Jonatan Christie Gandakan Donasi Penyediaan Air Bersih di NTT

Dari lapangan bulu tangkis, hingga ke NTT. Jonatan Christie tunjukkan bakti lainnya pada negeri dengan menggandakan donasi penyediaan air bersih di NTT (Nusa Tenggara Timur). Ini bukan kali pertama gerakan sosial Jonatan Christie untuk Nusa Tenggara. Sebelumnya, kala NTT dilanda banjir, Jonatan Christie juga telah membuat galang dana di Kitabisa untuk membantu para korban.

Kala itu, Jonatan Christie berkesempatan untuk melihat realita kehidupan masyarakat NTT secara langsung. Walaupun pasca bencana mereka berangsur-angsur bisa memulihkan wilayahnya, namun ternyata masalah air bersih juga menjadi kondisi pelik kehidupan anak-anak dan wanita NTT.

Anak Perempuan dan Ibu-ibu Harus Berjalan Puluhan Kilometer di Wilayah Rawan Demi Air Bersih

“Saya mendapat kabar bahwa anak-anak perempuan di Flores, NTT harus berjalan 1 – 2 jam hanya untuk mendapatkan air bersih. Saya tak terbayang bagaimana rasanya harus berjalan di bawah terik matahari sambil membawa air bersih yang lumayan berat.” cerita Jojo.

Situasi ini menimbulkan risiko tinggi pada anak perempuan NTT dalam berbagai aspek kehidupannya, di antaranya adalah :

  • Risiko pelecehan dan kekerasan seksual, karena anak perempuan harus berjalan berjam-jam untuk mendapatkan air bersih melalui wilayah rawan dan tidak ada penerangan pada malam hari.
  • Berkurangnya waktu mendapatkan pendidikan yang berkualitas karena sebagian besar waktunya habis untuk mencari sumber air.
  • Risiko kesehatan, selain kegiatan fisik yang cukup berat yang harus dijalani anak perempuan ketika berjalan mendapatkan air, keterbatasan akses terhadap air bersih juga menghadapkan mereka pada risiko higienitas, utamanya pada kaum muda muda perempuan ketika mengalami menstruasi. Tanpa akses air bersih, akan membuat bayi rentan terhadap penyakit seperti diare juga penyakit lainnya dan berujung pada isu stunting.

Melihat kondisi tersebut, Jonatan Christie ingin melanjutkan kesuksesan galang dana untuk NTT sebelumnya dan membuka halaman donasi baru untuk air bersih NTT. Nantinya, dana yang terkumpul pada galang dana air bersih NTT akan diperuntukan demi membangun sumur baru dan pipa-pipa untuk mengalirkan air bersih ke desa-desa di NTT. Estimasi biaya yang diperlukan untuk mewujudkan air bersih di NTT kurang lebih adalah senilai Rp 200 juta.

Berkat gotong royong, lebih dari Rp 250 juta berhasil dikumpulkan untuk air bersih di NTT

Total Rp 50an juta donasi dari 866 para #OrangBaik berhasil digandakan menjadi Rp 257.600.251 oleh Jojo untuk membangun infrastruktur penyediaan air bersih. Kini, dana tersebut telah disalurkan dan sumur baru di NTT sudah hampir selesai dibuat. Berikut adalah foto-foto kiriman dari tim lapangan yang memantau pembangunannya lho:

Jadi ikutan senang ya, lihat senyum bahagia dari warga di NTT yang sekarang gak perlu jalan puluhan kilo untuk air bersih. Terima kasih sudah ikut gotong royong menciptakan senyum mereka!

Gak cuma Jojo yang bisa bergerak untuk ciptakan senyum seperti ini pada mereka yang membutuhkan. Kamu juga bisa mencontoh gerakan kak Jojo dan ciptakan perubahan di lingkunganmu. Yuk, tonton video ini untuk cek cara galang dana untuk lingkungan:

galang dana kitabisa