Kambing Qurban Terbaik Memiliki 5 Kriteria Ini

Qurban merupakan salah satu bentuk ibadah yang merepresentasikan rasa syukur umat Islam atas segala nikmat yang diberikan Allah Swt. Untuk melaksanakannya, kamu dapat menggunakan kambing qurban terbaik, domba, sapi, kerbau, dan bahkan unta. Kamu pun bisa secara bebas menentukan pilihan hewan qurban sesuai dengan kemampuan. 

Berkaitan dengan pemilihan hewan qurban, ada beberapa kriteria penting yang menjadi syarat sahnya, yaitu: 

  1. Hewan ternak. Kategori binatang yang termasuk sebagai hewan ternak di antaranya adalah sapi, kerbau, unta, domba, serta kambing. Sementara itu, hewan unggas tidak bisa kamu gunakan sebagai qurban. 
  2. Memenuhi kriteria umur. Unta yang sah menjadi hewan qurban setidaknya berumur minimal 5 tahun. Sementara itu, sapi atau kerbau minimal berusia 2 tahun. Untuk kambing, bisa memakai hewan ternak yang berusia antara 1-2 tahun. 
  3. Berkondisi sehat. Apa saja kriteria yang menjadi penilaian hewan ternak sehat? Terkait hal ini, ada beberapa kriteria yang membuat hewan qurban tidak sah, yaitu: 
  • Mengalami kebutaan, baik salah satu maupun kedua mata
  • Hewan ternak yang tidak bisa berjalan lancar alias pincang
  • Badan hewan ternak yang terlihat kurus dan memiliki nafsu makan rendah
  • Bagian telinga terlihat mengalami putus secara keseluruhan atau sebagian
  • Terdapat sebagian atau keseluruhan ekor yang terputus

Jenis-Jenis Kambing Qurban Terbaik

Kambing Qurban Terbaik

Dengan mempertimbangkan faktor menjadi parameter sah tidaknya hewan qurban, masyarakat Indonesia kerap memilih berqurban dengan kambing. Terlebih lagi, penikmat daging kambing di Indonesia sangat banyak dan harganya relatif terjangkau.

Selain itu, kamu juga bisa menentukan pilihan kambing qurban terbaik yang sangat bervariasi di pasaran. Beberapa jenis kambing yang sangat cocok untuk kamu gunakan sebagai hewan qurban di antaranya adalah: 

1. Kambing Boer

Kambing boer merupakan salah satu jenis hewan qurban favorit di kalangan masyarakat Indonesia. Alasan utamanya karena kambing ini memiliki bobot yang berat dan kandungan dagingnya banyak. Di pasaran, kamu bisa menjumpai kambing boer dengan bobot mencapai 150 kg. 

Kamu dapat mengenali kambing boer dengan ciri-ciri antara lain adalah: 

  • Tubuh gemuk dan panjang
  • Kaki yang pendek
  • Telinga lebar serta panjang

2. Kambing Muara

Selanjutnya adalah kambing muara yang termasuk dalam kategori kambing lokal, berasal dari Tapanuli Utara. Kambing ini mempunyai ciri utama pada badannya yang terlihat sangat gagah. Gerakannya lincah dan tangkas. Biasanya, kambing muara mempunyai kulit dengan warna cokelat yang disertai aksen hitam. 

3. Kambing Qurban Terbaik jenis Gembrong

Selanjutnya adalah kambing gembrong yang punya ciri khas pada bulut lebat serta panjang di sekujur tubuhnya. Bulu panjang dan lebat tersebut membuat kambing ini terlihat elegan. 

4. Kambing Etawa

Berasal dari India, kambing etawa merupakan salah satu pertimbangan hewan qurban favorit di Indonesia. Tidak hanya mempunyai daging dengan jumlah yang banyak, kambing qurban terbaik dari jenis etawa merupakan hewan ternak yang memiliki produksi susu tinggi. 

5. Kambing Jawarandu

Terakhir, kamu bisa mempertimbangkan kambing qurban terbaik dari jenis jawarandu. Kambing ini adalah hewan ternak yang menjadi persilangan antara kambing etawa dan kambing kacang. 

Dibandingkan dengan kambing kacang, jawarandu punya ciri khas pada ukurannya yang lebih besar. Kamu juga akan mendapati adanya tanduk kecil serta bobot yang tidak terlalu berat. Biasanya, jawarandu jantan hanya mempunyai bobot maksimal 40 kg. 

Ciri-Ciri Kambing Qurban Terbaik yang Sehat

Kambing Qurban Terbaik

Selain memilih kambing qurban terbaik berdasarkan jenisnya, kamu perlu mengutamakan pilihan pada kambing yang mempunyai kondisi sehat. Ada lima ciri utama yang bisa kamu jadikan parameter dalam menilai kesehatan kambing qurban terbaik, yaitu: 

  1. Tubuh kambing yang gemuk. Selain gemuk, kambing terlihat mempunyai gerakan yang lincah serta mempunyai nafsu makan tinggi. 
  2. Kambing mempunyai penglihatan yang baik. Tidak ada salah satu bagian mata yang mengalami kebutaan. Kamu pun bisa menilainya dari gerakan mata dan kepala kambing. Kambing yang mempunyai masalah penglihatan, cenderung kerap menoleh ke sana kemari. 
  3. Bagian gigi yang utuh. Sebagai pelengkap, kamu perlu memastikan bahwa kambing mempunyai rahang yang kuat. Kombinasi gigi utuh dan rahang kuat merupakan indikasi kalau kambing mempunyai kemampuan mengunyah makanan dengan mudah. 
  4. Kuku yang bersih dan sehat. Lihat apakah bagian kuku ada yang terkelupas atau tidak. Selain itu, kamu perlu memastikan kalau tidak ada cacing di setiap kukunya. 
  5. Bagian tubuh yang lengkap. Tidak menutup kemungkinan kamu akan menjumpai kambing yang bagian tubuhnya tidak utuh, seperti ekor terpotong, tanduk patah, kaki pincang, dan lain sebagainya. 

Nah, itulah pertimbangan penting yang dapat kamu perhatikan ketika ingin memperoleh kambing qurban terbaik. Untuk mendapat kambing yang terbaik untuk Qurban 2022, kamu bisa membelinya dengan praktis dan mudah di Kitabisa

Lewat Kitabisa, penyelenggaraan qurban bisa kamu lakukan dari berbagai tempat. Penyaluran daging qurban juga berlangsung secara amanah dan diserahkan kepada orang-orang yang benar-benar membutuhkan. 

Yuk berqurban!

Qurban Online