Kabar Kenzio Pasca Kemoterapi Penyakit Rhabdomyosarcoma

Senyum bahagia terlihat di wajah Kenzio setelah berjuang melawan penyakit Rhabdomyosarcoma. Kondisinya semakin membaik pasca jalani kemoterapi untuk pengobatan kanker otot yang dialaminya. Semua terwujud berkat bantuan dan dukungan dari para #OrangbBaik.


Saat bulan Desember 2019, Kenzio dinyatakan menderita penyakit Rhabdomyosarcoma. Penyakit ini berawal dari munculnya benjolan di hidung sebelah kanan Kenzio. Benjolan tersebut makin lama makin membesar hingga menutupi sebagian wajah Kenzio. 

Penyakit Rhabdomyosarcoma yang Diderita Kenzio

Penyakit Rhabdomyosarcoma

Rhabdomyosarcoma adalah jenis kanker yang tumbuh di jaringan otot rangka atau organ berongga. Kanker ini menyerang bagian tubuh yang memiliki otot, contohnya dada, leher, atau sekitar mata dan hidung seperti yang diderita Kenzio. Umumnya, jenis kanker ini menyerang anak-anak, namun bisa juga terjadi pada semua usia.

Penyakit Rhabdomyosarcoma disebabkan oleh perkembangan sel yang tidak sempurna dan tumbuh secara tidak terkendali pada bagian tubuh. Sel tersebut kemudian membentuk tumor yang merusak jaringan di sekitarnya. Besar kemungkinan sel tersebut dapat menyebar ke seluruh tubuh dan merusak organ yang lain.

Pengobatan yang Dilakukan Kenzio untuk Penyakit Rhabdomyosarcoma 

Terdapat beberapa metode untuk pengobatan penyakit Rhabdomyosarcoma. Jenis pengobatan yang paling banyak digunakan adalah operasi dan kemoterapi. Operasi bertujuan untuk mengangkat sel-sel kanker sehingga tidak menyebar ke bagian tubuh lain. Biasanya tindakan ini dilakukan jika kondisi tumor dinyatakan ganas. 

Sementara, kemoterapi menggunakan obat untuk mematikan sel kanker. Metode inilah yang dijalani oleh Kenzio. Saat dinyatakan menderita penyakit Rhabdomyosarcoma, Kenzio segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan tindakan kemoterapi agar kondisinya tidak semakin parah. Ia juga konsumsi vitamin dan obat penunjang lain untuk menunjang kesembuhannya.

Bantuan untuk Kesembuhan Kenzio Melalui Galang Dana

pengobatan Rhabdomyosarcoma

Kenzio harus segera menjalani pengobatan di rumah sakit agar penyakitnya tidak semakin parah. Untuk kesembuhannya, Kenzio harus melakukan tindakan kemoterapi, konsumsi obat, dan vitamin. Sayangnya, biaya beberapa obat dan vitamin tidak dapat dibantu oleh jaminan kesehatan. Tak ingin menyerah, sang ibu yang bekerja sebagai guru di sekolah swasta terus berusaha agar buah hatinya segera sembuh.

Berkat dukungan #OrangBaik yang berdonasi di galang dana Kenzio, ia bisa melanjutkan pengobatan. Kini, kondisi Kenzio semakin membaik. Benjolan yang ada di wajahnya pun berangsur mengecil. Meskipun sesekali kondisinya menurun pasca kemoterapi, tapi Kenzio selalu kuat dan kembali ceria lagi. Semua ini tak lepas dari doa dan dukungan para #OrangBaik.

Kenzio masih harus jalani beberapa perawatan dan kontrol rutin ke dokter. Mari kita doakan semoga pengobatan Kenzio berjalan lancar dan segera diberi kesembuhan, aamiin.


Seperti Ibunda Kenzio, kamu juga bisa bantu biaya pengobatan keluarga, teman, atau kerabat dengan cara galang dana di Kitabisa.

galang dana kitabisa