak ada cacat sama sekali di tubuh kambing mulai dari kepala hingga kaki. Kalau ada cacat, kamu tidak boleh memilihnya karena bisa tidak sah untuk berqurban nantinya.
  • Bulu bersih dan mengkilap.
  • Susu lolos uji kesehatan dari dinas peternakan setempat.
Baca juga:
Apa Syarat-syarat Hewan yang Boleh Diqurbankan?
Cek Harga Kambing Qurban per Ekor

 

Jenis Kambing Terbaik untuk Qurban dan Harga

Jenis kambing terbaik yang bisa digunakan untuk berqurban ada banyak di Indonesia. Berikut beberapa rekomendasi yang bisa digunakan

  1. Kambing Etawa

Jenis dan Harga Kambing Idul Adha yang Terbaik
Sumber: Greeners.co

Kambing etawa adalah salah satu primadona dari peternak yang ada di Indonesia. Tidak hanya karena bisa menghasilkan susu yang jumlahnya banyak, kambing jenis ini juga memiliki badan besar dan bobot bisa mencapai 80-90 kg untuk pejantannya. Harga kambing ini sekitar Rp7-8 juta.

  1. Kambing Kacang

Jenis dan Harga Kambing Idul Adha yang Terbaik
Sumber: Ditjenpkh

Kambing kacang memiliki ukuran kecil atau biasanya setengah dari ukuran kambing biasa yang banyak diternakkan. Meski ukurannya kecil dan hanya berbobot sekitar 20 kg, kemampuan adaptasi dari kambing ini sangat hebat. Itulah kenapa kambing ini banyak diternakkan untuk kebutuhan konsumsi. Harga sekitar Rp1-2 juta.

  1. Kambing Jawarandu

Jenis dan Harga Kambing Idul Adha yang Terbaik
Sumber: Tribun Jogja

Jenis kambing Jawarandu adalah jenis kambing peranakan dari kacang dan juga etawa. Dua jenis kambing ini memberikan kelebihannya sendiri-sendiri. Kambing ini bisa menghasilkan susu cukup banyak, daging lebih besar, dan tingkat adaptasinya cukup tinggi dibandingkan etawa biasa. Harga sekitar Rp1-2 juta.

  1. Kambing Boer

Jenis dan Harga Kambing Idul Adha yang Terbaik

Tipe kambing boer termasuk kambing yang mudah diternakkan dan menghasilkan daging sangat besar. Kambing jantan dewasa bisa memiliki berat hingga ratusan kilogram. Kambing ini sudah ada di Indonesia sejak puluhan tahun silam dan tergolong mudah beradaptasi dengan lingkungan. Harga sekitar Rp3-4 juta.

  1. Kambing Peranakan Etawa

Jenis kambing ini didapatkan dengan menyilangkan indukan kambing etawa dengan kambing lokal. Peranakan ini menghasilkan ukuran kambing yang sama, tapi lebih bisa beradaptasi dengan lingkungan. Berat kambing ini bisa mencapai 90 kg untuk jantan dewasa. Harga sekitar Rp6-7 juta.


Di Kitabisa, kamu bisa berqurban kambing online dengan harga yang terjangkau dan berkualitas.  Yuk, qurban sekarang dengan klik gambar di bawah ini!

banner_qurban2